OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Siapa yang tidak kenal dengan Julius Caesar? Kaisar paling masyur dari imperium Romawi kuno ini memiliki wilayah kekuasaan yang membentang ke seluruh Eropa hingga Afrika Utara pada masa jayanya.  Nah jika Anda berkunjung ke Roma, ibu kota Italia, maka ada satu tempat selain Colloseum yang wajib Anda kunjungi yaitu Roman Forum. Tempat yang dalam bahasa Italia biasa disebut Fora Romano adalah reruntuhan Kota Romawi kuno yang dahulunya berdiri megah bangunan istana, gedung para senator, kuil-kuil, pasar dan taman cantik. Lalu apa hubungannya dengan Julius Caesar? di dalam salah satu reruntuhan itu terdapat satu kuil bernama Tempio di Giulio Cesare yang di dalamnya berisi makam Julius Caesar.

Tapi tunggu dulu, jenazah Julius Caesar tidak disemayamkan di dalam peti mati melainkan dikremasikan dan abunya disimpan di dalam kuil ini. Jika ingin melihat makam seorang pemimpin militer dan politikus Romawi ini dari dekat, maka Anda dapat menemukannya di tengah puing-puing Roman Forum. Namun jangan bandingkan makam Julius Caesar dengan makam Kaisar China Shi Huang Ti yang besar dan megah dengan patung terakota. Makam Caesar jauh lebih kecil dan sederhana. Makam Kaisar Romawi yang meninggal dunia pada 15 Maret 44 SM akibat ditusuk hingga mati oleh Marcus Junius Brutus dan beberapa senator Romawi tidak tampil dominan di antara reruntuhan bangunan kuno lain. Bangunan tersebut hanya berupa sebuah tembok keliling yang agak hancur. Satu-satunya petunjuk bahwa tempat itu penting adalah atap yang menaunginya. Di bawah atap, tepatnya di belakang sebuah cerukan, disitulah makam sang kaisar bernama lengkap Gaius Julius Caesar berada.

generalforum

Fora Romano adalah sebuah alun-alun yang dikelilingi beberapa reruntuhan bangunan yang digunakan pada masa pemerintahan Romawi kuno silam. Alun-alun ini terletak di tengah kota Roma, dan berada di antara Palatine Hill dan Capitoline Hill. Tidak jauh dari tempat ini, terdapat pula bangunan bersejarah lain yaitu Colosseum Roma yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Sejarah Roman Forum dimulai pada masa kekaisaran Romawi Kuno pada abad ke-7. Cikal bakal berdirinya kompleks bangunan ini berawal dari kisah dua rival yaitu Romulus yang menguasai Palatine Hill, dan Titus Tatius yang menguasai Capitoline Hill. Setelah perseteruan antar keduanya berhenti, Romulus dan Titus memutuskan untuk membentuk sebuah aliansi bersama. Karena lembah dimana Roman Forum sekarang berada terletak di antara kedua bukit kekuasaan masing masing (Palatine Hill dan Capitolin Hill), maka tempat tersebut diputuskan sebagai tempat bertemu dan melakukan gencatan senjata. Dalam perkembangan Roman Forum, fungsi yang awalnya hanya sebagai pasar terbuka kian beralih seiring adanya kegiatan seperti pidato politik, siding, dan juga urusan-urusan kenegaraan lain yang mengambil alih ruang di Roman Forum. Kebutuhan ruang pasar yang semakin meningkat karena pertambahan populasi memicu kemunculan forum-forum lain dengan spesialisasi masing-masing.

roman-forum-rome-italy

Jika ingin berkunjung Roman Forum dari Fiumicio Airport di Roma, Anda dapat menaiki shuttle bus dengan biaya €8 (8 Euro). Jika kita berada di sekitar kota Roma, maka alternatif perjalanan dapat ditempuh menggunakan kereta cepat  bawah tanah (subway) atau yang disebut dengan Metropolitana di Roma oleh masyarakat sekitar. Anda hanya perlu mencari stasiun kereta bawah tanah terdekat dan memilih kereta yang berada di jalur B. Dengan merogoh kocek sekitar €1,5 (1,5 Euro) untuk single trip atau €6 (6 Euro) untuk paket satu hari perjalananan, Anda dengan cepat akan diantar hingga stasiun terdekat, yaitu Stasiun Colosseo. Kami menyarankan Anda untuk membeli tiket terusan selama satu hari karena tiket subway tersebut juga berlaku untuk metro, bus dan trem secara bersamaan. Jadi, satu tiket yang dibeli dapat digunakan juga untuk menaiki moda transportasi lain tanpa harus membayar tiket lagi. Dari stasiun tersebut, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 menuju pusat kota Roma.

Untuk masuk dan menikmati komplek reruntuhan bangunan ini, anda harus membayar tiket yang juga dapat digunakan untuk memasuki Colosseum dan Palatine Hill dengan harga €15,5 (15,5 Euro). Selama berada di Kota Roma, Anda dapat menginap di beberapa hotel yang kami rekomendasikan seperti Hotel Manfredi, Sheraton Roma Hotel & Conference Centre, Palladium Palace Hotel, Best Western Artdeco Hotel, Merulana Star Hotel, Hotel Aquarium, Panama Garden Hotel, dan Espana Hotel. Hotel-hotel tersebut memiliki letak yang strategis dengan pelayanan yang dijamin akan memuaskan Anda para traveler. Jangan lewatkan pula kesempatan untuk mengunjungi lokasi wisata lain di sekitar Kota Roma seperti Piazza NovanaTrevi Fountaindan Museum Vatikan.

Peta Lokasi Lihat Peta Lebih Besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 26 September 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • forum romawi
  • bangunan roman forum di roma
  • Sejarah rome
  • sejarah bangsa italia
  • forum sejarah dunia
  • apa fungsi bangunan forum caesar
  • wisata roman
  • Roman Forum
  • sejarah bangunan forum
  • sejarah bangsa romawi

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,