32-2

Situs warisan dunia paling terkenal di barat daya Spanyol adalah Santiago de Compostela. Jalanannya yang terbuat dari bebatuan terlihat sangat indah ketika dibasahi hujan. Arsitektur bangunan dan monumen-monumennya mencerminkan kota kuno yang kaya akan budaya. Tak hanya berlabel kota kuno yang indah, Santiago de Compostela adalah salah satu kota terpenting di dunia Katolik.

Ibu kota Galicia, Santiago de Compostela, menjadi tujuan terakhir dari barisan peziarah yang melakoni Camino de Santiago de Compostela atau Way of St. James yang dimulai dari Perancis. St. James atau di Spanyol dikenal dengan 32-3nama Santiago. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan Santo Yakobus adalah salah satu dari dua belas rasul Kristus. Dia lah yang berkhotbah dan menyebarkan agama Katolik di Galicia. Setelah ia dieksekusi mati di Judea Palestina oleh Raja Herodes Agripa I, sebuah cerita menuliskan bahwa jasadnya dibawa menggunakan perahu oleh malaikat ke tanah Hispania. Sekitar tahun 814 jasad Santo Yakobus ditemukan di Iria Flavia dan kemudian dipindahkan ke pusat kota, yaitu Santiago de Compostela.

Santiago de Compostela sendiri ditemukan oleh suku Jermanik di awal tahun 400. Satu abad kemudian seluruh Galicia dijadikan kerajaan Visigothic. Ibu kota Galicia pun jatuh ke tangan bangsa Arab Moor tahun 711 hingga 739. Di tahun 754 berhasil direbut oleh Raja Asturia. Enam puluh tahun kemudian ditemukanlah jasad dari Santo Yakobus dan membuat Santiago de Compostela menjadi tujuan ziarah ratusan ribu umat Katolik. Dari event itulah kota ini mendapatkan julukan sebagai tanah suci. Sekitar 150.000 peziarah datang setiap tahun, jumlahnya semakin membludak di bulan Juli dan Agustus.

Sebagai kota kuno, terdapat banyak jalanan berkelok nan sempit khas kota abad pertengahan di Santiago de Compostela. Selain itu tanah suci umat Katolik ini juga memiliki beberapa alun-alun cantik dan bangunan-bangunan 32-4dari batuan granit. Katedral Santiago de Compostela, dimana terdapat makam Santo Yakobus, semakin mempercantik kota ini. Selain itu banyak pula monumen bersejarah bergaya romantik-barok maupun objek wisata seperti museum tentang penduduk Galicia hingga taman kota yang indah. Oleh sebab itu UNESCO menetapkannya sebagai World Heritage Site.

Berkeliling kota berpenduduk 100.000 orang ini bisa dilakukan dengan berjalan kaki, meski terdapat juga jaringan transportasi bus. Tetapi mayoritas objek wisata berada pada wilayah walking distance. Untuk mencapai Santiago de Compostela sendiri dapat menggunakan bus dari berbagai kota di Spanyol maupun Portugal.

Selama berwisata di Santiago de Compostela Anda dapat menginap di Pension Obradoiro, Badalada Hotel, atau Husa Ciudad de Compostela Hotel. Tempat menarik lain yang juga patut dikunjungi antara lain Benteng Romawi Lugo, Torre de Hércules, dan Playa de la Catredales.

Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 22 Maret 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • sejarah santiago de compostela
  • sejarah tanah suci orang katolik
  • tanah suci katolik
  • nama kota kuno di eropa
  • kota santiago sejarah spanyol
  • harga tiket santiago de compostela ke london tahun 2014
  • ziarah katolik eropa
  • ziarah ke santiago de compostela
  • tempat kerja di santiago paling kaya
  • tempat menarik di santiago de compostela

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,