35-1

Tidak hanya churros dan bocadillo de calamares yang identik sebagai makanan favorit madrilineian, tetapi juga cocido madrileño. Panganan hangat ini sangat populer kala udara di Madrid mulai membuat gigi bergemeletuk.

35-2Sebagai penghalau rasa dingin, cocido madrileño menjadi santapan yang dinanti saat winter tiba. Meskipun kita dapat menemukan makanan ini di luar ibu kota, tetapi Madrid disebut-sebut sebagai kota kelahiran makanan yang dikenal dengan sebutan madrilineian stew. Makanan ini diperkirakan dimasak pertama kali pada abad pertengahan sebagai bentuk modifikasi dari adafaina. Adafaina adalah makanan yang biasa dimasak ketika umat Yahudi Spanyol merayakan hari Sabbath. Namun umat Yahudi tidak memakan daging babi, maka umat kristiani menambahkan daging hewan berhidung khas tersebut dalam masakannya. Chickpeas atau kacang arab adalah bahan dasar cocido madrileño. Kacang arab direbus hingga lunak, kemudian ditambahkan sayuran seperti wortel, bawang bombai, lobak, kentang, dan kubis. Setelah mendidih sayuran dipisahkan dari kaldunya lalu ditumis menggunakan minyak zaitun dan ditambahkan bawang putih, garam, serta rempah-rempah. Chickpeas dan sayuran disajikan bersama daging-dagingan, serta air kaldu. Sebelumnya daging juga sudah dipanggang atau direbus. Daging yang digunakan biasanya terdiri dari potongan daging babi, sapi, ayam, chorizo (sosis babi), dan morcilla (sosis darah babi). Terkadang tulangnya pun ikut direbus untuk memperkaya kaldu. Dalam tradisi Spanyol makanan ini disajikan dalam tiga tempat berbeda. Pertama adalah 35-3sup yang berisi kuah kaldu dan mie yang direbus dalam kaldu tersebut. Tempat kedua berisi kacang arab dan sayuran, dan terakhir adalah daging. Namun masyarakat kini umumnya langsung menyajikan cocido madrileño dalam satu piring saja. Mie pun biasa diganti dengan roti baguette.

Anda tidak perlu menunggu hingga musim dingin jika ingin mencoba masakan khas Madrid itu. Restoran-restoran di sana menyajikan cocido madrileño sepanjang tahun, namun Anda harus rela merogoh kocek cukup dalam. Satu porsi makanan ini dibanderol seharga € 20,00 – € 45,00.  Restoran-restoran di Puerta del Sol seperti Cerveceria Cruz Blanca Vallecas, La Bola, dan Lardhy, paling terkenal akan kelezatan madrilineian stew-nya. Untuk mencapai Puerta del Sol Anda dapat naik kereta metro line 1, 2, dan 3 menuju Stasiun Sol. Setelah lelah berwisata di Madrid, Anda dapat beristirahat di Vincci Via 66 Hotel, Melia Avenida America Hotel, atau NH Express Parla Hotel. Destinasi menarik lainnya adalah Katedral Almudena, mengikuti tradisi las doce uvas, dan mencicipi tortilla española.

Cerveceria Cruz
View Larger Map

Blanca Vallecas
View Larger Map

La Bola
View Larger Map

Lhardy
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Desember 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • cocido madrileño
  • kaldu babi
  • ######################################
  • wisata musim dingin di Madrid
  • kegiatan musim dingin di madrid
  • tempat wisata di spanyol saat musim dingin
  • photo dune cocido madrileño
  • makanan khas musim dingin eropa
  • makanan di madrid
  • makanan cocido madrileno

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,