T

Jika berkunjung ke kota Turin di Italia, dari kejauhan pandangan Anda akan dengan mudah menemukan bangunan megah setinggi lima lantai dengan bagian menyerupai menara di atasnya. Kita mungkin bertanya-tanya, apakah sebenarnya bangunan yang tingginya jauh lebih unggul dibandingkan dengan bangunan lain di sekitarnya itu? Bangunan tersebut adalah Museo Nazionale del Cinema, sebuah museum film yang menyimpan perjalanan sejarah dunia perfilman di Italia. Museum ini memang menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara karena arsitektur bangunannya yang indah. Pada tahun 2010 saja, tercatat sekitar 532.196 wisatawan asing yang berkunjung ke tempat ini.

Bertempat di The Mole Antonelliana, museum nasional ini memamerkan koleksi-koleksi eksklusif seperti karya sinematografi pada periode langka, peralatan sinematografi bersejarah, dokumentasi rekaman dan foto, set film kecil, serta dua buah bioskop khusus yang disediakan bagi pengunjung. Jangan lewatkan pula koleksi playbills asli dan pelbagai hiasan interior mole yang sangat menarik setiap pengunjung museum. Bangunan Museo Nazionale del Cinema juga dilengkapi dengan menara Mole Antonelliana pada bagian atasnya. Museum ini dikelola oleh Maria Adriana Prolo Foundation dimana sebagian besar koleksinya dikumpulkan seorang kolektor sejarah bernama Maria Adriana Prolo.

museo film

Museum ini memiliki berbagai koleksi teknologi dan perangkat optik sinematografi dari jaman dahulu hingga sekarang. Sejumlah perlengkapan panggung dari film-film Italia tempo dulu serta memorabilia sinematografi lainnya juga dapat Anda temukan di bagian dalam bangunan seluas 3.200 m2 ini. Sebuah layar besar diletakan pada multipleks Massimo di dekat ke museum ini, tujuannya adalah untuk retrospektif dan pengembangan museum di masa mendatang. Pada saat-saat tertentu, Museo Nazionale del Cinema juga menjadi tuan rumah beberapa festival film bergengsi Italia seperti Festival Film Torino dan Festival Film Nasional. Salah satu museum kebanggaan masyarakat kota Turin yang terdiri dari lima lantai ini memiliki sebuah lift panorama yang  dibuka pada tahun 2000 dengan dinding kaca transparan. Lift ini akan membawa Anda pada ketinggian 75 meter hanya dalam waktu 59 detik saja. Ketika pengunjung berada di puncak bangunan, maka kita akan disuguhi pemandangan seluruh kota Turin yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

turin-capital-of-italian-cinema

Museum Film Nasional Turin dibuka setiap hari Selasa hingga Jum’at, serta hari Minggu pada pukul 09.00-20.00, sementara pada hari Sabtu dibuka pada pukul 09.00-23.00. Harga tiket masuk museum ini sebesar €7.00 (7.00 Euro) untuk dewasa, €5.00 untuk pengunjung berusia dibawah 26 tahun dan lansia di atas 65 tahun. Untuk pelajar berusia 6-18 dan rombongan sekolah, harga tiket hanya dikenakan biaya €2.00. Sementara untuk anak-anak dibawah 5 tahun tidak dikenakan bea masuk alias gratis. Pemesanan tiket secara online dapat dilakukan dengan mengunjungi laman resmi museum di www.museonazionaledelcinema.org

Untuk menjangkau tempat yang berlokasi di Via Montebello 20 ini, Anda dapat menggunakan kereta cepat (metro) seharga €1.50 dari stasiun Porta Nuova atau Porta Susa untuk sekali perjalanan. Kita juga dapat menggunakan bus nomor 55, 56 dan trem nomor 13 menuju Piazza Castello. Jika berada di dalam kota Turin, maka pengunjung dapat menggunakan bus kota (GTT) nomor 13, 55, 56 dan 72 menuju pemberhentian di Porta Nuova. Bus kota di Turin melayani penumpang dari pukul 05.00 hingga tengah malam. Harga tiket GTT sebesar €1.50 untuk validasi selama 90 menit, €5.00 untuk tiket harian, paket 5 tiket seharga €6.50 dan paket 15 tiket seharga €17.50. Kita juga dapat menggunakan taksi yang tersebar di seluruh kota Turin jika Anda ingin menikmati perjalanan yang lebih eksklusif, tapi tentu saja dengan biaya yang lebih mahal.

Selama berada di Kota Turin, kita dapat menginap di hotel-hotel yang kami rekomendasikan seperti Hotel Universo, Hotel Imperial, Diplomatic Hotel, Hotel Tourist, Cristina52 Hotel, Principi Di Piemonte Hotel, Residence Hotel Torino Uno. Kita juga dapat mengunjungi museum-museum menarik di Turin seperti Galleria Sabauda dan Museo Egizio.

Peta Lokasi View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 28 Oktober 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • apa landmark kota turin italia?
  • italy film museum
  • j-stadium landmark kota turin

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,