43-2

Paella adalah salah satu masakan Spanyol yang sudah dikenal dunia. Tak heran jika melancong ke Spanyol rasanya wajib mencicipi olahan nasi ini.

43-4Cerita kuno mengatakan bahwa paella sebetulnya lahir dari kebiasaan pelayan raja kaum Moor. Pelayan tersebut membuat olahan nasi dan dicampur dengan sisa-sisa makanan keluarga kerajaan untuk dibawa pulang. Menurut catatan sejarah, paella modern dibuat pada pertengahan abad 19 di daerah Abufera, Valencia. Pada masa itu para buruh biasa membuat olahan nasi pada waktu makan siang di ladang. Olahan tersebut dicampurkan dengan berbagai macam bahan yang dapat mereka temukan. Pembuatannya dilakukan di atas wajan pipih yang disebut patella. Meskipun ditemukan dan sudah menjadi simbol dari kota Valencia, kita tetap dapat menemukan olahan nasi itu di berbagai kota lainnya di Spanyol. Seiring berkembangnya paella di luar Valencia, maka semakin banyak pula variasinya. Varian paella yang sering kali ditemukan adalah paella valenciana, paella de marisco, paella mixta, dan paella vegetariana. Perbedaan paella tersebut ada pada bahan yang digunakan. Paella valenciana adalah paella original yang hanya terdiri dari nasi putih, sayuran hijau, daging (kelinci, bebek, ayam, siput darat), dan kacang-kacangan. Paella de marisco terkenal sebagai paella seafood, dimana nasi putih dicampur dengan berbagai seafood. Sedangkan paella mixta adalah paella yang dibuat dengan mencapurkan daging dan seafood. Paella vegetariana adalah paella yang isinya selain nasi hanya sayuran, jamur, dan kacang-kacangan. Dalam proses pembuatan paella perlu memasukan bumbu-bumbu khas seperti tomat, safron dan minyak zaitun. Selain itu bawang bombay, bawang putih, serta paprika juga termasuk bahan yang wajib ada dalam paella. Di Valencia memasak paella adalah suatu kebanggan tersendiri. Para ibu rumah tangga di Valencia mengklaim sebagai pembuat paella terbaik.  Kelebihan lain dari paella adalah makanan ini dapat 43-3dibuat dalam porsi jumbo, sehingga meski tersisa dan disimpan satu hari rasanya tetap lezat. Paella biasa disajikan di atas meja makan saat masih berada di wajan pipihnya. Masyarakat lokal Spanyol menyantapnya ramai-ramai tanpa dipindahkan ke atas piring.

Kita bisa menemukan paella dengan mudah di Valencia seperti resto L’Estimat di tepi pantai mediterania dan dapat dicapai dengan bus 19 menuju Armada Espanyola-Francesc Cubells. Restaurante El Forcat dan Restaurante Navarro bisa dicapai 5-10 menit berjalan kaki dari pusat kota. Selama di Valencia Anda dapat menginap di Florida Hotel, Rooms Deluxe Hotel, dan Medium Valencia Hotel. Jangan lupa untuk mencicipi Bocadillo de Calamares, menyaksikan pertarungan banteng di Las Ventas, dan menghadiri meriahnya Gastrofestival.

L’Estimat
View Larger Map

El Forcat
View Larger Map

Navarro
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Desember 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • paella adalah
  • makanan spanyol
  • nasi paella
  • masakan spanyol
  • apa itu paella
  • sejarah paella
  • Paella : Spanyol
  • Paella dari Spanyol
  • nasi paella seafood
  • nasi spanyol

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,