13-3

Taman utama kota Madrid, El Parque de Retiro atau yang lebih dikenal dengan nama El Retiro Park ini merupakan salah satu warisan sejarah ibu kota. Taman peninggalan keluarga kerajaan ini sekarang menjadi tempat pelarian Madrilenian – sebutan warga Madrid – dari kesibukan sehari-hari. Setiap weekend taman ini diramaikan oleh musisi dan seniman jalanan, peramal, jugglers, dan beragam atraksi.

Raja Phillips IV membangun taman ini pada tahun 1632 dan pada zaman itu hanya keluarga kerajaan yang boleh memasuki tempat ini. Nama Retiro berarti ‘mengasingkan diri’ karena Raja Phillips IV memang senagaja 13-4mempersembahkan taman ini sebagai tempat keluarga kerajaan untuk beristirahat dari kehidupan kerajaan. Baru satu abad kemudian the royal park dibuka untuk umum. Pada awalnya setiap pengunjung harus menggunakan pakaian formal untuk dapat memasuki taman kota yang indah ini. Sekarang semua warga lokal Madrid bahkan turis bebas untuk berekreasi di El Parque de Retiro. Terutama di akhir minggu warga Madrid menghabiskan waktu luang di taman untuk berjalan-jalan, jogging, piknik, mendayung perahu, atau menyaksikan street performance. Pada musim panas bahkan sering diadakan konser gratis di taman ini. Lahan seluas 1,4 km2 ini terdiri taman ruang terbuka, danau, beberapa air mancur, monumen, patung-patung, dan beberapa bangunan klasik. Di dekat pintu masuk sebelah utara terdapat danau besar dan patung Raja Alfonso XII. Lalu kita juga dapat menemukan taman mawar Rosaleda. Di balik semak-semak mawar terdapat air mancur yang disebut Fountain of the Falling Angel. Air terjun tersebut menggambarkan jatuhnya lucifer dari surga. Di sebelah selatan berdiri Palacio de Cristal yang dibangun tahun 1887 sebagai tempat tanaman-tanaman tropis. Tapi kini lebih sering digunakan sebagai ruang pameran. Museum militer dan museum lukisan abad 19 dan 20 juga ada di Retiro Park.13-2

El Parque de Retiro dibuka setiap hari sepanjang tahun mulai pukul 07.00 – 24.00 saat musim panas, sedangkan pada musim dingin taman hanya dibuka hingga pukul 22.00. Letak taman kota ini sangat dekat dengan Prado Museum, kita hanya perlu naik metro subway M2 menuju Stasiun Retiro atau M9 lalu turun di Ibiza. Selama berlibur di Madrid Anda dapat menginap di Ayre Gran Hotel Colo, Silken Puerta Madrid, atau Puerta de Toledo. Tempat wisata menarik lainnya adalah Casa Labra, Templo de Debod, dan Santiago Barnebeu.

Peta Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 15 Desember 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • Sejarah Parque de Cabecera
  • letak kerajaan pusat lucifer
  • letak lucifer
  • sejarah El retiro park
  • taman di madrid
  • tanaman madrid
  • wisata el retiro

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , ,