6699111-view-of-pompeii-ruins-italy-pompei-is-a-ruined-roman-city-near-modern-naples-in-the-italian-region-o

Kota Naples ternyata tak hanya menarik karena sepak bola atau pizzanya saja. Bagi Anda penggemar arkeologi, kota di bagian selatan Italia ini memiliki reruntuhan kota Pompeii yang sempat terkubur selama 1700 tahun akibat letusan gunung Vesuvius. Penggalian yang dilakukan oleh para tim arkeolog telah menemukan banyak hal menarik di kota yang menjadi saksi bisu kehidupan zaman Romawi Kuno ini.

Reruntuhan kota Pompeii berada di sebelah tenggara kota Napoli, Italia. Bersama beberapa kota lainnya yang berada di kaki Gunung Vesuvius, Pompeii merupakan daerah yang dekat dengan pantai. Tak banyak yang mengetahui tentang keberadaan Kota Pompeii ini sebelumnya. Sebab, Pompeii merupakan kota Romawi Kuno yang hancur akibat letusan Gunung Vesuvius pada tanggal 24 Agustus tahun 79 Sebelum Masehi (SM).

pompeii_temple_of_jupiter

Menurut catatan sejarah, kota Pompeii dibangun pada abad ke 6 SM oleh penduduk Romawi Kuno di Italia Tengah, yaitu Suku Osciatau Oscan. Pada masa itu, Pompeii dijadikan sebagai pelabuhan oleh pelaut asal Yunani dan Venezia. Lahan pertanian yang subur menjadikan kehidupan perekonomian di Pompeii saat itu menjadi sangat makmur. Karenanya, tak heran jika banyak kelompok yang ingin menjajah dan menguasai Pompeii untuk dijadikan koloni.

Pompeii merupakan kota yang memiliki potensi gempa cukup tinggi. Penduduknya pun sudah terbiasa dengan gempa di Pompeii. Namun, pada 5 Februari 62 M, sebuah gempa tektoknik hebat terjadi di sana. Kota Pompeii pun hancur. Setelah peristiwa itu, Pompeii dibangun kembali. Uniknya, Pompeii langsung mengalami perkembangan di bidang seni-bangunan. Pada Agustus 79 M, Pompeii kembali dilanda bencana. Kali ini bukan gempa, melainkan kekeringan dahsyat yang disusul dengan sejumlah getaran ringan yang mulai terjadi pada 20. Gempa itu mengalami peningkatan aktivitas pada empat hari berikutnya. Gunung Vesuvius pun meletus pada 24 Agustus 79 M. Dan Pompei, sebagai kota yang terdekat dengan Vesuvius, menjadi puing dan terkubur lautan lahar dari Gunung Vesuvius.

pompeii-and-herculaneum-day-trip-from-naples-in-naples-129737

Kota Pompeii ditemukan kembali pada tahun 1599 M oleh seorang arsitek bernama Fontana, yang menggali sebuah jalan baru untuk Sungai Sarno. Sejak ditemukan, Pompeii mengalami proses penggalian kembali dari lapisan debu tebal, sehingga baru berdiri kembali pada tahun 1748 M.

Kini, Pompeii menjadi salah satu kota bersejarah di Campania, Italia. Kota itu inspirasi dan latar belakang beberapa hasil karya seni. Sebut saja, novel The Last Day of Pompeii, film serial televisi Inggris berjudul Up Pompeii, novel Robert Harris mengenai Aquarius, dan lukisan The Last Day of Pompeii oleh Carlo Brullo. Pompeii juga pernah dijadikan sebagai tempat pertunjukkan opera dan musik, seperti yang dilaksanakan pada Oktober 1971 oleh band Nova Mob dan Pink Floyd.

Anda dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta api dari Sorrento atau Naples ke stasiun Pompeii SCAVI-Villa dei Misteri yang memakan waktu sekitar 30-40 menit. Harga tiket kereta untuk paket perjalanan 24 Jam adalah sebesar €6.30 (6.30 Euro) yang bisa dibeli di konter Circumversuvian Stasiun Napoli Centrale. Dari stasiun Pompeii SCAVI-Villa dei Misteri, Anda hanya perlu berjalan sekitar 50 meter menuju Porta Marina yang merupakan pintu masuk reruntuhan Pompeii. Atau jika ingin berkeliling, Anda dapat menyewa mobil van seharga €3. Tersedia juga jasa tur dengan menggunakan mobil ke gunung Vesuvius. Harga tiket masuk ke reruntuhan kota Pompeii adalah sebesar €11. Kita juga bisa menyewa seorang pemandu untuk menelusuri reruntuhan kota dengan harga yang relatif tinggi yaitu sekitar €15. Alternatif lain adalah menyewa audio guide serupa telepon genggam dengan harga €6.5.

Selama berada di Kota Naples, kita dapat menginap di hotel-hotel yang kami rekomendasikan seperti Grand Santa Lucia Hotel, Cavour Hotel, Domitiana Hotel, Ramada Naples Hotel, Renaissance Mediterraneo Hotel, Del Real Orto Botanico Hotel, atau Royal Continental Hotel. Napoli juga memiliki beberapa tempat menarik lain seperti Museo e Gallerie Nazionali di Capodimonte, Duca di Martina Decorative Arts Museum, dan National Archaeological Museum of Naples yang sayang untuk Anda lewatkan.

Peta Lokasi View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 24 Oktober 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • kota pompeii tempat menarik
  • kota pompeii yang hilang
  • kota pompeii
  • sejarah suku pompey
  • suku pompey
  • suku pompeii
  • cerita suku pompey
  • sejarah Pompeii
  • suku pompei
  • pompeii tempat menarik

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,