Funicular de Artxanda Bilbao

Funicular de Artxanda www.viajejet.com

Tak heran jika Bilbao dijuluki el Botxo, yang secara harfiah memiliki arti ‘lubang’. Gunung-gunung dan bukit-bukit mengelilingi ibukota Provinsi Vizcaya tersebut. Bahkan lembah-lembah yang rapat pun ikut menjadi pemandangan hijau baik di dalam maupun di luar lingkar pegunungan. Pemerintah Bilbao menyediakan sebuah kereta, Funicular de Artxanda, yang dapat membawa pengunjung untuk menikmati panorama itu dari ketinggian.

Funicular de Artxanda Bilbao

Funicular de Artxanda en.wikipedia.org

Funicular de Artxanda dioperasikan oleh Funicular de Artxanda S.A., yaitu sebuah perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah kota Bilbao. Funicular sendiri merupakan kereta yang khusus dirancang untuk medan pegunungan dengan lereng-lereng terjal. Funicular milik Bilbao itu menghubungkan pusat kota dengan area rekreasi di puncak yang dekat dengan Gunung Artxanda. Tempat tersebut dilengkapi dengan taman, restoran, sebuah hotel, arena olahraga, dan menawarkan pemandangan cantik kota. Pembuatan kereta funicular ini sebetulnya sudah diajukan sejak tahun 1901, namun karena terbatasnya finansial membuat proyek tersebut mandeg. Akhirnya Funicular de Artxanda dibuka untuk umum pertama kali pada tahun 1915. Sebuah kecelakaan yang menyebabkan beberapa pekerja terluka membuat jalur transportasi itu ditutup tahun 1976 dan baru dibuka kembali pada bulan april 1983. Kereta lagi-lagi ditutup pada bulan Agustus 1983 karena rusak akibat banjir dan kembali beroperasi mulai bulan November di tahun yang sama.

Bilbao

Bilbao City www.wanderonworld.com

Sudah satu abad Funicular de Artxanda “mendaki” lebih dari 200 meter, mengantarkan orang-orang untuk menikmati keindahan Bilbao. Titik awal keberangkatan kereta ini berada tak jauh dari Jembatan Zubizuri, di tepi kanan Sungai Nervion. Wisatawan dapat membeli tiket langsung di stasiun funicular dan keberangkatannya setiap lima belas menit sekali. Saat sampai di puncak, Anda akan dibuat terpana dengan barisan gunung yang mengelilingi Bilbao. Lembah-lembah hijaunya yang cantik pun nampak jelas, membuat bangunan seperti Guggenheim Mueum, Katedral, dan lainnya seperti miniatur. Beragam hiburan pun tersedia di sana. Anda dapat membawa keranjang piknik atau mampir ke salah satu restoran yang ada di atas, bermain bersama anak-anak, hingga berolahraga. Dalam beberapa tahun belakangan jumlah pengunjung terus meningkat. Tak kurang dari 500.000 orang per tahun menaiki Funicular de Artxanda.

Operasional: Senin – Sabtu (07.15 – 22.00) || Minggu (08.15 – 22.00)

Tiket: €0,95

Alamat: Funikularreko Plaza, s/n, 48007 Bilbao

Transportasi: Bus (Castaños/Funikularra)

Peta lokasi

Selama di Bilbao Anda dapat menginap di Best Western Conde Duque Hotel, Barcelo Hotel Nervion, atau Abando Hotel. Destinasi menarik lainnya adalah 4 Pemandangan Cantik Kota Bilbao, La Playa de la Concha, 5 Destinasi Terbaik Galicia.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 Mei 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • Lembah bilgao
  • sistem transportasi di spanyol
  • Tentang Transportasi di bilbao
  • transportasi pilihan untuk liburan di eropa
  • transportasi spayol
  • transportasi umum di spanyol

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , ,