Jardines de Turia

www.commons.wikimedia.org

Valencia terkenal akan ruang hijau terbuka, namun hanya satu taman yang memiliki arti khusus bagi para penduduknya. Jardines de Turia atau Turia Garden memiliki desain pertamanan yang cantik, tetapi bukan merupakan masterpiece arsitektur taman. Namun taman ini memberikan para pengunjung “rasa” sesungguhnya dari Valencia.

Jardines de Turia

www.commons.wikimedia.org

Valencia tumbuh di sekitar Turia. Sungai tersebut mengaliri pusat kota, termasuk kawasan kota tua Valencia, menuju Laut Mediterrania di timur. Tetapi Sungai Turia menjadi ancaman tersendiri bagi kota serta valencian –sebutan penduduk Valencia– karena sungai tersebut rawan banjir. Musibah banjir terburuk terjadi pada tahun 1957 dimana sebagian kota rusak parah dan banyak penduduk yang meregang nyawa. Akhirnya pemerintah memutuskan untuk merubah aliran Turia. Sungai tersebut dibagi menjadi dua di batas kota sebelah barat, aliran airnya diarahkan ke Selatan mengelilingi tepi kota sebelum menuju Laut Mediterrania. Rute lama Turia yang mengaliri pusat kota akhirnya mengering dan menjadi sebuah taman cantik yang banyak dikagumi para wisatawan. Sedikit demi sedikit selama bertahun-tahun beragam fitur ditambahkan dalam taman, mulai dari air mancur hingga gedung-gedung besar. Pengaruh Romawi, Arab, serta Kristen hadir di taman tersebut. Jembatan-jembatan, dimana beberapa diantaranya berasal dari abad 15, masih membentang di atas mantan sungai itu dengan kelebihan tak ada lagi kendaraan bermotor yang melintasinya.

Jardines de Turia

www.jardinesrioturia.blogspot.com

Jardines de Turia merupakan taman linear sepanjang 8 kilometer dengan lebar 200 meter. Taman besar ini melintasi seluruh kota, mulai dari La Huerta di bagian barat hingga ke dermaga di timur. Turia Garden menjadi ciri khas tersendiri dari Valencia yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bagaikan ceruk hijau cantik tempat tersebut menawarkan suasana khas Mediterrania yang santai di tengah kota urban. Jardines de Turia terbagi kedalam 12 bagian yang dipenuhi flora dan fauna asli (native) maupun luar Spanyol, kolam-kolam, dan zen garden yang dikembangkan oleh arsitek Catalan, Ricardo Bofill. Sebagai area publik, Turia Garden dilengkapi trek atletik, karya seni, panjat dinding, lapangan sepak bola, café, juga petak-petak bunga. Anak-anak dapat mengeksplorasi Gulliver’s Park, yakni sebuah taman petualangan dengan model Gulliver besar yang terbuat dari fiber glass. Di sisi timur terdapat arsitektur fenomenal CAC dan pengunjung juga bisa berkeliling dengan menggunakan sepeda.

Waktu Operasional: Setiap hari, 24 jam.

Tiket: Gratis.

Alamat: Avenida Manuel de Falla, s/n, 46018, Valencia.

Peta Lokasi

Selama di Valencia Anda dapat menginap di Husa Reina Victoria, TRYP Azafata Hotel, atau Kris Abadia Hotel. Destinasi menarik lainnya adalah Valencia Cathedral, Torres de Quart, dan Montjuic.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 Maret 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • foto kota cordoba

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,