Roma_-_Gianicolo

Bagi Anda yang ingin menikmati sisi lain kota Roma di Italia, maka berkunjunglah ke Bukit Gianicolo. Tempat ini menawarkan pemandangan terbaik Roma dari atas bukit. Terletak di antara Vatikan dan daerah kota tua Trastevere, Gianicolo merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan ketika berkunjung ke ibukota Italia. Karena berada di salah satu titik tertinggi di Roma, Gianicolo memiliki beberapa bangunan bersejarah yang didirikan untuk kepentingan keagamaan. Beberapa gereja peninggalan agama Pagan silam dibangun di atas bukit ini karena terdapat kepercayaan bahwa semakin tinggi lokasi tempat ibadah, maka akan semakin dekat manusia dengan Tuhannya.

Roma_Gianicolo_Giuseppe_Garibaldi

Untuk mencapai Bukit Gianicolo, biasanya wisatawan akan memulai perjalanan dari Puri San Angelo di tepi sungai Tiber. Pendakian dimulai dari Via Urbano VIII melalui tanjakan yang cukup curam. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju puncak bukit yaitu sekitar 1 jam berjalan kaki. Jika ingin menghemat waktu dan tenaga, pengunjung dapat menggunakan naik bis atau taksi yang beroperasi hingga malam hari. Meskipun jauh dan melelahkan, perjalanan menuju bukit Gianicolo sangat menyenangkan. Anda akan melewati beberapa tempat menarik seperti Rumah Sakit anak Bambino Gesu dan para pedagang kaki lima yang berada di sekitarnya. Banyak pengunjung sengaja datang ke Bukit Gianicolo untuk berolahraga di sore hari. Jika memilih untuk berjalan kaki menuju puncak, maka kita akan beberapa kali menjumpai rombongan bersepeda atau jogging menuju puncak. Di beberapa titik keramaian, Anda juga dapat melihat kerumunan pengunjung yang datang untuk sekedar berjalan-jalan dan melihat pemandangan menjelang matahari terbenam. Setiap 1 km perjalanan, terdapat monumen yang juga digunakan sebagai tempat beristirahat jika lelah berjalan. Selain melepas lelah, Anda dapat menikmati pemandangan Roma di sore hari dari tempat ini. Bukit Gianicolo merupakan tempat favorit wisatawan dan masyarakat Roma untuk menikmati sunset dan melihat pemandangan ibukota pada malam hari.

Di puncak Bukit Gianicolo, terdapat sebuah meriam bersejarah bernama meriam Gianicolo. Tepat pada pukul 12.00 setiap harinya, meriam ini akan ditembakan sebagai pertanda bagi seluruh gereja di Roma untuk membunyikan lonceng secara bersamaan. Ide ini dicetuskan oleh Paus Pius IX dan telah dilakukan sejak tahun 1847. Satu tempat lain yang selalu menarik perhatian pengunjung ketika berada di tempat ini adalah Piazza Garibaldi. Disini, kita dapat melihat beberapa rumah mewah milik duta besar dunia di sekitar taman besar Piazza Garibaldi. Piazza ini tidak pernah sepi pengunjung. Pada hari libur, tempat ini merupakan lokasi favorit masyarakat Roma untuk berolahraga atau sekedar bercengkrama bersama keluarga.

roma_la_fontana_del_gianicolo

Puas berkeliling Piazza Garibaldi, Anda juga wajib menyambangi air mancur Acqua Pauloa yang menginspirasi pembangunan air mancur Trevi Fountain. Air mancur ini dibangun oleh Gionanni Fontana dengan menggunakan mata air di dekat Sungai Bracciano sebagai sumber airnya. Karena keindahan arsitektur dan airnya yang sejuk. Acqua Pauloa sering digunakan warga untuk berenang. Namun tahun 1707 pemerintah mengeluarkan peraturan yang melarang warga untuk berenang di air mancur ini.  Tidak jauh dari Acqua Pauloa, terdapat gereja San Pietro in Montorio yang dibangun pada abad ke 9 dan didedikasikan untuk Santo Petrus. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, di tempat inilah Santo Perus disalib secara terbalik. Selesai menikmati pemandangan dari Bukit Gianicolo, pengunjung dapat menuruni tangga curam yang akan membawa Anda menuju kota tua Roma bernama Trastevere. Daerah ini terkenal karena memiliki arsitektur indah dan suasananya yang romantis. Jalanan tua Trastevere dipenuhi oleh restoran, kafe serta pedagang kaki lima yang menawaran kuliner khas Italia dengan harga relatif murah.

Jika berkunjung di Roma, Anda dapat menginap di beberapa hotel yang kami rekomendasikan seperti Hotel Manfredi, Sheraton Roma Hotel & Conference Centre, Palladium Palace Hotel, Best Western Artdeco Hotel, Merulana Star Hotel, Hotel Aquarium, Panama Garden Hotel, dan Espana Hotel. Kita juga dapat mengunjungi objek wisata menarik lain di Roma seperti Colloseum, Roman Forum, Trevi Fountain, Piazza Novana dan Vatican Museum.

Peta Lokasi View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 28 Januari 2014

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • panduan wisata roma
  • pemandangan kota roma
  • keindahan kota roma
  • pemandangan kota dari atas bukit
  • pemandangan roma
  • pemandangan di roma
  • pemandangan kota roma italia
  • pemandangan kota roma di malam hari
  • gambar pemandangan kota roma
  • pemandangan dari atas bukit

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,