stmarksbasilica

Bagi para pecinta wisata sejarah, maka Italia adalah destinasi wisata dengan ribuan cerita yang tidak pernah akan ada habisnya. Salah satu tempat wisata di Italia yang kaya akan cerita sejarahnya adalah St Mark’s Basilica. Tempat yang disebut masyarakat setempat dengan nama Basilica di San Marco ini adalah gereja paling terkenal di kota Venezia (Venice), Italia. Gereja megah ini terletak di tepi utara St Mark’s Square dan berdampingan dengan Doge’s Palace.

St Mark’s Basilica dulu adalah sebuah gereja kapel bagian dari Doge’s Palace yang dibangun pda tahun 828. Kapel ini kemudian digantikan dengan Gereja baru pada tahun 1832 di tempat St Mark’s Basilica yang sekarang. Karena desain mewah dan mozaiknya yang berlapis emas, gereja ini juga disebut sebagai Chiesa d’Oro atau “Church of Gold”.

interior-of-cathedral-at-st-marks-basilica

Gereja ini memiliki 5 kubah, 4 kubah diatas setiap sisi gereja, dan 1 kubah di atas perpotongan garis salib. Kubah di bagian tengah dan barat lebih besar ukurannya dibanding 3 kubah yang lainnya. Lantainya terbuat dari marmer dan disusun membentuk pola-pola geometris dan bentuk binatang. Sementara bagian dinding dan atapya, dihiasi dengan gambar mozaik bersepuh emas dan batu-batu berharga yang menceritakan kisah-kisah dari kitab perjanjian lama dan perjanjian baru. Totalnya, bagian yang didekorasi ini kurang lebih menutupi area seluas 8000 m2.

Pada bagian atas St Mark’s Basilica, terdapat mozaik di bawah keempat lengkungannya, sementara dipuncak terdapat patung-patung yang mewakili nilai-nilai moral dan juga patung 5 saint. Salah satunya adalah patung St Mark yang berdiri di bagian tengah dengan relief singa bersayap (simbol dirinya) di bawahnya. Di tengah bagian atas ini, terdapat balkon dengan patung kuda Yunani menghadap ke piazza. Patung-patung ini adalah replika dari patung asli di dalam Museum St Mark’s Basilica. Seperti kebanyakan gereja lainnya, layout St Mark’s Basilica juga menyerupai sebuah salib, tetapi salib Yunani dengan masing-masing tangan salib (transept) yang terbagi menjadi 3 ruang gereja. Di bagian tangan kiri salib terdapat 3 kapel, yaitu St Peter’s Chapel, St Isidor’s Chapel, dan Mascoli Chapel. Sementara di bagian tangan kanannya, terdapat St Clement’s Chapel dan pintu masuk ke St Mark’s Treasure.

4409687585_0903b3985f_z

Di sudut barat daya St Mark’s Basilica ini terdapat patung the Tetrachs yang menggambarkan 4 kaisar yang bekerja sama memerintahkan kekaisaran Romawi. Jika kita cukup jeli, akan terlihat bahwa salah satu kaki dari patung tersebut hilang. Apakah Anda tahu dimana kaki yang hilang itu kini berada? Kaki tersebut dahulu ditemukan di dekat Masjid Bodrum, Istanbul, Turki. Hingga sekarang kaki tersebut masih dipajang di sana. Mungkin kaki ini dulu patah dan tercecer saat dipindahkan dari Konstantinopel menuju Venica.

Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan vaporetto guna mengunjungi Basilica di San Marco, kendaraan sejenis bus air ini memiliki harga tiket yang paling terjangkau jika dibandingkan jenis perahu lain yang ada di Venezia. Harga tiket vaporetto adalah sebagai berikut :

  • €6.50 (6.50 Euro) untuk satu kali pakai (single trip)
  • €14 untuk pass 12 jam,
  • €16 untuk pass 24 jam,
  • €26 untuk pass 48 jam, dan
  • €31 untuk pass 72 jam

Namun bagi Anda ingin merasakan sensasi menggunakan gondola, maka siapkan biaya €80 untuk menyewa perahu khas kota Venice ini dengan durasi 50 menit.

Selama berada di Kota Venice, kita dapat menginap di beberapa hotel yang kami rekomendasikan seperti Lisbona Hotel, Gardena Hotel, Rivamare Hotel, Villa Cipro Hotel, Hotel Dei Dragomanni, LocAnda Barbarigo Hotel, dan LocAnda La Bricola Hotel.

Peta Lokasi Lihat Peta Lebih Besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 3 Oktober 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • basilika santo markus
  • denah berikut atapya
  • @makaitalia com
  • cerita sejarah kota venesia
  • gereja santo mark Di inggris
  • patung st mark
  • patung kuda st markus
  • gereja di venice
  • sejarah patung singa doge palace
  • Sejarah basilika santo markus

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,