M

Berdiri di tepi sungai Nervión, Guggenheim Museum Bilbao menjadi salah satu ikon kota Bilbao, Spanyol. Bangunan ini mengantar arsitektur modern dan Bilbao ke era baru, yaitu abad 21. Guggenheim telah menginspirasi perkembangan seni bangunan dan menjadikan Bilbao pusat perhatian dunia.

9-3Guggenheim Museum Bilbao memamerkan seni modern dan kontemporer karya seniman-seniman Spanyol dan internasional. Museum ini merupakan bagian dari Solomon R. Guggenheim Foundation. Tahun 1991 pemerintah Basque Country bersedia mengucurkan dana untuk pembangunan museum Guggenheim di sebuah area pelabuhan tua Bilbao. Arsitek berkebangsaan Kanada-Amerika, Frank Gehry, mengeksekusi proyek tersebut. Dalam merancang proyek besarnya tersebut, Gehry banyak terinspirasi bentuk kapal, tebing, menara, dan sirip terbang. Pembangunannya dilakukan di atas situs kawasan industri yang sudah tak berfungsi dengan jajaran gudang tua yang mulai termakan oleh waktu. Melihat dari lokasi, seperti kebanyakan arsitek hebat, Gehry merancang Guggenheim dengan memadukan konteks sejarah dan geografisnya.

Di tepi sungai Nervión sebelah utara pusat kota Bilbao, Gehry memesona jutaan pasang mata dunia dengan karyanya yang berbentuk bulat, spiral, dan meliuk-liuk dengan indah. Guggenheim Bilbao merefleksikan sejarah kawasan industri kapal dan pemancingan. Ubin titanium yang berkilauan menghiasi gedung menyerupai sisik ikan raksasa. Meskipun eksterior metalik nampak seperti bunga jika dilihat dari atas, tetapi jika diamati dari bawah bentuknya menyerupai perahu. Atrium yang besar dan bercahaya berfungsi sebagai pusat museum. Area seluas 11.000 m2 menjadi tempat pameran yang terdiri dari 19 galeri. Sepuluh diantaranya memiliki bentuk orthogonal, sedangkan 9 lainnya berbentuk spiral. Museum fenomenal ini dibuka sejak tahun 1997. Arsitektur Guggenheim lebih mendunia dibandingkan dengan karya-karya seni didalamnya. Selama tiga tahun pertama beroperasi, museum kebanggan 9-4Bilbao ini berhasil menarik minat 4 juta turis. Selama itu pula mahakarya Frank Gehry telah menghasilkan keuntungan sebanyak 500 juta euro.

Wisatawan dapat mengunjungi Guggenheim Museum Bilbao pada hari Selasa hingga Minggu setiap pukul 10.00 – 20.00. Untuk masuk Anda harus menebus tiket seharga €8,00 bagi dewasa dan €5,00 untuk pelajar. Sedangkan anak-anak diperbolehkan masuk secara gratis.

Untuk mencapai museum Anda dapat menggunakan trem Ba-At (Basturo-Atxuri) menuju Guggenheim atau naik metro menuju Stasiun Moyúa. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan bus 1, 10, 13, dan 18 menuju Plaza del Museo de Bella Artes atau bus 11 dan 71 menuju Plaza de la Salve.

Tujuan wisata menarik lainnya adalah San Juan Gaztelugatxe, City of Arts and Science Valencia, dan mengikuti Aste Nagusia Fiesta Bilbao. Selama di Bilbao Anda dapat menginap di Melia Bilbao Hotel, Miro Hotel, atau Pension Roquefer.

Peta lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 13 Februari 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • musée guggenheim bilbao
  • sejarah museum guggenheim
  • sejarah museum guggenheim bilbao
  • Guggenheim Bilbao Museum
  • guggenheim
  • musée guggenheim
  • museum guggenheim bilbao
  • sejarah kota bilbao
  • bilbao guggenheim
  • eropa panduan wisata guggenheim

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,