carevale-di-putignano

Siapa bilang Italia hanya terkenal karena keberadaan bangunan, makanan dan museum bersejarahnya saja? Jika berkunjung ke negeri pizza menjelang pada bulan Februari, kita akan menemui berbagai festival rakyat yang menarik minat banyak wisatawan mancanegara. Salah satu festival unik yang ramai dikunjungi para pelancong mancanegara adalah Carnevale d’Putignano. Puluhan ribu orang datang dan turut berpartisipasi dalam acara tahunan yang diselenggarakan di kota Putignano, Provinsi Bari tersebut. Karnaval Putignano merupakan festival tertua di Italia dan salah satu yang tertua di Eropa. Carnevale d’Putignano telah digelar sejak tahun 1394 dan terus dilakukan hingga saat ini.

Carnevale d’Putignano juga menyandang status sebagai karnaval dengan waktu penyelenggaraan terpanjang di Italia, yaitu selama 49 hari. Festival ini dimulai pada tanggal 26 Desember tepat di hari St Stephen, dan berakhir pada 12 Februari pada hari perayaan Mardi Gras. Terdapat empat parade utama dalam karnaval ini. Parade besar tersebut diselenggarakan pada tiga hari Minggu terakhir dan di malam hari terakhir perayaan karnaval (Shrove Tuesday) .

Carnevale d’Putignano 2

Asal-usulnya karnaval ini bermula ketika Knights of St John mengambil keputusan untuk memindahkan  barang-barang berharga peninggalan St Stephen ke Putignano dari gudang penyimpanan Castle of Monopoli. Pemindahan tersebut dilakukan untuk menghindari serangan dari musuh mereka. Para prajurit menarik gerobak sepanjang perjalanan menuju ke Putignano. Konvoi pasukan kerajaan tersebut ternyata menarik perhatian para petani yang sedang bekerja di sawah yang dilewati konvoi tersebut. Mereka pun meninggalkan pekerjaannya dan turut serta di dalam konvoi sebagai bentuk penghormatan kepada kota mereka. Saat tiba di Putignano, rombongan tersebut disambut dengan tepung yang ditaburi ke wajah mereka oleh para petani. Tepung tersebut menunjukan kemurnian mereka dalam menghadiri Misa Natal yang bertepatan dengan kedatangan rombongan tersebut. Sejak saat itu, rakyat Putignano selalu mengulang konvoi itu sehingga akhirnya muncul Carnevale d’Putignano.

carnevale20putignano

Tepung yang digunakan oleh para petani pada saat itu adalah Farinella. Tepung ini terbuat dari campuran buncis serta barley yang dikeringkan dan ditumbuk halus. Nama Farinella kemudian menjadi nama yang diberikan untuk festival topeng di Carnevale d’Putignano. Pada 26 Desember, acara dimulai dimulai dengan pembacaan puisi dalam dialek lokal yang menggemakan doa dan rasa terima kasih kepada Tuhan. Masyarakat juga menjaga tradisi menyalakan lilin sebagai simbol permohonan ampun bagi dosa-dosa yang tidak sengaja mereka lakukan ketika melakukan perayaan Carnevale d’Putignano. Setelah ritual tersebut, karnaval pun dimulai dengan menghadirkan ratusan penyanyi dan penari selama 3 bulan perayaan berlangsung.

Putignano dapat dicapai menggunakan jalur darat sekiar 1 jam perjalaan dari kota Irsina. Anda dapat mengambil jalur SS96 menuju Irsina Altamura, Bari dari hjalan tol utama Italia. Dari Altamura, kemudian masuk ke dalam jalur s171 Santaeramo hingga sampai ke Gioia del Colle. Sesampainya disana,masuklah ke jalan tol A14 Bari dan keluar di Acquaviva menuju Sp125. Dari dana, pengunjung akan dibantu oleh berbagai rambu petunjuk arah menuju kota Putignano. Anda dapat menggunakan bus kota atupun kereta cepat dari kota-kota di sekitar Putignano untuk mengakses tempat ini. Selain the Carnival of Putignano, masih banyak festival rakyat lainnya yang tidak kalah menarik seperti Carnevale d’ IvreaCarnevale d’AcrialeCarnevale d’VeniceCarnevale d’Cento, dan  Carnevale d’Ivrea.

Peta Lokasi View Larger Map

Selama berada di Bari, Anda dapat menginap di beberapa hotel yang kami rekomendasikan seperti B&B Residence Santa Fara, B And B La Rosa Blu, Hotel Terranobile, Hotel Costa, Victor Hotel, Best Western La Baia Palace Hotel, Mercure Hotel Villa Romanazzi Carducci, atau Best Western Executive Business Hotel. Kita juga dapat mengunjungi kota-kota lain yang memiliki banyak destinasi wisata menarik seperti RomaMilanNaplesVenice atau Florence.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 24 Januari 2014

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • festival unik di italia
  • Festival makanan tertua di italia
  • acara carnevale di putignano

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,