Royal Edinburgh Military Tattoo teresaperez

Royal Edinburgh Military Tattoo teresaperez

Setiap tahunnya, area terbuka Castle Esplanade yang terletak di depan Edinburgh Castle akan menjadi sebuah panggung megah bagi pertunjukan Royal Edinburgh Military Tattoo. Acara tersebut adalah sebuah military tattoo atau pertunjukan parade musik dari militer Britania, negara perserikatannya atau bahkan dari angkatan perang mancanegara.

Tidak hanya musik, pertunjukan ini juga diselingi dengan penampilan tarian dan berbagai formasi barisan militer. Royal Edinburgh Military Tattoo adalah bagian dari acara tahunan Edinburgh Festival yang diadakan pada bulan Agustus. Selain Edinburgh Festival Fringe, pertunjukan ini merupakan festival di Edinburgh yang paling besar dan paling terkenal di seluruh dunia.

Istilah “tattoo” yang dipergunakan dalam “military tattoo” sudah mulai dipergunakan sejak awal abad 17. Saat itu terjadi perang Thirty Years’ War di daerah Flanders (kini daerah Belgia). Tentara sekutu yang terdiri dari tentara Inggris, Jerman, Swiss, Skotlandia dan Belanda mendirikan barak-barak disana.

Royal Edinburgh Military Tattoo edintattoouk

Royal Edinburgh Military Tattoo edintattoouk

Para tentara militer tersebut pada malam hari akan pergi ke kota untuk bersenang-senang, makan atau minum bir. Tepat pada pukul 21.30, mereka akan diinformasikan bahwa tidak lama lagi mereka harus kembali ke barak mereka untuk beristirahat. Tentara yang bertugas memanggil kembali para tentara itu biasanya juga berperan sebagai pemain drum di korps musik militer.

Pada momen tersebutlah muncul istilah “doe den tap toe” dari bahasa Belanda yang artinya instruksi untuk kepada pengelola bar untuk berhenti melayani para tentara. Kata “tattoo” sendiri berasal dari “tap toe” yang berarti “last order” atau pesanan terakhir. Pemain drum tersebut kemudian akan bermain musik sampai pukul 22.00, baru kemudian kembali ke barak.

Dengan semakin modernnya barak-barak untuk para tentara dan semakin lengkapnya anggota pemain instrumen di korps musik, maka hal tersebut juga menjadi semakin berkembang. Adalah tentara Inggris yang pertama kali mengadopsi kebiasaan tattoo tersebut. Pertunjukan tattoo dari korps musik militer kemudian tidak hanya menjadi penunjuk waktu pemesanan bir terakhir, namun juga menjadi acara seremonial sebagai wujud hiburan bagi para anggota militer.

Pertunjukan tattoo di kota Edinburgh dimulai pertama kali pada tahun 1949. Namun saat itu pertunjukan tersebut digelar di panggung Ross Bandstand yang berada di area Princes Street Garden. Pertunjukan yang diberi judul “Something About a Soldier” tersebut ternyata mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

Maka kemudian muncul ide untuk mengadakan acara pertunjukan ke tempat yang lebih megah. Pada tahun berikutnya atau pada tahun 1950, Edinburgh Military Tattoo dimulai secara resmi untuk pertama kali dengan bertempat di Castle Esplanade, sebuah area terbuka dengan latar belakang Edinburgh Castle yang megah.

Royal Edinburgh Military Tattoo edintattoo

Royal Edinburgh Military Tattoo edintattoo

Penambahan gelar “Royal” pada pertunjukan ini baru dilakukan pada tahun 2010 setelah Queen Elizabeth menganugerahkan gelar tersebut untuk merayakan ulang tahun ke 60 pertunjukan ini, dan sejak itu pertunjukan ini dikenal dengan nama Royal Edinburgh Military Tattoo.

Pertunjukan tattoo ini digelar selama kurang lebih 3 minggu di bulan Agustus berupa 1 kali pertunjukan pada malam hari kerja dan 2 kali pertunjukan pada hari Sabtu. Selama sejarahnya, pertunjukan ini tidak pernah sekalipun dibatalkan. Bahkan dalam cuaca buruk ataupun hujan sekalipun acara ini tetap akan tetap dilangsungkan.

Pertunjukan dari Royal Edinburgh Millitary Tattoo ini tidak hanya menampilkan korps musik dari pasukan militer Skotlandia atau Inggris saja, melainkan dari berbagai pasukan militer seluruh dunia. Militer dari luar United Kingdom yang pertama kali tampil di pertunjukan Tattoo ini adalah korps musik tentara Belanda dari kesatuan Royal Netherlands Grenadiers pada tahun 1952.

Tahun 2005 merupakan saat dimana pertunjukan ini menampilkan jumlah korps musik terbanyak yang mencapai 13 buah band, termasuk diantaranya adalah 6 korps dari tentara militer Skotlandia, yaitu dari kesatuan Royal Scots, Royal Highland Fusiliers, King’s Own Scottish Borderers, Black Watch, The Highlanders dan Argyll and Sutherland Highlanders. Penampilan dari korps musik mancanegara akan memberikan warna yang berbeda baik itu dari musik yang ditampilkan maupun dari seragam militer dan formasi yang ditampilkan.

Kini Royal Edinburgh Military Tattoo menjadi salah satu acara yang paling megah dan paling dinantikan diantara festival lain di Edinburgh. Tidak hanya pertunjukan dari korps musik militer, Royal Edinburgh Military Tattoo juga didukung oleh pertunjukan tarian dari mancanegara dan ditambah dengan efek cahaya, kembang api atau bahkan dentuman meriam untuk membuat pertunjukan ini menjadi semakin megah. Mengunjungi Edinburgh akan menjadi lebih lengkap dengan menyaksikan pertunjukan megah dari Royal Edinburgh Military Tattoo.

Tiket masuk bervariasi dengan harga diantara £24, £26, £34, £37, £48 dan £58 sesuai posisi tempat duduk. Waktu Pertunjukan: Senin – Jumat : 21.00, Sabtu : 19.30 dan 22.30. Pertunjukan dilakukan pada 3 minggu pertama bulan Agustus.  Transportasi Umum: Stasiun kereta terdekat : Waverley Station. Bus : rute 24

Pengunjung bisa melihat legenda vampire di pemakaman highgate London, berbelanja topi di bernstock speirs London,  dan berburu oleh-oleh murah di-queensway London. Jika Anda ingin menginap, ada beberapa hotel di kawasan ini, Anda bisa menginap di Barry House Hotel, Best Western Cromwell Hotel, atau Kensington Court Earls Court Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • kegiatan asean military tattoo
  • Saatchi Gallery
  • sejarah Royal army band jogja
  • seragam tentara skodlandia
  • seragam tentara skotlandia

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,