www.mumumio.com

www.mumumio.com

Sop buntut bukan saja milik Indonesia, tapi bisa juga ditemui di berbagai belahan dunia. Olahan ini memiliki macam-macam bentuk pengolahan dan campuran bahan yang mempresentasikan nilai budaya setempat. Di Spanyol sajian daging buntut merupakan salah satu kuliner tradisional dan memiliki banyak penggemar.

www.cocinatradicionalalhaurin.blogspot.com

www.cocinatradicionalalhaurin.blogspot.com

Spanyol menyebut sop buntutnya sebagai rabo de toro, dimana toro artinya adalah ‘banteng’. Kuliner ini pertama kali muncul di tanah para matador pada abad 16 di kota Cordoba. Meskipun sebetulnya sajian daging buntut di Eropa sudah mulai dikenal sejak zaman Kekaisaran Romawi. Pada abad kemunculannya di Spanyol, sesuai dengan namanya rabo de toro, sop buntut ala matador memang menggunakan daging buntut banteng yang dibantai di arena adu. Tapi kini kuliner tradisional tersebut sudah menggunakan buntut sapi atau lembu. Rabo de toro berbeda dengan sop buntut yang biasa kita jumpai di tanah air. Jika kita biasa menyantap sop dengan kuah yang melimpah, di Spanyol kuahnya sedikit alias nyemek atau lebih kental. Selain itu warnanya cenderung cokelat kehitaman seperti rawon atau semur. Selama berabad-abad lamanya Spanyol diduduki bangsa Arab Moor dan Andalusia adalah pusat pemerintahannya. Sehingga rabo de toro pun dipengaruhi kultur kuliner arab dengan racikan bumbu khas.

www.pt.wikipedia.org

www.pt.wikipedia.org

Kultur Mediterania berpadu sempurna dengan kultur Arab sehingga menghasilkan cita rasa masakan yang eksotis. Rabo de toro diolah menggunakan berbagai macam rempah yang banyak dibawa bangsa Arab ke semenanjung Iberia. Dibeberapa daerah Andalusia lain bahkan ada yang mencampurkan cokelat atau wine. Dari berbagai macam resep khas daerah, bahan-bahan yang umum digunakan diantaranya, wortel, tomat, bawang bombay, bawang putih, dan buah zaitun. Rasanya sendiri gurih tapi tidak terlalu asin seperti sop buntut khas Indonesia, aroma rempahnya cukup kuat dan menempel pada daging hingga tulang buntutnya. Proses memasaknya cukup lama sehingga dikategorikan sebagai slow food, namun dengan begitu menghasilkan tekstur daging yang lumer di mulut.

Rabo de toro bisa dijumpai di restoran-restoran masakan tradisional di seluruh Spanyol, namun paling mantap mencicipinya di tanah kelahiran, Cordoba. Jika berminat Anda dapat mampir ke Taberna San Miguel (El Pisto) di Plaza San Miguel 1, Bar-Restaurante Milan di Avda. Dr. Fleming 14, atau El Burlaero di Calle de la Hoguera 5.

Selama berwisata Anda dapat menginap di Santa Ana Hostal, Hotel Azahara Cordoba, atau Abetos del Maestre Escuela Hotel. Kunjungi pula tempat menarik seperti Mezqueta de Cordoba, La Alcazaba, dan La Giralda.

Lokasi Taberna San Miguel, Bar Restaurante Milan, El Burlaero

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Oktober 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • daging banteng matador
  • masakan toro
  • buntut banteng
  • macam macam masakan toro
  • Rabo de toro wiki indo
  • resep rabodetoro
  • resep sop buntut banteng spanyol
  • sop buntut ala ingris
  • Sop Buntut banteng
  • sop buntut spanyol

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,