en.wikipedia.org.chaniaCrete Island atau Pulau Kreta, merupakan pulau terbesar di antara gugusan pulau di Yunani dan yang terbesar kelima di kawasan Mediterania. Dengan latar belakang peninggalan sejarah dan kebudayaan yang amat kaya, Pulau Kreta merupakan tempat yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Pulau yang mulai dihuni sejak zaman prasejarah ini mulai berkembang pesat saat munculnya peradaban Zaman Perunggu di bawah kekuasaan Bangsa Minoan. Bahkan di bawah kekuasaan Minoan, Kreta menjadi peradaban paling maju pertama di kawasan Eropa.

www.virtualtourist.com.kret

www.virtualtourist.com

Banyak kota dan gedung dibangun, termasuk Istana Knossos, Istana Phaestos, Zakros dan banyak lainnya. Sistem transportasi air dengan banyak dekorasi juga berkembang di era tersebut. Peradaban Minoan hancur akibat meletusnya Gunung Thera (Santorini) sekitar tahun 1.650 SM.

Kejayaan Pulau Kreta mulai menurun saat dikuasai oleh peradaban Misenian dari dataran Yunani hingga ke era Romawi, saat Gortyn menjadikan ibukota Pulau Kreta sebagai salah satu provinsi Romawi.

Diserang Perompak

Di zaman kekuasaan Bizantium, pulau ini berulang kali diserang oleh kawanan perompak hingga akhirnya pulau ini ditaklukkan oleh Bangsa Arab pada 1212 Masehi. Saat Kekaisaran Bizantium makin melemah, Pulau Kreta dianeksasi oleh pasukan dari Venesia, Italia.

Keberadaan Bangsa Venesia meninggalkan jejak kuat di bidang kebudayaan dengan dibangunnya banyak kota, kastil dan menara. Seni juga berkembang pesat di Kreta. Yang paling dicatat adalah masa renaissance Kreta dengan munculnya pelukis kenamaan El Greco, sastrawan Vitsentzos Cornaros, serta banyak penulis, seniman dan cerdik pandai lainnya.

Tak ketinggalan, Dinasti Ottoman juga pernah singgah di peradaban Pulau Kreta, saat akhirnya menang pada 1669 Masehi, setelah melalui bertahun-tahun peperangan.

www.fairlynovel.com

Pulau Kreta memiliki empat prefektur (semacam kota utama) yang banyak dikunjungi wisatawan, yakni Chania (Hania), Rethymno, Heraklion dan Lassithi. Deretan pantai indah dengan air luat nan biru menjadi daya tarik utama pulau ini.

Untuk menjangkaunya, Anda bisa memakai pesawat terbang dari Athena atau kapal feri yang beroperasi setiap hari.  Nah, jika Anda ingin menjelajah ke kota-kota utama di Pulau Kreta, Anda juga bisa mengandalkan moda transportasi darat, yakni armada Bus KTEL. Menyewa motor atau mobil bisa menjadi alternatif lain. Saat berwisata di Pulau Kreta, akomodasi nyaman bisa Anda dapatkan di Samaria Hotel, Canea Mare Hotel And Apartments, atau Ionas Hotel. Saat ke Yunani, Pasar sentral Yunani, Sparti dan Distrik Gazi adalah destinasi wisata lain yang jangan Anda lewatkan.

Lokasi Pulau Kreta view larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 18 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

Incoming search terms:

  • pulau kreta
  • peradaban pulau kreta
  • sejarah pulau kreta
  • pulau terbesar di yunani
  • latar belakang pulau kreta
  • peradaban pulau kreta wikipedia
  • pulau kreta yunani
  • pulau kreta di eropa
  • latar belakang munculnya pulau kreta dan yunani
  • keindahan pulau creta

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,