Vatican_Museums

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Kota Roma di Italia, maka perjalanan Anda kurang lengkap jika belum berkunjung ke salah satu museum tertua di dunia yaitu Museum Vatikan. Museum yang dalam bahasa Italia dikenal dengan nama Musei Vaticani ini merupakan kumpulan beberapa museum kesenian publik dan patung di Kota Vatikan yang menampilkan karya-karya terbaik milik Gereja Katolik Roma. Para pengunjung sering salah kaprah dan mengira museum ini adalah ruang kerja sekaligus tempat tinggal Paus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik dan penguasa Vatikan.

Asal mula Museum Vatikan diyakini berasal dari cerita sebuah patung marmer Laocoön yang ditemukan pada tanggal 14 Januari 1506 di sebuah kebun anggur dekat Basilika Santa Maria Maggiore di Roma.  Sri Paus kemudian membeli patung itu dari sang pemilik kebun anggur memamerkan Patung Laocoön dan putra-putranya dalam cengkeraman seekor ular laut kepada publik di Vatikan tepat sebulan semenjak penemuan patung tersebut. Museum yang terdiri dari gabungan  22 museum kecil ini memiliki panjang keseluruhan yang mencapai 1,8 kilometer.

Vatican-Museum-Entrance-Vatican-City

Sesuai namanya, Museum Vatikan terletak di Vatican City, yang sejak 1929 resmi menjadi negara berdaulat. Vatikan sendiri bisa disebut sebagai satu dari lima kawasan di Roma yang sanggup mempertahankan warisan pusat peradaban tertua dunia. Puncak dari Museum Vatikan adalah Kapel Sistina yang diresmikan tahun 1482. Kapel itu dibangun pada masa pemerintahan Paus Sixtus IV di abad XV, Baccio Pontelli. Konsepnya adalah “kapel dari segala kapel”. Memang, dari segi arsitektur, inilah kapel terindah dengan plafon melengkung. Kapel Sistina tak hanya masyur oleh arsitektur dan lukisannya, namun juga terkenal akan suasana kotanya yang nyaman untuk dijadikan sebagai destinasi wisata di Italia

Bagi penganut agama Katolik (Roma), kapel ini terkenal sebagai tempat pemilihan Paus baru. Pemilihan pemimpin tertinggi Gereja Katolik itu dilakukan para kardinal dari seluruh dunia. Tanda sudah terpilihnya Paus adalah asap tebal putih yang keluar dari jendela kapel. Umat yang menunggu di Lapangan St. Petrus pun tahu pemimpin mereka sudah terpilih, yakni Paus sebagai pemimpin umat setempat (Uskup Roma), pemimpin umat Katolik seluruh dunia (pengganti St. Petrus), sekaligus pemimpin Negara Vatikan. Museum ini merayakan ulang tahun ke-500 pada bulan Oktober 2006 silam dengan cara membuka lokasi ekskavasi sebuah kompleks kuburan bawah tanah di Bukit Vatikan secara permanen.

Tempat yang kerap disebut-sebut sebagai museum terbesar ini juga dikenal sebagai salah satu museum dengan harga tiket masuk termahal di dunia. Untuk dapat masuk Anda harus membayar sekitar €15 (15 Euro) per orang atau setara dengan US$ 21 (Rp 208.000). Jam kunjungan di Museum ini bervariasi, tetapi umumnya mulai dibuka dari pukul 08.45 pagi hingga sore hari setiap hari Senin sampai Sabtu. Pada hari Minggu Anda masih bisa berkunjung ke dalam Museum Vatikan, tetapi pasti ditutup pada beberapa hari suci umat Katholik sepanjang tahun.

Saat masuk ke dalam museum, keleluasaan buat pengunjung sangat terasa. Tak ada keharusan meninggalkan barang di tempat penitipan. Juga tidak ada larangan memotret, kecuali di tempat tertentu.

vatican_museum

Pengamanan pun tidak terkesan mencolok. Tetapi bisa dipastikan bahwa bangunan dan barang di sana mendapat pengamanan amat canggih, meski tak kasat mata. Saat berada di dalam museum ini, Anda seakan diajak untuk menyaksikan kembali penggalan-penggalan sejarah yang terjadi di masa lalu. Apalagi saat menelusuri lorongnya, pengunjung ibarat sedang memutar balik kisah sejarah kebesaran Vatikan di masa lalu dalam bentuk miniatur maupun asli. Rentang usia koleksi yang dimiliki oleh Musei Vaticani ini antara lain adalah barang-barang dari abad XV hingga abad XX. Barang-barang tersebut tertata rapi mulai dari Museum Perpustakaan Apostolik Vatikan tahun 1475 sampai Museum Kesenian Kristen Modern tahun 1973.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat menggunakan 3 jenis moda transportasi yang tersedia di Vatikan. Yang pertama adalah metro line (sejenis subway). Jika Anda ingin menggunakan kereta cepat ini maka Anda dapat menjangkaunya dari stasiun Ottaviano di dekat lapangan St. Peter’s kemudian Anda hanya harus berjalan kaki menuju Museum ini. Pilihan yang kedua adalah menggunakan bus yang dapat dijangkau dari Terminal bus Termini namun Anda harus berjalan cukup jauh untuk samapi ke Museum Vatikan. Saat malam hari ketika metro line sudah tidak beroperasi, pilihan terakhir adalah dengan menggunakan taksi. Biaya yang harus Anda bayarkan jika menggunakan taksi dari Vatikan menuju Terminal Bus Termini adalah sekitar €8 (8 Euro).

Untuk masuk dan menikmati komplek reruntuhan bangunan ini, Anda harus membayar tiket yang juga dapat digunakan untuk memasuki Colosseum dan Palatine Hill dengan harga €15,5 (15,5 Euro). Selama berada di Kota Roma, Anda dapat menginap di beberapa hotel yang kami rekomendasikan seperti Hotel Manfredi, Sheraton Roma Hotel & Conference Centre, Palladium Palace Hotel, Best Western Artdeco Hotel, Merulana Star Hotel, Hotel Aquarium, Panama Garden Hotel, dan Espana Hotel. Hotel-hotel tersebut memiliki letak yang strategis dengan pelayanan yang dijamin akan memuaskan Anda para traveler. Jangan lewatkan pula kesempatan untuk mengunjungi lokasi wisata lain di sekitar Kota Roma seperti Piazza Novana, Colosseum, Roman Forum dan Trevi Fountain.

Peta Lokasi Lihat Peta Lebih Besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 26 September 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • gambar patung arsitektur
  • tiket masuk museum vatikan
  • museum kristen terbesar
  • Hotel tertua di vatikan
  • Patung laocoon
  • sejarah vatican
  • wisata ke vatican
  • negara vatikan tempat menarik
  • sejarah bangunan museum vatikan italia
  • peradaban roma yang ada di museum vatikan

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,