blogrotta.blospot.com.bath

blogrotta.blospot.com

Salah satu bangunan peninggalan bersejarah yang banyak ditemukan di Yunani adalah rumah permandian umum. Rumah permandian ini merupakan tradisi warisan Dinasti Ottoman Turki. Jika Anda berkunjung ke Yunani, tepatnya ke Kota Chania (Hania) di Pulau Kreta, Anda akan menjumpai beberapa bangunan rumah permandian kuno yang masih terawat baik.

Rumah permandian umum atau yang oleh warga lokal disebut hammam, dibawa ke Chania oleh Bangsa Ottoman dari negara Asia Kecil. Hammam merupakan tradisi yang diambil dari tradisi kuno kaum Muslim. Seperti diketahui, kebersihan tubuh menjadi bagian integral dari ritual sembahyang yang diajarkan dalam Alquran, kitab bagi umat Islam. Itulah sebabnya hammam memainkan peran penting dalam budaya Bangsa Timur Tengah, sebagai tempat penyedia air untuk bersuci dan wadah untuk berinteraksi sosial.

chrystallathoma.wordpress.com.baths

chrystallathoma.wordpress.com

Bersosialisasi

Hammam dalam budaya Bangsa Ottoman diawali dengan bangunan yang menempel pada masjid, dan kemudian berevolusi menjadi tempat tersendiri dan lambat laut berubah menjadi kompleks bangunan. Sebuah hammam versi era Ottoman terdiri atas tiga ruangan utama yang saling terhubung, dengan fungsi yang berbeda-beda.

Sickaklik yaitu ruangan panas atau untuk sauna, tepidarium, ruangan hangat dan sogukluk yaitu ruangan dingin. Sickaklik memiliki bentuk dom (setengah lingkaran) besar dengan jendela kaca kecil yang menimbulkan efek pencahayaan temaram.

Di ruangan ini juga terdapat sebuah batu marmer besar yang berada tepat di tengah-tengahnya, yang menjadi tempat berbaring mereka yang berkunjung.Tak jauh dari batu marmer ini terdapat air mancur yang berada di sudut-sudut ruangan.

Di ruangan ini pengunjung bisa mandi sauna dan mendapatkan layanan scrub. Sementara itu setelah dari kamar sauna, pengunjung akan beralih ke tepidarium untuk membersihkan tubuh dengan sabun dan bilas. Terakhir, pengunjung akan mendinginkan diri di sogukluk.

Tidak hanya mendinginkan diri, di ruangan ini pengunjung juga bisa minum teh atau bahkan tidur sejenak di tempat khusus yang disediakan. Hammam untuk pria dipisahkan dengan kaum wanita. Benar-benar mirip layanan sauna di era modern ya?

Di Chania, hammam salah satunya bisa dijumpai di sudut antara Jalan Zambeliou dan Jalan Douka, atau di Jalan Halithon. Tak sulit untuk menemukan hammam. Jika Anda sudah berada di Chania, Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti bus yang beroperasi setiap hari, atau menyewa mobil dan motor. Di Chania, Anda bisa mendapatkan layanan akomodasi terbaik dengan menginap di Tasia Boutique Hotel, To Hani Tou Kokkini Hotel atau Manthos Hotel. Saat ke Yunani, Pasar Sentral Yunani, Sparti dan Distrik Gazi adalah destinasi wisata lain yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi salah satu Rumah Permandian Chania view larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 18 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

Incoming search terms:

  • peninggalan kerajaan ottoman
  • sejarah dinasti ottoman
  • apa yang disebut Chania
  • peninggalan dinasti ottoman
  • peninggalan kerajaan otoman
  • Peninggalan ottoman di Yunani

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,