38-3

Hanya beberapa meter dari gerbang Taman Retiro, berdiri gerbang tua kota Madrid. Gerbang tersebut bernama Puerta del Alcala. Gerbang Alcala adalah landmark paling terkenal dari kota Madrid.

38-1Terletak di tengah sibuknya Plaza de la Independencia, Puerta del Alcala dibangun oleh arsitektur kenamaan Italia, Francisco Sabatini.  Pada tahun 1764 Sabatini membangun gerbang baru kota Madrid atas perintah Raja Carlos III. Pembangunan Gerbang Alcala baru berawal saat Carlos III naik tahta, ia melewati gerbang tua yang sudah dibangun pada tahun 1599. Gerbang tersebut awalnya digunakan untuk menyambut doña Magarita de Austria yang menjadi istri Raja Felipe III. Raja Carlos III merasa gerbang tersebut terlalu kecil dan kurang indah sehingga tidak cocok untuk penyambutan anggota penting kerajaan. Sehingga ia pun memutuskan untuk membangun gerbang baru. Tidak hanya dilewati oleh para anggota kerajaan, pada masa lalunya gerbang ini juga kerap dilalui oleh keledai dan kuda-kuda yang mengirimkan bahan makanan untuk kehidupan kota Madrid. Pada 30 Juli 1854, seorang bangsawan dari Villahermosa masuk melalui Puerta del Alcala sembari mengacungkan tombak musuh setelah bertempur. Ia dijuluki Longinos, yaitu prajurit Romawi yang menusuk lambung Yesus saat disalib. Posisi Puerta del Alcala ini berada disebelah timur pusat kota, tepatnya di Calle del Alcala, salah satu jalan paling tua di kota Madrid. Calle del Alcala sendiri membentang dari mulai Puerta del Sol di pusat kota hingga ke luar Madrid, sebuah kota kecil bernama Alcala de Henares. Puncak gerbang berbentuk melengkung setengah lingkaran, diapit oleh dua pintu yang juga melengkung. Bagian atas gerbang juga dihiasi enam oranamen patung dan sebuah plakat bertuliskan “Rege Carlo III Anno MDCLXXVIII”. Tulisan tersebut merupakan 38-2tanggal dan tahun diresmikannya Puerta del Alcala oleh Raja Carlos III. Karya Sabatini ini bergaya neo klasik berbahan batu granit. Pembangunan gerbang setinggi 19,5 meter ini membutuhkan waktu selama 9 tahun. Setelah konstruksi selesai Puerta del Alcala kemudian menjadi salah satu simbol kota Madrid. Bahkan kini Gerbang Alcala dikategorikan sebagai monumen nasional.

Keanggunan gerbang Alcala bebas dinikmati siapapun. Untuk mencapai tempat ini Anda dapat naik metro subway M2 menuju Stasiun Retiro. Selama berlibur di Madrid Anda dapat menginap di NH Sur, NH Pacifico Hotel, atau Hotel Agumar. Tempat menarik lain yang dapat Anda kunjungi adalah Gran Via, El Parque de Retiro, dan El Colacho.

Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Desember 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • landmark di jerman
  • gerbang
  • foto gerbang
  • madrid alcala
  • monumen pintu gerbang di amerika
  • pintu gerbang ala eropa
  • poto pintu gerbang kota bunga puncak
  • profil plaza de alcala madrid
  • sejarah la alcala
  • sejarah pembuatan gerbang arcala

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,