Ivrea-carnevale-2

Siapa bilang Italia hanya terkenal karena keberadaan bangunan, makanan dan museum-museum bersejarahnya saja? Jika berkunjung ke negeri pizza menjelang akhir bulan Februari, maka kita akan menemui berbagai festival rakyat yang menarik minat banyak wisatawan mancanegara. Salah satu festival unik yang ramai dikunjungi para pelancong luar negeri adalah Carnevale d’Ivrea. Ribuan orang datang dan turut berpartisipasi dalam acara tahunan yang dilakukan di kota Ivrea tersebut. Ivrea merupakan sebuah kota kecil di Provinsi Turin, Piedmont, barat laut Italia.

Carnevale-di-Ivrea

Carnevale d’Ivrea adalah festival melempar jeruk yang diadakan oleh pemerintah kota Ivrea sejak tahun 1808 dan menjadi salah satu festival rakyat tertua di dunia. Festival ini dilakukan sebagai peringatan terhadap perang sipil yang terjadi antara masyarakat Ivrea dan Pasukan Kerajaan Napoleon yang dipicu karena pembunuhan seorang pemberontak bernama Raineri di Biandrate. Jeruk yang dilemparkan merupakan simbol perlawanan masyarakat terhadap kesewenang-wenangan pemerintah. Sebelum Carnevale d’Ivrea dimulai, peserta dibagi menjadi dua tim. Tim pertama adalah tim yang mewakili pasukan Napoleon dan berada di atas kereta. Sementara tim kedua mewakili rakyat jelata yang berjalan kaki mengejar kereta. Kedua tim ini saling melempar jeruk satu sama lain menggunakan kostum dan aksesoris lengkap layaknya seorang prajurit perang. Pengunjung juga dapat ambil bagian dalam salah satu festival rakyat paling popular di Eropa ini. Banyak wisatawan yang memang sengaja datang di bulan Februari untuk bisa mengikuti festival ini. Namun jika hanya ingin menikmati Carnevale d’Ivrea sebagai penonton, pastikan untuk menggunakan topi berwarna merah agar Anda terhindar dari lemparan jeruk.

carnevale-ivrea

Jeruk digunakan untuk mewakili anak panah yang dahulu digunakan dalam peperangan. Mulanya, masyarakat Ivrea menggunakan biji-bijian untuk festival ini. Namun dalam kurun waktu seratus tahun terakhir, biji yang digunakan diganti menjadi jeruk karena dianggap lebih aman dan dapat menarik minat wisatawan untuk berpartisipasi. Carnevale d’Ivrea dilakukan di sepanjang jalan-jalan utama kota Ivrea dan dapat memakan waktu hingga lebih dari lima jam dengan menghabiskan ratusan kilogram jeruk dalam satu festival. Selain melempar jeruk, Carnevale d’Ivrea juga dimeriahkan dengan pawai musik tradisional Italia dan tradisi membagi-bagikan permen kepada seluruh penonton. Bagi Anda yang berencana untuk berlibur bersama keluarga di Italia, Carnevale d’Ivrea dapat menjadi alternatif wisata yang berkesan. Festival ini hanya dilakukan satu kali pada akhir bulan Februari setiap tahunnya, maka sesuaikan waktu kunjungan Anda agar dapat menyaksikannya secara langsung. Selain festival melempar jeruk di Ivrea, masih banyak festival rakyat lainnya yang tidak kalah menarik seperti Carnevale d’ IvreaCarnevale d’AcrialeCarnevale d’PutignanoCarnevale d’Cento, dan  Carnevale d’Venice.

Peta Lokasi View Larger Map

Selama berada di Kota Turin, kita dapat menginap di hotel-hotel yang kami rekomendasikan seperti Hotel Universo, Hotel Imperial, Diplomatic Hotel, Hotel Tourist, Cristina52 Hotel, Principi Di Piemonte Hotel, Residence Hotel Torino Uno. Kita juga dapat mengunjungi kota-kota lain yang memiliki banyak destinasi wisata menarik seperti Roma, Milan, Naples, Venice atau Florence.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 21 Januari 2014

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • carnevale d\Ivrea
  • dewi uvrea
  • festifal jeruk di europe

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,