duomo-di-torino-e-cappella (1)

Mengunjungi katedral atau yang dalam bahasa Italia disebut sebagai duomo, tentunya menjadi suatu hal yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke kota Turin. Kota barat laut Italia ini memang terkenal sebagai rumah dari banyak duomo dan gereja besejarah peninggalan era Baroque. Ada beberapa pilihan tempat favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, khususnya bagi Anda penggemar sejarah. Tempat-tempat terkenal seperti gereja kembar Santa Maria dan San Carlo, Cathedral of S. Giovanni, Church of S. Lorenzo atau yang terletak di pusat kota Turin seperti Turin Cathedral.

Turin Cathedral atau Duomo di Torino menjadi tepat yang banyak dikunjungi karena letaknya yang berada di pusat Kota, yaitu di dalam kawasan Piazza Castello. Selain karena lokasinya yang mudah dijangkau, duomo ini banyak dikunjungi karena sisi historis dari The Cappella della Sacra Shroud. Kapel yang juga dikenal sebagai Chapel of the Holy Shroud ini dibangun pada tahun 1498 berdasarkan rancangan Guarino Guarini. Bangunan ini diselimuti marmer hitam, tetapi pada bagian atasnya terdapat enam kubah berjenjang yang memancarkan cahaya ketika siang hari.

filename-italy-trip-592

Di dalam kapel ini terdapat The Holy Shroud atau Kafan Suci yang sangat penting sekaligus kontroversial. Kain Kafan tersebut diyakini sebagai kain yag digunakan oleh Kristus pada saat proses penyalibannya. Namun pengelola gereja tidak bisa memberikan penjelasan langsung dan memberikan bukti terkait keasliannya sehingga banyak pihak yang menyebutkan bahwa kain kafan ini palsu. Terlepas dari asli tidaknya kain ini, nyatanya tetap banyak wisatawan yang sengaja datang untuk melihatnya secara langsung.

Pembangunan Katedral Turin didedikasikan untuk para santo pelindung kota, yaitu Saint John, St Mary dan satu lainnya. Duomo ini dibangun dalam kurun waktu tahun 1491 hingga 1498 berdasarkan hasil rancangan awal yang dibuat oleh arsitek Meo del Caprina. Cathedral ini telah mengalami restrukturisasi beberapa kali selama berabad-abad, namun penampilan aslinya tetap dilestarikan. Pada abad XVII silam, Guarino Guarini memperbesar bangunan gereja dan menambah sebuah kapel sebagai tempat khusus untuk menyimpan Kafan Suci. Pada tahun 1997 sempat terjadi kebakaran besar yang mengakibatkan kapel tersebut rusak parah dan terpaksa ditutup. Untungnya kain kafan suci yang tersimpan di dalamnya sempat diselamatkan sebelum api menghanguskannya. Kafan suci tersebut saat ini disimpan di dalam lemari kaca baru dengan pengamanan lebih untuk mengantisipasi jika nantinya terjadi hal yang sama.

duomo-di-torino-e-cappella

Turin Cathedral dibuka setiap hari pada pukul 07.00-12.30 dan 15.00-19.00. Anda tidak dipungut biaya untuk memasuki katedral ini. Untuk menjangkaunya, Anda dapat menggunakan kereta cepat (metro) seharga €1.50 dari stasiun Porta Nuova atau Porta Susa untuk sekali perjalanan. Kita juga dapat menggunakan bus nomor 55, 56 dan trem nomor 13 menuju Piazza Castello. Jika berada di dalam kota Turin, maka pengunjung dapat menggunakan bus kota (GTT) nomor 13, 55, 56 dan 72 menuju pemberhentian di Porta Nuova. Bus kota di Turin melayani penumpang dari pukul 05.00 hingga tengah malam. Harga tiket GTT sebesar €1.50 untuk validasi selama 90 menit, €5.00 untuk tiket harian, paket 5 tiket seharga €6.50 dan paket 15 tiket seharga €17.50. Kita juga dapat menggunakan taksi yang tersebar di seluruh kota Turin jika Anda ingin menikmati perjalanan yang lebih eksklusif, tapi tentu saja dengan biaya yang lebih mahal.

Selama berada di Kota Turin, kita dapat menginap di hotel-hotel yang kami rekomendasikan seperti Hotel Universo, Hotel Imperial, Diplomatic Hotel, Hotel Tourist, Cristina52 Hotel, Principi Di Piemonte Hotel, Residence Hotel Torino Uno.

Peta Lokasi View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 28 Oktober 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • sejarah penyelubung turin

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4