Italy-Gelato-1

Bagi para penggemar ice cream, tentu sudah tidak asing lagi dengan gelato. Ya, kudapan khas Italia yang dibuat dengan susu, krim, gula, dan dicampur olahan berbagai jenis buah segar  ini memang sangat mirip dengan ice cream. Hanya saja gelato memiliki tekstur yang lebih lembut bila dibandingkan dengan ice cream biasa. Berasal dari kata Latin gelātus yang berarti beku, gelato kini menjelma menjadi salah satu panganan yang digemari orang di seluruh dunia.

1Italian-Gelato_250x250

Tahukah Anda, gelato Italia memiliki standar khusus dalam proses pembuatannya agar cita rasanya tetap terjaga. Menurut peraturan, gelato di Italia harus memiliki setidaknya 3,5 % lemak susu dengan kandungan gula yang diimbangi kadar air tertentu untuk mencegah pembekuan gelato. Gelato Italia memang sangat lembut dan tidak beku. Berbagai bahan lainnya seperti campuran jenis gula, kuning telur, dan kacang-kacangan juga memiliki standar khusus agar tercipta cita rasa gelato khas Italia yang berbeda dengan gelato di negara-negara lain di dunia.

gelato03

Gelato awalnya dikenal sebagai makanan penutup yang biasa dinikmati oleh kaum bangsawan di Sisilia, Romawi dan Mesir yang terbuat dari campuran es. Kemudian, makanan penutup ini muncul sebagai menu favorit dalam jamuan makan di Istana Medici di Florence. Seorang koki asal Florence bernama Bernardo Buontalenti, disebut-sebut telah menemukan es krim dengan teknik pendinginan inovatif dan modern untuk permaisuri Catherine de’ Medici di tahun 1565. Sejak saat itu, gelato terus dikembangkan aneka rasa dan bahan campuran dalam proses pembuatannya hingga diekspor ke luar Italia. Saat ini, setidaknya terdapat lebih dari 5.000 gelaterie atau restoran gelato di seluruh Italia, serta 15.000 gelatai atau toko gelato di seluruh dunia.

Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah merasakan kelezatan gelato di gelatai-gelatai yang ada di Indoesia. Namun tentu saja jika kita sedang berada di Italia khususnya di kota Florence, kesempatan menikmati cita rasa gelato khas Florence sangat disayangkan jika dilewatkan.

foto_6

Di Florence, Anda bisa membeli panganan ini di seluruh penjuru kota. Mulai dari gelato yang dijajakan oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan seharga €1,5 – €4, hingga gelato yang disajikan mewah di restoran-restoran kota Florence dengan harga €4 – €8 . Salah satu restoran di Florence yang terkenal dengan kelezatan gelatonya adalah Ristorante Pizzeria I Ghibellini yang berada di Piazza San Pier Maggiore. Restoran Italia ini juga menyajikan berbagai masakan lezat seperti pizza dan steak dengan harga yang cukup terjangkau. Tak heran jika banyak turis mancanegara dan penduduk setempat yang memilih restoran ini sebagai tempat favorit mereka.

Jika ingin berkeliling kota Florence, kita dapat naik bus lokal (ATAF) berwarna oranye, ungu dan putih sesuai dengan nomor perjalanannya. Tiket untuk layanan bus lokal dapat dibeli di semua loket yang telah disediakan seharga €1,2 (€2 jika membeli tiket di atas bus) untuk sekali perjalanan, atau tiket seharga €4,90 yang bisa digunakan untuk 4 kali perjalanan. Kami menyarankan Anda untuk berjalan kaki agar dapat menikmati suasana kota dengan luas wilayah 102,41 km2 ini.

 Selama berada di Kota Florence, kita dapat menginap di hotel-hotel yang kami rekomendasikan seperti Andrea Hotel, Privilege Hotel, Strozzi Palace Hotel, Albergo Duilio, B And H Hotels Diplomat, Ester Hotel, Quadra Key Residence, Florence Old Bridge B And B, Hotel Regency The Leadings of the World. Sebagai kota yang mengandalkan pariwisata sebagai sektor utamanya, Florence juga memiliki tempat menarik yang bisa Anda kunjungi seperti Museo Nazionale del BargelloPalazzo PittiPalazzo Vecchio dan masih banyak lainnya.

Peta Lokasi View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 15 Oktober 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • gelato
  • sejarah gelato
  • sejarah ice cream gelato
  • gelato italia
  • asal gelato
  • gellato khas surabaya
  • gambar geLato
  • ice cream eropa
  • es krim gelato
  • ice cream ala eropa

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,