Leighton House Museum bradleybasso

Leighton House Museum bradleybasso

Leighton House Museum terletak di Holland Park Road, London, museum ini menampilkan lukisan-lukisan terkenal karya dari Leighton dan beberapa lukisan koleksi pribadi dari Leighton yang menjadi sumber inspirasinya.

Frederick Leighton lahir pada tanggal 3 Desember 1830 di daerah Scarborough sebagai anak dari keluarga yang berkecimpung di dunia kesehatan, dimana ayah dan kakeknya berprofesi sebagai dokter. Setelah menyelesaikan pendidikannya di University College School, London ia kemudian melanjutkan pendidikannya dengan mempelajari kesenian di Accademia di Belle Arti di kota Florence, Italia. Setelah itu, pada tahun 1855 sampai tahun 1859 ia melanjutkan perjalanan hidupnya dengan mempelajari seni di kota Paris.

Pada tahun 1860, Leighton kembali ke kampung halamannya di kota London. Ia membeli sebuah rumah di Holland Park Road dan menjadikannya sebagai tempat tinggal sekaligus studio tempat ia bekerja. Sebagai seorang seniman, ia menghasilkan karya-karya seni yang hebat. Hasil kerja kerasnya tersebut membuatnya mendapatkan penghargaan dari kerajaan Inggris.

Leighton House Museum selectaglaze

Leighton House Museum selectaglaze

Frederick Leighton mulai membangun rumahnya di Holland Road sejak tahun 1864 dengan meminta bantuan dari rekannya yang berprofesi sebagai arsitek, yaitu George Aitchison untuk merancang desain rumahnya. Konstruksi pertama yang diselesaikan terutama ditujukan untuk kebutuhan fungsional sebagai rumah dan studio kerja, dengan tidak banyak terdapat hiasan dan ornamen. Renovasi untuk memperluas atau menghias rumah ini dilakukan secara bertahap dalam beberapa periode. Pada tahun 1877, ia membangun ruangan yang disebut sebagai Arab Hall. Kunjungannya ke berbagai negara seperti Arab, Turki, Mesir dan Suriah membuat ia memiliki kesempatan untuk mengkoleksi benda-benda perabotan dan furnitur bernuansa Arab untuk menghias ruangan tersebut.

Renovasi terakhir yang dilakukan Leighton untuk rumahnya adalah pembangunan Silk room pada tahun 1894, berhasil diselesaikan selang beberapa bulan sebelum kematiannya. Silk Room ini dipergunakan sebagai galeri untuk memajang karya-karya lukisannya. Setelah wafatnya Leighton, rumah ini dilelang dan kemudian dibeli oleh Fine Art Society. Organisasi kesenian tersebut kemudian menjadikan rumah ini sebagai sebuah museum dan dibuka untuk umum. Pada tahun 1958, London County Council memberikan penghargaan kepada Leighton dengan memberikan sebuah plakat berwarna biru di rumah tersebut, sebagai tanda bahwa rumah tersebut pernah dihuni oleh orang yang disegani.

Leighton House Museum e-architect2

Leighton House Museum e-architect2

Rumah dari Frederick Leighton tersebut kini dapat dikunjungi oleh masyarakat dan dikenal sebagai Leighton House Museum. Di museum ini pengunjung akan dapat merasakan suasana tempat tinggal dari salah satu pelukis besar Inggris. Salah satu ruang utama di ruang ini adalah Arab Hall, tempat dimana pengunjung akan dapat melihat perabotan, furnitur, keramik dan pernak-pernik dekorasi yang dikoleksi oleh Leighton. Pengunjung juga dapat mengunjung studio kerja Leighton, tempat ia melahirkan karya-karya terbaiknya.

Pertunjukan utama dari Leighton House Museum tentunya adalah karya seni baik berupa lukisan atau patung yang dibuat oleh Leighton semasa hidupnya. Beberapa lukisan terkenal dari Leighton adalah “The Death of Brunelleschi” yang dibuat tahun 1852, Charles Edward Perugini (1855), A Noble Lady Of Venice (1865) dan The Countess of Brownlow (1878). Selain lukisan yang berjumlah kurang lebih 76 buah tersebut, terdapat juga beberapa hasil pahatannya seperti patung “An Athlete Wrestling with a Python” dan “The Sluggard and Needless Alarms”. Hasil karya Leighton lainnya yang ditampilkan di museum ini diantaranya berupa sketsa, gambar, foto, dokumen, karikatur dan lain-lain.

Leighton House tidak hanya menampilkan lukisan hasil karya dari Leighton saja, namun juga terdapat beberapa lukisan dari seniman lain yang juga merupakan anggota kelompok Pre-Raphaelite Brotherhood. Di museum ini, pengunjung akan dapat menikmati lukisan-lukisan dari salah satu pelukis terbesar di Inggris, sekaligus merasakan suasana tempat kerja dimana ia melahirkan karya-karya tersebut.

Leighton House Museum e-architect

Leighton House Museum e-architect

Jam Operasional : Rabu – Senin 10.00 – 17.30. Tiket Masuk: Dewasa : £5.00. Usia di atas 60 tahun, usia dibawah 16 tahun dan pelajar : £3.00. Transportasi umum: stasiun kereta bawah tanah terdekat : High Street Kensington tube station, Olympia tube station, Holland Park tube station. Bus : 9, 10, 27, 28, 49, 328 (berhenti di Kensington High Street atau Earls Court Road)

Pengunjung bisa melihat legenda vampire di pemakaman highgate London, berbelanja topi di bernstock speirs London,  dan berburu oleh-oleh murah di-queensway London. Jika Anda ingin menginap, ada beberapa hotel di kawasan ini, Anda bisa menginap di Barry House Hotel, Best Western Cromwell Hotel, atau Kensington Court Earls Court Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 8 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • karya seni buatan frederic weighton
  • frederick leighton house
  • lukisan frederick leighton

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,