32-4

Arsitektur bangunan rumah sakit yang tidak menarik tetapi memiliki nilai sejarah akhirnya diselamatkan dengan cara merubah fungsinya menjadi sebuah museum seni. Reina Sofia, kini menjelma sebagai museum seni yang banyak dikunjungi wisatawan.

32-1Rumah Sakit Umum Madrid peninggalan Raja Felipe II nyaris dibongkar karena arsitekturnya yang tidak menarik dan kapasitas yang terlalu kecil untuk sebuah rumah sakit umum. Kemudian keluarga kerajaan memutuskan untuk merubah rumah sakit menjadi museum. Akhirnya setelah beberapa kali renovasi, lahirlah Museo Nacional Centro de Arte Reina Sofía. Pada tampak muka bangunan terlihat dua panoramic glass lift, yakni lift yang terbuat dari kaca sehingga dapat melihat pemandangan di sekitar. Kebanyakan koleksi karya seni di Museum Reina Sofia adalah pindahan dari Museum Prado. Di sana kita dapat melihat beragam karya seni kontemporer dan modern. Sebanyak dua lantai menjadi tempat pameran permanen untuk seni abstrak, pop-art, dan gerakan seni minimalis. Sedangkan dua lantai lainnya diperuntukan pameran sementara (temporary exhibit). Koleksi yang paling banyak menarik perhatian adalah karya-karya Pablo Picasso. Reina Sofia menampilkan karya abad 20 Picasso yang paling terkenal, yaitu “Guernica”. Karya tersebut sebelumnya dipamerkan di Paris dan disimpan di New York Gallery hingga tahun 1981. Picasso membuat lukisan fenomenal itu sebagai protesnya terhadap perang saudara yang terjadi di Spanyol dan ia tidak menginginkan32-2 “Guernica” berada di negeri matador hingga terwujudnya demokrasi. Tidak hanya “Guernica”, Anda juga bisa menikmati karya Picasso lainnya bersamaan dengan karya seniman modern Joan Miró, Salvador Dali, José Solana, dan Francis Bacon.

Waktu berkunjung ke Museum Reina Sofía setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 10.00 – 21.00. Hari Selasa adalah hari libur museum, tetapi di hari Minggu museum buka pukul 10.00 – 19.00. Agar dapat masuk ke dalam bekas Rumah Sakit Umum ini Anda harus menebus tiket seharga € 8,00. Jika ingin masuk gratis silahkan mengunjungi Reina Sofia pada hari Senin, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu pukul 19.00 – 21.00 atau hari Minggu pukul 15.00 – 19.00. Setiap tanggal 18 April dan Mei, 12 Oktober, serta 6 Desember juga pengunjung tidak akan dipungut biaya untuk menikmati koleksi museum. Untuk mencapai tempat ini kita harus naik metro line 1 menuju Stasiun Atocha atau bus 6, 8 10 14, 19 60, 85, E3, C1, dan C2. Setelah lelah berwisata di Madrid Anda dapat beristirahat di Petit Palace Clipper, Stad Madrid Hotel, atau Rafaelhoteles Orense. Tempat menarik lain yang dapat dikunjungi adalah Prado Museum, Casa Labra, dan Alhambra.

Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Desember 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • masa prapaskah
  • rumah sakit seni

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,