Mimmo Cuticchio puppets

Wayang ternyata bukan hanya kesenian tradisional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Di Italia, terdapat kesenian tradisional opera de pupi yang menggunakan boneka menyerupai wayang golek dari Indonesia. Pertunjukan yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai puppet theater tersebut berasal dari di wilayah Sisilia dan dikenalkan pertama kali oleh keluarga Vaccaro-Mauceri. Terlahir sekitar abad ke 19, opera de pupi awalnya hanya mengadaptasi karakter ksatria Charlemagne dan cerita pembebasan Yerusalem oleh Tasso dan Ariosto The Frenzy dari Orlando. Seiring perkembangan zaman, karakter dan cerita yang ditampilkan semakin beragam. Mulai dari kritik terhadap kinerja pemerintahan, hingga dongeng yang digemari anak-anak kini dapat kita temukan pada pertunjukan opera de pupi.

Opera Dei Pupi Puppet Theatre Palermo Sicily Italy Europe EU

Secara teknis, opera de pupi memiliki jenis tampilan yang menyerupai wayang potehi dari Tionghoa. Keduanya ditampilkan dalam sebuah panggung mini berbentuk mimbar dan dilakukan oleh seorang dalang (pupari) yang bersembunyi di bawahnya. Pupari bercerita menggunakan boneka-boneka kecil yang digerakan dengan tangan dan mengganti-ganti suaranya sesuai dengan karakter yang sedang diperankan. Sayangnya di tengah kemajuan teknologi dan sinematografi saat ini, minat masyarakat terhadap pertunjukan ini semakin menurun. Satu-satunya teater boneka yang masih menggelar pertunjukan opera de pupi secara regular adalah Puppet Theater and Lab milik keluarga Vaccaro-Mauceri di Syracuse, Sisislia Timur. Tempat yang telah  berdiri sejak awal abad ke 19 ini, dikelola oleh perkumpulan pupari yang ada di Sisilia. Mereka bahkan masih tetap membuat boneka wayang (pupi) secara konvensional dari kayu dan logam yang dicat. Pakaian untuk boneka juga dibuat secara manual menggunakan jahit tangan. Maka dari itu, waktu pembuatan satu pupi dapat memakan waktu hinga satu bulan.

Pupi

Jika ingin mengetahui sejarah perkembangan wayang tradisional Italia ini, maka Anda dapat mengunjungi Museum Wayang Arethusian Syracuse. Museum ini terletak di dekat Palazzo Midiri Cardona, di dalam kawasan Piazza San Giuseppe Ortigia. Tempat ini juga didirikan oleh keluarga Vaccaro-Mauceri dari Syracuse. Di dalamnya, pengunjung dapat melihat berbagai koleksi meliputi alat peraga, boneka, sketsa, poster, hingga alat dan cara pembuatan pupi. Museum Wayang Arethusian dan  Puppet Theater memiliki letak yang cukup berdekatan. Puppet Theater yang dikenal masyarakat setempat sebagai Piccolo Teatro Dei Pupi ini terletak di Via della Giudecca 17 dan 19. Anda hanya perlu menjangkaunya dengan berjalan kaki dari stasiun atau terminal bus di pusat kota Syracuse. Informasi mengenai pertunjukan dan harga tiket dapat diminta melalui telepon  atau  fax di (+39) 0931 465540, atau melalui website http://www.pupari.com/. Harga tiket berubah ubah tergantung pertunjukan yang dipentaskan.

Pada bulan Maret hingga Juli, teater dibuka setiap hari pada pukul 09.30 untuk hari biasa. Sementara untuk hari libur, pertunjukan dimulai pukul 18.30. Pada bulan Agustus, pertujukan diadakan dua kali setiap harinya pada pukul 18.30 dan 21.30. Jika ingin menonton opera de pupi di bulan September hingga Januari, maka pertunjukan hanya digelar sekali pada pukul 18.30 setiap harinya. Sementara pada bulan Februari, teater tidak menggelar pertunjukan karena diliburkan.

Peta Lokasi View Larger Map

Selama berada di Italia, Anda dapat menginap di beberapa hotel yang kami rekomendasikan seperti Hotel Manfredi, Sheraton Roma Hotel & Conference Centre, Palladium Palace Hotel, Best Western Artdeco Hotel, Merulana Star Hotel, Hotel Aquarium, Panama Garden Hotel, dan Espana Hotel. Kita juga dapat mengunjungi kota-kota besar Italia yang memiliki banyak destinasi wisata menarik seperti RomaMilanNaplesVenice atau Florence.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 23 Januari 2014

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • teater tradisional italia
  • opera tradisisional italia
  • transportasi tradisional di italia
  • boneka teater italia
  • festival khad rakyat sisilia
  • panggung puppet show unik
  • opra dei pupi mengenal
  • poster tentang puppet show dalam bahasa Inggris
  • sayi pupi
  • seni yg merangkai janur abad 19 dimiliki olehbangsa

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,