36-1

Sacromonte adalah salah satu distrik yang menarik di Granada, Spanyol. Di distrik bersejarah ini berdiri rumah-rumah unik yang menarik untuk ditengok. Bagaimana tidak unik, rumah-rumah tersebut berupa gua.

36-3Sejarah mencatat bahwa kaum muslim pernah menguasai Spanyol ribuan tahun lalu. Peradaban islam jelas terlihat di negeri matador ini, terutama di dataran Andalusia, Spanyol bagian selatan. Granada adalah salah satu kota yang terletak di Andalusia dan kaya akan peninggalan peradaban Islam. Saat kebangkitan kerajaan-kerajaan Kristen, mereka merebut kembali Spanyol dari tangan kerajaan Islam. Mereka melakukan pembantaian pada orang-orang yang tidak satu keyakinan dengan mereka seperti umat muslim dan Yahudi. Umat muslim berlarian ke wilayah perbukitan di lembah sungai Darro (Valpraiso), kini daerah tersebut di kenal dengan Sacromonte. Kaum muslim menggali gua-gua dan menjadikannya sebagai rumah mereka. Gua-gua di Sacromonte kemudian menjadi tempat tinggal kaum marjinal seperti muslim, Yahudi, dan Gipsy. Dari perpaduan budaya itu terlahir variasi tarian flamenco yang disebut zambra. Rumah gua itu dibuat sedemikian rupa agar memenuhi syarat sebagai tempat tinggal. Bagian depan rumah dipasang pintu, kemudian ruangan pertama adalah dapur. Hingga saat ini pengunjung juga masih dapat melihat perlatan dapur yang dulu digunakan. Bagian tengah ruangan adalah ruang tamu, dan paling belakang adalah ruang tidur. Jika yang tinggal dalam gua adalah keluarga besar, biasanya satu gua hanya berisi kamar dan ruang tamu beserta dapur dibangun di gua lainnya. Agar tidak terlalu gelap, dinding dalam gua dicat berwarna putih, namun kini sudah dilengkapi dengan penerangan dan listrik. Distrik Sacromonte ini 36-4dijadikan museum, dimana pengunjung dapat belajar tentang sejarah peradaban dan kehidupan dalam gua. Selain itu kita juga dapat mengetahui informasi beragam flora, fauna, dan area pertanian di Nature Room. Beberapa gua juga menawarkan pertunjukan zambra dan jamuan makanan lokal.

Untuk memasuki kompleks museum etnografi ini harus membayar tiket seharga €5,00. Museum Sacromonte mulai buka setiap hari Selasa hingga Minggu pukul 10.00 – 20.00 sepanjang 16 Maret – 15 Oktober. Sedangkan pada 16 Oktober – 15 Maret museum dibuka mulai pukul 10.00 – 18.00 setiap hari Selasa hingga Minggu. Anda dapat mencapai Sacromonte dengan naik bus 34 dari Plaza Nueva Granada dan berhenti di halte Sacromonte 2. Namun jika ingin lebih lama menikmati pemandangan indah, pengunjung dapat naik bus 31 menuju Albayzín (Albaicin), turun di Peso de la Harina, dan lanjutkan dengan berjalan kaki. Selama berwisata di Granada Anda dapat menginap di Kekoldi de Granada Hotel, Los Patios, atau Balneario de Alhama de Granada Hotel. Destinasi menarik lainnya adalah Alhambra, Albaicin, dan La Carboneria.

Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Desember 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • granada adalah
  • rumah gua di grenada spanyol
  • sacromonte spanyol
  • wisata religi ke gua maria di eropa

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , ,