gregoiremichaud.com

gregoiremichaud.com

Kue apa yang paling terkenal di Perancis? Pasti akan banyak yang menjawab dengan croissant. Buttery flaky viennoiserie pastry, itulah sebutan untuk kue renyah asal kuliner Escargot dan Ratatoullie Nicosie ini. Walaupun terlihat sederhana, namun kelezatan kue ini tak diragukan lagi. Bagaimana tidak, salah satu ikon kuliner Perancis ini sudah banyak menghiasi aneka toko kue, baik di negeri asalnya dan berbagai penjuru dunia lainnya, termasuk Indonesia. Jika Anda penggemar pastry, pastilah Anda akan mengenali kue ini hanya dengan melihat kilau dan bentuknya yang menyerupai bulan sabit itu.

Keunikan kue yang berasal dari negeri romantis ini terletak pada strukturnya yang berlapis-lapis. Lapisan bertingkat yang crispy pada kue ini dibuat dengan suatu teknik khusus bernama teknik laminating. Dengan menggunakan butter yang digulung dan dilipat secara berulang, kue ini akan menghasilkan lembaran-lembaran tipis yang renyah dan gurih. Di akhir tahun 1970an, saat maraknya perkembangan makanan cepat saji, Perancis belum mampu menyediakan makanan cepat saji yang freshly baked. Namun kini sekitar 30-40% croissant yang dijual di Perancis merupakan produk cepat saji atau yang disebut dengan frozen croisssant.

Anchestor kue lezat ini adalah The Kipferl. Tercatat dalam sejarah bahwa pada abad ke-13, ia mendokumentasikan beberapa variasi bentuk croissant di daerah Austria. Dua diantaranya adalah croissant polos dan croissant dengan topping kacang. Croissant yang terkenal saat ini diyakini merupakan bentuk adaptasi dari croissant polos yang dibuat oleh The Kipferl. Sekitar tahun 1938-1939, seorang perwira Austria bernama August Zang mendirikan Viennese Backery (Boulangerie Viennoise) di 92, Rue de Richelieu, Paris. Di toko inilah ia membuat croissant menjadi salah satu kue populer di Perancis. Hingga akhirnya di abad 20, kue ini menjadi salah satu bagian dari Vienna stlye patries.

 cooksjoy.com

cooksjoy.com

Seiring dengan perkembangan jaman, kini kuliner asal Perancis ini sudah banyak dijual di berbagai negara dengan aneka variasi topping, isi maupun bentuk. Di Perancis dan Spanyol, kue ini banyak dijual tanpa isi dan dimakan tanpa tambahan butter, walaupun ada pula yang membuat croissant dengan isian almond di dalamnya. Di Jerman, pembuatan croissant menggunakan butter yang lebih sedikit dibandingkan dengan resep di negara asalnya. Di Amerika Serikat, kue renyah ini diberi topping berupa coklat atau keju feta dengan tambahan bayam. Berbeda lagi dengan croissant yang dijual di daerah Levant yang kebanyakan diisi dengan coklat, almond ataupun keju.

Jika sedang berlibur di Perancis, Anda wajib mencicipi aneka kuliner khas lainnya seperti Cream Brulee, es krim Berthillon, Coq au Vin dan Salad Nicosie. Jangan lewatkan pula beebrapa objek wisata Perancis yang mendunia lainnya seperti seperti Menara Eiffel, Saint Michel, Parc de la Villette, Parc Foral, Grand Palais, Basilica Secre Coeur sertamenikmati aneka pertunjukan terkenal Perancis di Bataclan. Ada beberapa referensi hotel yang dapat Anda jadikan tempat beristirahat ketika sedang berkunjung di kawasan Vienne, Perancis, seperti Hotel De Vienne, La Pyramide Hotel, Hotel Des 7 Fontaines, Grand De La Poste Lyon Sud Vienne Hotel ataupun Hotel Central.

Peta daerah Vienne, Perancis: view map larger

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 10 Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • croissant
  • croisant
  • resep croissant
  • croissants terkenal di paris
  • variasi croissant
  • gambar croissant
  • resep croissant sederhana
  • Resep croissant yang paling enak dan renyah
  • resep cruisan belanda yang renyah
  • resep croissant renyah aneka bentuk

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,