6-3

Pintxos tidak kalah terkenal dari tapas. Makanan ini memang sedikit lebih mungil dari tapas, namun banyak orang mengatakan rasanya jauh lebih lezat. Apa sebenarnya pintxos itu?

Tapas sudah sangat melekat dengan Spanyol. Saat Anda berencana untuk berlibur ke Spanyol, semua orang pasti merekomendasikan untuk mencicipi makanan khas Spanyol itu. Tetapi selain tapas, ternyata ada jenis makanan lain 6-2yang juga patut dicoba. Bentuknya seperti tapas, yaitu disajikan dalam porsi kecil, namun berbeda gaya penyajiannya. Namanya pintxos atau pinchos dalam bahasa Spanyol. Makanan ini tidak begitu identik dengan Spanyol secara keseluruhan, namun ia lebih identik dengan wilayah Spanyol bagian utara seperti Basque Country (Bilbao, San Sebastian, Vitoria, dll.) dan Navarra. Di beberapa kota, tapas bisa didapatkan dengan gratis karena makanan kecil ini disajikan sebagai pendamping bir atau wine. Berbeda dengan tapas, kita harus tetap membayar setiap pintxos yang dimakan. Perbedaan pintxos dan tapas dapat terlihat secara kasat mata. Pinchos biasanya ditusukkan ke roti menggunakan tusuk gigi. Misalnya daging atau ikan ditusuk hingga menempel di permukaan roti. “Tapas” dari utara Spanyol itu bisa didapatkan di bar atau kedai minum. Pinchos dijajarkan di atas meja bar dan  tersaji dingin. Namun kita bisa meminta untuk dipanaskan menggunakan microwave. Beberapa restoran di kota kecil San Sebastian malah menyajikan pintxos segar. Artinya mereka baru akan membuat pincho jika ada yang memesan. Basque Country atau Pais Vasco, sebuah daerah otonom di Spanyol, adalah daerah asal pintxos. Di tempat ini tercipta atmosfer kompetitif dalam penyajian pintxos, karena setiap tahunnya akan diserahkan piala untuk pembuat pintxos terbaik. Tidak heran, karena daerah Pais Vasco 6-4memang terkenal sebagai daerah kuliner terbaik di Spanyol. Banyak chef di Spanyol yang berasal dari daerah otonom tersebut. Di Basque Country pengunjung dapat langsung mengambil pintxos dari meja bartender dan bayar belakangan dengan cara sang bartender menghitung tusuk gigi yang ada dipiring Anda. Namun ada pula bar yang mengambilkan pinchos-nya untuk sang pelanggan.

Selain keindahan pantainya, kota San Sebastian juga termasuk dalam peringkat teratas dalam urusan pintxos. Harga panganan ini sekitar €2,00 – €4,00. Anda bisa mencobanya di bar La Cuchara de San Telmo, A Fuego Negro, atau Bar Zeruko. Bar-bar tersebut letaknya berdekatan dan bisa dicapai dengan menggunakan bus 39 menuju San Telmo. Anda juga dapat mengunjungi Guggenheim Bilbao, Zurriola, atau trekking di Nacadero de Urederra. Untuk beristirahat Anda dapat menginap di Hotel Jaizkibel, Jardines de Uleta Hotel, atau AC General Alava Hotel.

La Cuchara de San Telmo
View Larger Map

A Fuego Negro
View Larger Map

Bar Zeruko
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 13 Februari 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • pintxos
  • pintxos san sebastian
  • san sebastian pintxos
  • tapas spanyol
  • pintxo
  • spanyol tapas
  • meja penyajian
  • san sebastian tapas
  • tapas dari itali
  • TAPAS PINTXO

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,