46-2

Setiap turis yang datang ke Spanyol pasti ingin mencicipi tapas. Tradisi Spanyol ini memang salah satu yang paling terkenal sehingga banyak mengundang minat wisatawan. Tetapi banyak diantara mereka yang belum tau apa sebetulnya tapas itu.

46-4Tapas merupakan bentuk jamak dari tapa atau tapear dalam bahasa Spanyol dan bukanlah jenis makanan. Tapas merupakan budaya makan para spaniard yang asal usulnya masih diperdebatkan. Sebagian percaya bahwa tapa adalaha kebiasaan yang dibawa oleh Raja Alfonso X saat ia mengambil seporsi kecil makanan dengan gelas wine di antara waktu makan utama. Tetapi lebih banyak lagi yang percaya bahwa tapa sebetulnya kudapan untuk para pekerja ladang yang disantap antara sarapan dan jam makan siang. Mereka menyajikan wine menggunakan kendi keramik kemudian ditutupi oleh roti berisi daging ham atau keju agar lalat tidak langsung masuk ke dalam kendi wine. Secara harfiah tapa berarti tutup. Budaya memakan seporsi makanan kecil inilah yang disebut dengan tapas. Tapas sebetulnya diperuntukkan sebagai kudapan ketika meminum wine atau bir. Sehingga tidak heran jika orang Spanyol umumnya pergi ke tapas bar saat menjelang makan siang atau sebelum makan malam. Ketika kita berda di Spanyol dan memesan bir, pelayan akan membawakan bir bersama satu piring kecil makanan. Tidak perlu khawatir, karena tapas yang disajikan bersama bir tersebut gratis. Tapi jika ingin menambah tapas Anda harus memesan dan bayar. Sebelum memesan sebaiknya tanya terlebih dahulu apakah mereka menyediakan tapa atau tidak. Jika pelayan justru menyodorkan daftar menu maka Anda harus membayar tapas tersebut. Terdapat dua jenis tapas yaitu tapas dingin dan panas. Tapas dingin bisanya banyak ditemui di daerah selatan atau daerah pesisir, tetapi untuk daerah inland dengan winter panjang dan sangat dingin biasanya lebih populer dengan tapas panas. Tapas adalah makanan yang ekonomis karena hanya disajikan dalam porsi sedikit. Makanan tapas biasanya berupa daging-46-3dagingan, keju, acar, buah zaitun, kroket, omelet, dan beragam seafood. Harga tapas sebetulnya murah hanya berkisar €1,00 – €4,00, namun banyak chef yang bereksperimen sehingga beberapa tapas harganya bisa sama mahal dengan resto makanan perancis.

Kota Granada adalah surganya untuk tapas gratis. Bar seperti Om-Kalsoum (Calle Jardines 17), Bodega La Bella y la Bestia (Carrera del Darro 37), Bar Poë (Calle Veronica de la Magdelena 40) dan El Arenal (Calle Virgen del Monte) menyajikan tapas dengan porsi lumayan banyak untuk setiap minuman yang dipesan. Selama di Granada Anda dapat menginap di Los Patios Hotel, Macia Alfaros, atau Santa Ana Hostal. Kuliner lezat lainnya adalah paella, cocido madrileño, dan Casa Labra.

Om-Kalsoum
View Larger Map

Bodega La Bella y la Bestia
View Larger Map

Bar Poë
View Larger Map

El Arenal
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Desember 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • apa itu tapas
  • apa yang dimaksud dengan tapas
  • arti tapas
  • apa itu makanan tapas
  • apa yang dimaksud tapas
  • tapas itu apa
  • arti menu tapas
  • apa yang disebut tapas
  • apa arti tapas
  • tapas arti

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,