www.wikiwand.com

www.wikiwand.com

Tahun 2005 lalu, Barcelona kehadiran bangunan baru yang langsung menuai sensasi, yakni Torre Agbar. Landmark anyar tersebut langsung menjadi simbol Barcelona di abad 21. Terlepas dari bentuknya yang kontroversial, Menara Agbar memberikan tontonan menarik bagi dunia.

www.pompei-hotels.com

www.pompei-hotels.com

Bangunan Torre Agbar menjulang tinggi mencakar langit Barcelona. Untuk sementara ia menjabat sebagai bangunan paling tinggi di kota romantis tersebut dengan ketinggian mencapai 144 meter. Predikat tersebut baru akan dicabut jika La Sagrada Familia sudah rampung tahun 2026 nanti. Torre Agbar berbentuk silinder menyerupai peluru, seperti keluar dari dalam bumi dan menggapai langit. Lain pihak membicarakan konstruksi tersebut menyerupai alat vital manusia. Namun bagaimana pun modelnya, applaus tetap harus diberikan pada Jean Nouvel. Arsitek asal Perancis itu telah menuangkan berbagai ide gilanya dalam “melahirkan” Torre Agbar. Nouvel juga mengatakan bahwa ia terinspirasi dari seni mozaik yang diciptakan oleh Antoni Gaudi sehingga diterapkannya mozaik kaca pada gedung setinggi 33 lantai itu. Torre Agbar merupakan kantor pusat dari Grupo Agbar (Aguas de Barcelona), yaitu perusahaan air minum daerah.

www.commons.wikimedia.org

www.commons.wikimedia.org

Torre Agbar juga memiliki fungsi sebagai penerang kota. Kantor Grupo Agbar ini memiliki 4.500 lampu berbagai warna yang bisa beroperasi secara independen dengan teknologi LED. Warna-warninya bisa menyala bergantian sehingga menimbulkan efek iluminasi cahaya yang cantik dan membuat Torre Agbar semakin megah saat malam hari. Sebanyak lebih dari 50.000 jelusi kaca digunakan untuk menyusun kulit bangunan yang terdiri dari 4.400 jendela. Puluhan ribu jelusi itulah yang membuat si gedung peluru nampak seperti air mancur, berkilauan, dan transparan. Bahkan saat senja, kaca-kaca tersebut dapat menangkap spektrum merah, jingga, atau biru dan memantulkannya hingga menyelimuti Menara Agbar. Kecanggihan lain adalah kaca tersebut berasal dari jenis material tertentu yang tahan getaran serta tahan peluru. Sayangnya puncak menara ini tidak terbuka untuk umum, namun kita tetap dapat melihat pertunjukan cahaya gratis pada waktu-waktu tertentu.

Operasional: Jumat – Minggu, pukul 20.00 – 23.00 (musim dingin) & 21.00 – 24.00 (musim panas)

Alamat: Avinguda Diagonal 211, Barcelona

Transportasi: Metro L1 (Stasiun Glories), bus 7, 60, 92, h12, dan trem T5, T6 (La Farinera)

Peta lokasi

Selama di Barcelona Anda dapat menginap di GBB Hotel Front Maritim, Pension Miami, atau Hotel Husa Illa. Destinasi menarik lainnya adalah Plaça Catalunya, Parc del Laberint, dan Casa Battlo.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 Maret 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • sejarah agbar tower
  • lampu raksasa
  • gedung torre agbar saat malam
  • langit malam di barcelona
  • Menera Torre agbar
  • sejarah torre agbar
  • torre agbar konsep dan material
  • wisata catalunya
  • wisata di eropa dan spanyol
  • wisata dibarcelona

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,