foto www.mieletlavande.com

foto www.mieletlavande.com

Masih ingatkah Anda pada sebuah film kartun yang meledak sejak dirilis tahun 2007 dengan judul Ratatoullie? Sebuah film yang konon dibuat untuk mendongkrak kecintaan anak-anak untuk menyantap sayur-sayuran. Film yang dikemas begitu apik itu berlatar Prancis dengan sesekali scene memperlihatkan indahnya salah satu ikon negara yang telah mendunia, yaitu Menara Eiffel. Dalam film ini tak sedikitpun meninggalkan gaya khas Prancis dalam proses menghidangkan setiap masakannya. Higienitas yang dijunjung tinggi disertai penggunaan bahan-bahan terbaik disetiap racikan masakannya menghasilkan makanan dengan kualitas wahid. Imbasnya, banyak makanan Prancis yang terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia, tak terkecuali dengan salah satu makanan tradisional yang sekaligus menjadi judul film ini, Ratatoullie.

Ratatoullie adalah sebuah makanan tradisional yang berasal dari Daerah Nice dan sekitarnya yang dikenal di Prancis secara luas dengan nama Ratatoullie Nicosie. Kata ratatouliie sendiri berasal dari kata toulier yang berarti “melempar makanan”. Makanan ini bisa dihidangkan sebagai menu utama di siang hari atau bisa juga dihidangkan dengan nasi, roti ataupun kentang sebagai pelengkapnya. Sekarang makanan ini sudah mengalami modifikasi sesuai selera, salah satunya dengan menambahkan terong. Makanan ini aslinya adalah makanan para petani miskin yang dimasak sewaktu musim panas dengan bahan sayuran musim panas yang tersedia di sana, seperti courgette atau zucchini, yaitu semacam mentimun, tomat, paprika merah, bawang bombay, bawang putih dan minyak zaitun. Semua bahan ini bisa didapatkan di Indonesia, sehingga Anda pun bisa mencoba membuat salah satu makanan menyehatkan ala Prancis ini. Berikut ini resep pembuatan ratatoullie yang bisa anda coba:

www.la-recette-de-cuisine.com

www.la-recette-de-cuisine.com

Bahan: 1/4 cangkir minyak zaitun, 2 bawang bombay besar, 4 paprika merah, 5 buah tomat segar, 2  bawang putih (kupas kulitnya), 2 terong besar atau 4-6 terong Jepang. Kecuali bawang putih, semua bahan tersebut dicincang atau dipotong dadu sesuai selera dan untuk paprika hilangkan isinya terlebih dahulu sebelum dipotong. Bahan lain yang digunakan sebagai bumbu adalah adalah 1 buah seledri, 2 lembar daun salam, daun thyme segar, peterseli segar, kulit daun jeruk, 2-4 ketimun, lada dan garam.

Memasak ratatoullie cukup mudah. Pertama-tama, panaskan minyak zaitun di atas api kecil. Setelah minyak panas masukkan bawang bombay yang sudah dipotong dadu, tunggu hingga bawang bombay lunak sekitar 10 menit lalu masukkan paprika yang telah dihilangkan isinya, aduk rata. Kemudian masukkan potongan tomat, aduk kembali dan masukkan bawang putih, terong, garam dan lada atau bumbui sesuai selera anda. Untuk bahan lainnnya, seperti seledri, daun salam, peterseli, dan kulit jeruk ikatlah menjadi satu lalu direbus selama 30 menit. Masukkan timun, aduk rata lalu tunggu hingga matang. Saring kuahnya dan buang bumbu yang diikat tadi. Panaskan kuah yang dihasilkan hingga agak mengental lalu disiram di atas Ratatoullie. Tambahkan minyak zaitun dan daun kemangi segar secukupnya. Selamat mencoba!

Jika Anda berlibur di Perancis, jangan lewatkan pula beberapa objek wisata yang sangat tersohor seperti Menara Eiffel, Saint Michel, Grand Palais, Basilica Secre Coeur, Bataclan Kathedral Notre Dame dan Museum Louvre. Jika sedang berada di sini Anda juga wajib mencicipi Gratin Dauphinois, Croissant, Escargot, Ratatoullie Nicosie, Cream Brulee, es krim Berthillon, Coq au Vin dan Salad NicosieJika Anda berlibur di daerah Nice, anda dapat beristirahat di Mercure Nice Marche aux Fleurs Hotel, Citea Nice Magnan Hotel, Hotel Solara, ataupun di Sportmen Hotel. Siapkah Anda menikmati Ratattoullie Nicoie di negara asalnya?

Peta Asal Makanan Ratatuollie di Nice, Prancis: View Map Larger

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Mei 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • makanan perancis yang mendunia
  • masakan prancis yang mendunia
  • pelari dari prancis yang mendunia
  • kartun ratatoullie
  • sejarah makanan perancis
  • masakan prancis
  • makanan ratatoullie
  • masakan perancis yang mendunia
  • menu beverage prancis
  • menu masakan prancis

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,