P

Bagi para pecinta sejarah, keberadaan Menara Pisa di Italia bukan lagi menjadi hal yang asing bagi Anda. Menara miring yang berdiri di sebelah timur Piazza de Miracoli ini, telah menjadi ikon pariwisata Italia bersanding dengan kemegahan Colosseum di Kota Roma. Keduanya telah diakui masyarakat internasional sebagai bagian dari tujuh keajaiban dunia pertengahan dan juga masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Piazza de Miracoli adalah sebuah alun-alun katedral yang terletak di Kota Pisa, Tuscany, Italia. Alun-alun ini meyerupai taman yang sebagian tanahnya berupa semen dan sebagian lainnya berupa rumput. Di dalam kawasan piazza ini terdapat empat buah bangunan terkenal yang semuanya di dominasi dengan warna putih. Keempat bangunan tersebut adalah Duomo (Katedral), Baptisery, Camposanto, dan tentu saja yang paling tersohor adalah Menara Condong Pisa (Leaning Tower of Pisa). Menara Pisa memang seolah telah menjadi landmark kota Pisa dan menjadikan alun-alun ini menjadi salah satu tempat wisata paling popular di Italia. Karena kemiringannya, maka untuk menuju puncak menara ini Anda harus mendaki jumlah anak tangga yang berbeda di sisi bagian utara (296 anak tangga) dan sisi bagian selatannya (294 anak tangga).

80588-050-8d944bfe

Menara Pisa merupakan menara lonceng (campanile) dari Katedral Pisa yang berdiri terpisah. Menara miring ini mulai di bangun pada tahun 1173 dan selesai dalam tiga tahap selama 177 tahun. Lima tahun sejak awal didirikan yaitu saat pembangunan baru mencapai tingkat 3, menara ini mulai amblas kemudian miring ke sisi selatan akibat pondasi yang buruk dan dibangun di atas lapisan tanah yang tidak stabil. Setelah dihentikan cukup lama akibat adanya peperangan, akhirnya pada tahun 1272 pembangunan menara ini dilanjutkan kembali. Pembangunan kali ini menerapkan siasat agar menara yang sudah terlanjur miring tidak semakin bertambah miring. Caranya adalah dengan membuat dinding dan lantai-lantai pada sisi yang miring di bagian selatan dibuat sedikit lebih tinggi dan semakin rendah di sisi bagian utara. Hal ini membuat bentuk Menara Pisa terlihat melengkung jika diperhatikan dengan seksama. Saat selesai dibangun pada tahun 1319 dan ditambahkan 7 buah lonceng pada tahun 1372, diketahui kemiringan Menara Pisa sebesar 1o atau sekitar 80 cm dari posisi lurus vertikal. Tingkat kemiringan Menara Pisa ini terus bertambah dari waktu ke waktu. Pada tahun 2010 lalu, diketahui bahwa kemiringan menara yang tinggi bagian utaranya 56,70 m dan 55,86 di bagian selatan ini telah mencapai 3,99o atau melenceng sejauh 3,9 meter dari posisi lurus yang seharusnya. Untuk masuk ke dalam Menara Pisa ini, kita harus membayar tiket sebesar €15 (Euro).

Anda salah jika mengira Piazza de Miracoli adalah alun-alun kota Pisa, tempat ini adalah sebuah alun-alun yang berada di sekitar katedral (atau dalam bahasa Italia disebut dengan Duomo). Maka dari itu, Piazza dei Miracoli sering disebut penduduk setempat dengan istilah Piazza del Duomo, yaitu sebutan umum untuk alun-alun katedral atau Cathedral Square. Tidak heran, bagi wisatawan yang berasal dari luar negeri ataupun orang awam tidak dapat membedakan antara Piazza del Duomo yang satu dengan Piazza del Duomo yang berada di tempat lain di Italia. Setidaknya ada dua alun-alun katedral lain yang menggunakan istilah sama yaitu Piazza del Duomo di Milan dan Piazza del Duomo di Florence. Jadi untuk menghindari kerancuan istilah Piazza del Duomo, sertakanlah nama kota yang dibelakangnya.

A

Piazza de Miracoli dapat dicapai sekitar 40 menit perjalanan menggunakan kereta dari kota terdekat yaitu Florence, kemudian turun di stasiun utama Pisa Centrale station. Jarak piazza dari Pisa Centrale station kurang lebih adalah 1,5 Km. Kita dapat melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau menggunakan bus umum dengan biaya €1,1 (Euro). Selain menggunakan kereta, Anda juga dapat menggunakan umum bernama LAM Rossa (bus bertAnda merah) yang dapat Anda naiki dari hate-halte di seluruh penjuru Kota Pisa. Bus LAM (Linea ad Alta Mobilità) Pisa tidak menggunakan nomor perjalanan, maka dari itu Anda harus memilih bus yang memiliki tAnda warna merah di bagian depan dan sisi bus. Biaya yang harus Anda keluarkan adalah €1,1 (Euro) untuk sekali perjalanan.

Selama berada di Kota Pisa, Anda dapat menginap di beberapa hotel yang kami rekomendasikan seperti Minerva Hotel, Grand Duomo Hotel, Villa Kinzica Hotel, La Pace Hotel, NH Cavalieri Hotel, dan Bologna Hotel. Hotel-hotel tersebut memiliki letak yang strategis dengan pelayanan yang dijamin akan memuaskan Anda para traveler. Setelah puas berkeliling kota Pisa, kita dapat mengunjungi kota menarik lain di Italia seperti Milan, Venice atau Florence.

Peta Lokasi View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 26 September 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • menara pisa
  • menara pizza
  • menara pisa terdapat di negara
  • gambar menara pisa
  • letak menara pisa
  • menara piza
  • menara pissa
  • gambar menara pizza
  • menara pisa di italia
  • wisata menara pisa

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,