www.deliciousworldrecipe.com

www.deliciousworldrecipe.com

Ah, Perancis memang selalu begitu! Kadang menggoda dengan Cream Bruleenya yang creamy-creamy yummy itu, kadang pula mengundang decak kagum lidah dengan menu bekicot yang dikenal luas dengan nama Escargot. Negeri yang memiliki aneka jenis keju ini pun memiliki sebuah menu tersohor lainnya bernama Gratin Dauphinois. Sejarah menu ini berawal pada tanggal 12 Juli 1788, kala itu Gratin Dauphinois disajikan oleh Charles Henry, Duke of Clermont-Tonnerer dan Letnan Jenderal Dauphine untuk para pejabat kota Gap yang sekarang disebut dengan Department of Hautes Alpes.

Menu ini merupakan salah satu hidangan tradisional Perancis dari wilayah Dauphine yang terbuat dari irisan kentang mentah yang diiris tipis (setebal koin) yang dipadu dengan cream, butter, keju dan bawang putih. Walaupun ada beberapa versi resep kuliner tradisional Perancis ini, namun pada dasarnya ada tiga kunci penting dalam proses pembuatannya yaitu irisan kentang, lapisan bawang putih dan pemanasan yang disesuaikan dengan tebal Gratin Dauphinois itu sendiri.

Pada dasarnya membuat salah satu ikon kuliner Perancis ini sangatlah mudah dan hampir tidak memerlukan teknik khusus sepanjang proses pembuatannya. Pertama-tama panaskan cream hingga mendidih lalu masukkan irisan kentang, bumbui dengan garam dan lada. Tunggu sekitar 15 menit hingga tekstur kentang menjadi lunak. Setelah itu, masukkan campuran bahan tadi dalam cetakan yang sudah diberi potongan bawang putih di dasar pinggan.  Beri topping parutan keju sesuai selera lalu panggang hingga keju berubah warna menjadi coklat keemasan serta mengeluarkan tekstur berbuih. Jika menyukainya, Anda dapat menaburkan daun bawang sebagai tambahan topping. Lama pemanggangan sekitar 30 menit atau disesuaikan dengan tebalnya Gratin Dauphinois yang dibuat.

Gratin Dauphinois merupakan salah satu makanan full kalori yang cukup mengenyangkan. Namun demikian, penyajiannya dapat dilengkapi dengan pendamping lainnya, seperti ayam tumis mentega ataupun berbagai olahan daging lainnya. Jika Anda berkunjung di Perancis jangan lewatkan untuk mencicipi aneka kuliner yang tak kalah tersohornya seperti Cream Brulee, Coq au Vin, Salad Nicosie, Croissant, Soupe a L’oignon Gretineedan Beef Bourguignion. Ada pula beberapa tempat wisata yang menjadi ikon Perancis seperti menikmati aneka pertunjukan terkenal Perancis di Bataclan,Menara Eiffel, Saint Michel, Parc de la Villette, Parc Foral, Grand Palais dan sebuah Basilica yang selalu berwarna putih bernama Basilica Secre Coeur.

www.pestochantilly.com

www.pestochantilly.com

Salah satu hotel yang dekat dengan tempat Gratin Dauphinois ini berasal adalah Le Relais Hotel de Marie. Namun jika Anda ingin berlibur di daerah Notre Dame, Perancis jangan lewatkan keindahan Kathedral Notre Damedan kesegaran es krim Berthillon di Berthillon Glacier. Ada beberapa hotel di daerah Notre Dame yang dapat menjadi pilihan tepat untuk beristirahat seperti  Hotel Les Dryades Golf And Spa, Citea Saint Louis Hotel, Hotel Porte De France ataupun Ibis Mulhouse Bale Aeroport Hotel.

Peta Mont Dauphin, Perancis: view site larger

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 10 Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • cara membuat Gratin Dauphinois
  • resep gratin dauphinois
  • gratin dauphinois resep
  • olahan kentang ala eropa
  • cara membuat gratin douphinoise
  • masakan kentang dari prancis
  • olahan kentang ala prancis
  • resep gratin dauphinoise
  • resep dauphinoise potatoes
  • sejarah potato gratin

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,