Temple Church London tripadvisor

Temple Church London tripadvisor

Ada gereja unik di kota London yang barangkali sering terlewatkan dari mata para wisatawan, meskipun tak asing bagi Anda yang menyukai misteri di kisah Da Vinci Code karya Dan Brown. Berjudul Temple Church, gereja ini adalah sebuah pusat perkumpulan the Knights Templar, brotherhood yang muncul pada abad pertengahan. Knights Templar, bernama resmi The Poor Fellow-Sodiers of Christ and of the Temple of Solomon, adalah sebuah ordo militer yang didukung oleh Gereja Katolik Roma pada saat pembentukannya sekitar tahun 1129.

Anggota Knights Templar berasal dari berbagai profesi seperti pedagang, ilmuwan, dan para bangsawan serta ksatria. Anggota yang bisa berperang dikenal memiliki kemampuan tempur yang cukup lihai, sedangkan anggota yang tidak berperang (non-combatant member) bertugas untuk menangani keuangan dan administrasi Orde. Dari sinilah manajemen dan akuntansi mulai berkembang, menjadi permulaan ilmu perbankan.

Temple Church London panoramio

Temple Church London panoramio

Temple Church yang baru ini diresmikan dan disucikan oleh Heraklius dari Yerusalem pada tanggal 10 Februari 1185. Begitu besar pengaruh Ordo Knights Templar di Inggris Raya waktu itu sampai-sampai Raja Henry II datang pada ibadah pemberkatannya.

Temple Church sebenarnya dibangun untuk mengingatkan Ordo Knights Templar pada Kuil Raja Sulaiman, Church of the Holy Sepulchre, sebuah bangunan berkubah dan berbentuk lingkaran yang didirikan di atas makam Yesus Kristus. Di Round Church inilah anggota Knights Templar berkumpul untuk beribadah.

Raja Henry III mengungkapkan wasiat bahwa setelah meninggal ia ingin dimakamkan di Temple Church, sehingga sebagian altar Round Church dirobohkan dan sebuah bangunan memanjang didirikan “menempel” padanya dan disebut Chancel.

Temple Church London upload.wikimedia

Temple Church London upload.wikimedia

Ruang tambahan di gereja ini disucikan pada tahun 1240, terdiri dari sebuah lorong utama dengan dua lorong tambahan dengan lebar lebih kecil. Tinggi langit-langitnya sekitar 12 meter. Meskipun dibangun atas permintaannya sendiri, namun ketika ia meninggal rupanya surat wasiat tersebut sudah digantinya. Alih-alih dimakamkan di Chancel Temple Church, Sang Raja ingin dimakamkan di gereja Westminster Abbey saja.

Di lantai Round Church dapat dilihat relief berbentuk siluet manusia, seperti yang ada di atas makam batu raja-raja Eropa. Seringkali orang mengira ini adalah makam, namun sebenarnya relief ini adalah sebuah effigy atau pahatan menyerupai manusia yang dibuat untuk mengenang seseorang atau suatu momen tertentu. Effigy tertua adalah figur Sir Roger de Ros yang dibuat pada tahun 1227.

Temple Church dibuka untuk kunjungan umum setiap hari Senin-Rabu dan Jumat pukul 11.00 – 13.00 dan pukul 14.00 – 16.00. Jika Anda ingin mengikuti ibadah, datanglah pada ibadah harian siang pukul 13.15 – 13.45 atau ibadah Minggu pada pukul 08.30 dan 11.15. Biaya masuknya adalah sebesar ₤4.00 untuk dewasa dan gratis untuk remaja di bawah 18 tahun sedangkan bagi Anda yang datang untuk beribadah tidak dipungut biaya.

Menemukan Temple Church bisa jadi cukup sulit, karena lokasinya yang tersembunyi dan tertutup banyak gedung. Dari jalan besar Anda harus melewati lorong-lorong sempit di antara rumah-rumah yang seperti tak berpenghuni. Jangan khawatir, peta yang ada di website gereja adalah panduan yang paling tepat agar Anda dapat menemukan gereja ini dengan cukup mudah.

Dari Fleet Street, gerbang masuk gereja yang terletak di seberang Chancery Lane berupa sebuah pintu kayu besar bergaya Gothic dengan gagang dan kunci dari besi.  Masuklah melalui gerbang ini, maka Anda akan sampai ke bagian belakang gereja. Gerbang ini tidak memiliki tanda apapun yang menjadikannya cukup terlihat sebagai pintu masuk ke Temple Church. Masuklah ke area gereja melalui pagar besi yang berada di “bawah” jalan. Setelah melewati pagar ini Anda mungkin akan menemukan pintu masuk ke gereja tertutup dan terkunci. Biasanya para turis menemukan pintu yang terkunci ini lalu menyerah dan pulang.

Temple Church London media-cdn.tripadvisor

Temple Church London media-cdn.tripadvisor

Putarilah gereja melalui jalan di sebelah kiri sampai Anda tiba di sebuah halaman yang luas. Pintu gerbang gereja bagian depan berada sekitar 20 meter di hadapan Anda, lagi-lagi tak bertanda. Setelah melewati pintu masuk ini, berjalanlah ke sebelah kiri. Di sinilah bagian Temple Church dari abad pertengahan masih berdiri megah dan indah.

Transportasi: Stasiun underground: Temple dan Blackfriars (Circle dan District Lines)
Bus: 14, 15, 23, 25, 78, 341

Pengunjung bisa melihat legenda vampire di pemakaman highgate London, berbelanja topi di bernstock speirs London,  dan berburu oleh-oleh murah di-queensway London. Jika Anda ingin menginap, ada beberapa hotel di kawasan ini, Anda bisa menginap di Barry House Hotel, Best Western Cromwell Hotel, atau Kensington Court Earls Court Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 17 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • Gereja Temple London
  • gereja yang ada di kota london
  • gereja temple di london
  • gereja kuil london
  • gedung templar london
  • Gedung templar di london
  • temple unik
  • tripadvisor wisata sekitar kota london
  • sejarah temple church di kota lndon
  • Sejarah Gereja Temple Church

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , ,