www.greek-islands.us

www.greek-islands.us

Bagi Anda penikmat makanan manis, jangan lewatkan untuk mencicipi Baklava, hidangan renyah yang terbuat dari banyak lapisan kulit pastri dan cacahan kacang (kadang-kadang juga buah) serta siraman sirup.

Dalam sejarah kuliner dunia, Baklava memiliki sejarah panjang. Salah satu bukti tertua ialah resep Baklava dalam buku resep dari abad ke-14 yang ditemukan di Tiongkok. Dalam buku resep ini Baklava disebut Büllach.

tigergate.wordpress.ccom

tigergate.wordpress.com

Istilah “baklava” kali pertama diketahui dalam literatur Inggris pada 1650, mengambil dari istilah Dinasti Ottoman Turki, “ba klava”. Banyak bukti menunjukkan makanan manis ini berkembang di dapur Istana Topkapi di Istanbul, Turki. Sultan penguasa Turki sering menyajikan satu nampan besar Baklava setiap tanggal 15 Ramadan dalam sebuah prosesi yang disebut Baklava Alayi.

Itulah sebabnya, Baklava juga berkembang menjadi makanan lokal di wilayah yang pernah menjadi daerah jajahan Dinasti Ottoman, termasuk Yunani. Setiap daerah di Yunani familier dengan makanan manis ini. Di Pulau Kreta, resep makanan bernama Gastrin sangat mirip dengan yang disebut Baklava sekarang ini, terbuat dari kacang-kacangan, rempah, dan kulit pastri berlapis-lapis.

Acara Khusus

Di Yunani, Baklava tidak dihidangkan sebagai makanan penutup menu sehari-hari, melainkan disajikan pada acara-acara khusus. Di beberapa daerah di Yunani, Baklava disajikan pada acara pernikahan, dengan dibawa ke gereja sebelum upacara. Lainnya disajikan pada saat Natal atau perayaan Paskah.

Khusus di Yunani, alih-alih menggunakan butter, olesan kulit pastri yang digunakan adalah minyak zaitun. Di Evros, yang terletak di kawasan timur laut Yunani, kulit pastri bukannya dioles, melainkan disiram dengan minyak zaitun, sebelum kemudian dipanggang dalam oven. Isiannya bisa satu jenis kacang (biasanya almond atau walnut) atau banyak jenis kacang kadang hazzelnut termasuk pistachio (model yang terakhir ini biasa ditemui di Pulau Aegina).

www.kalofagas.ca

www.kalofagas.ca

Sebelum dipanggang, adonan yang sudah jadi kemudian dipotong-potong dengan model segitiga atau sesuai selera. Setelah matang, Baklava disiram sirup (biasanya sirum mawar, bunga jeruk) atau madu. Di Turki, Baklava disajikan dengan tambahan kaymak, sejenis krim yang terbuat dari susu sapi atau kerbau, atau disajikan dengan tambahan es krim (saat musim panas).

Makanan ini juga populer di negara-negara Balkan sebagai hidangan penutup, menu Ramadan, Idul Fitri, Natal dan Paskah.

Selama di Yunani, akomodasi nyaman bisa Anda nikmati di Metropolitan Hotel, Divani Caravel Hotel atau Dorian Inn Hotel. Jangan lewatkan pula mengunjungi mesjid pink Suleiman, jalan-jalan ke Lindos atau menyaksikan uniknya Terusan Corinth.

Anda bisa mencicipi Baklava di Obi Cafe Bar view larger map atau Cafe Dioskouroi view larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 14 Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

Incoming search terms:

  • resep baklava
  • sejarah baklava
  • sejarah baklave
  • baklava bandung
  • baklava di bandung
  • yang jual baklava di bandung
  • jual baklava di bandung
  • komposisi baklava
  • baklave bandung
  • baklava resep

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,