Neasden Temple London wikimedia

Neasden Temple London wikimedia

Tidak semua turis yang berkunjung ke London mengetahui adanya harta terpendam di barat laut kota London yang ramai. Berlokasi tak jauh dari Wembley Stadion dan Wembley Park, sebuah kuil Hindu berdiri megah bak permata di atas bukit.

Bernama lengkap BAPS (Bochasanwasi Shri Akshar Purushottam Swaminarayan Sanstha, nama organisasi yang mendirikannya) Shri Swaminarayan Mandir, kuil ini lebih dikenal dengan sebutan Neasden Temple karena terletak di daerah Neasden, area London Borough of Brent.

Komunitas Hindu India di Inggris mulai meluas sejak banyak orang-orang India beremigrasi ke London pada awal abad ke-20. Mereka biasanya mengadakan ibadah di salah satu rumah anggota komunitas atau di aula yang disewa dengan dana patungan. Pada tahun 1970 Swami Maharaj, pemimpin komunitas tersebut merindukan adanya rumah ibadah yang lebih layak dan dapat menampung lebih banyak orang.

Neasden Temple London telegraphcouk

Neasden Temple London telegraphcouk

Jawaban atas doanya terkabul ketika mereka mengetahui bahwa gedung gereja St. John Baptist di Islington, London Timur dijual dengan harga ₤12,000. Mereka menggalang dana, namun sayang sekali yang terkumpul hanya ₤9,500 saja. Seorang anggota komunitas, Jayanthibai of Changa mendapat penglihatan bahwa tak lama lagi mereka akan mendapatkan gedung tersebut dengan harga sejumlah uang yang mereka punya. Benar juga, tak lama berselang pihak gereja mengajukan penawaran ulang pada Swamiji bahwa mereka boleh mendapatkan gedung gereja tersebut dengan harga ₤9,500 saja. Demikianlah sebuah mandir (rumah doa) dibangun di atasnya, di jalan 77 Elmore Street, London.

Pada tanggal 7 Juli 1991, peletakan batu pertama untuk sebuah shikkarbadh mandir (rumah doa tradisional Hindu India) dilakukan dan sejarah menyaksikan pembangunan sebuah kuil Hindu yang megah, yang pertama di Eropa.

Neasden Temple dibangun dari 26,300 batu yang masing-masing diukir secara unik, langsung dari India. Pada tahun 1992 sebanyak 2,828 ton batu kapur dari Bulgaria dan tak kurang dari 2,000 batu marmer Carrara Italia dikirim ke India, di mana setiap permukaan batu-batu itu dipahat dengan sempurna oleh 1,526 tukang pahat, menggambarkan pribadi dan kehidupan para dewa Hindu.

Neasden Temple London telegraph

Neasden Temple London telegraph

Satu demi satu dari batu-batu tersebut dinomori dan dikirim kembali ke London untuk disusun seperti puzzle tiga dimensi. Mandir yang didanai sepenuhnya oleh komunitas Hindu di Inggris ini mulai dibangun pada bulan Agustus 1992.

Neasden Temple terdiri dari tiga bagian: kuil Hindu tradisional (mandir), tempat utama di komplek ini, museum bertajuk “Understanding Hinduism” dan yang terakhir adalah cultural centre bernama resmi BAPS Shri Swaminarayan Haveli yang berisi ruang pertemuan, pusat kebugaran, toko buku dan perkantoran.

Jam buka Neasden Temple adalah pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 18.30 petang, tanpa dipungut biaya. Anda hanya harus membayar tiket masuk sebesar ₤2.00 jika ingin mengakses area museum.

Yang menarik di Neasden Temple ini adalah ritual harian yang mereka lakukan, sebagai perwujudan persembahan pada dewa-dewi Hindu. Ritual ini dilakukan pada pukul 11.45 dan 16.00 (15.30 pada akhir pekan). Anda disarankan untuk datang pada pagi hari karena mandir Neasden Temple ditutup pada pukul 12.15 – 16.00 pada hari kerja atau 12.15 – 15.30 pada akhir pekan.

Neasden Temple umlondon

Neasden Temple umlondon

Akses ke Neasden Temple tidaklah sulit, cukup banyak kendaraan umum yang dapat membantu Anda mencapai tempat ini: Ambil Bakerloo line ke Stonebridge Park Station. Dari sini Anda bisa berjalan kaki sejauh kira-kira 800 meter menyusuri Conduit Way ke Neasden Temple. Atau, dari stasiun ini Anda dapat naik Bus 112 dari Stop B ke arah Brent Cross Shopping Centre (estimasi perjalanan: 5 menit) dan turun di Woodheyes Road. Dari halte ini Anda pindah ke Bus 206 dari Stop G ke arah Kilburn Park Station dan turun di Brentfield Road (estimasi perjalanan: 4 menit) tepat di luar Neasden Temple.

Mandir di Neasden Temple boleh dikunjungi oleh semua orang, tak terbatas pada pemeluk agama Hindu saja. Namun demikian, sebagai tempat ibadah Anda diminta untuk memakai pakaian yang sopan di tempat ini dan melepas alas kaki saat memasuki area mandir. Rok atau celana di atas lutut tidak diperkenankan, demikian juga dengan pakaian transparan dan atasan tak berlengan. Jika kebetulan Anda menggunakan pakaian yang masuk dalam kategori ini, silakan meminjam sarung di kantor sekuriti di pintu masuk. Kamera juga tak diperbolehkan di area bangunan Neasden Temple.

Neasden Temple London witnesstheguardian

Neasden Temple London witnesstheguardian

Pengunjung bisa melihat legenda vampire di pemakaman highgate London, berbelanja topi di bernstock speirs London,  dan berburu oleh-oleh murah di-queensway London. Jika Anda ingin menginap, ada beberapa hotel di kawasan ini, Anda bisa menginap di Barry House Hotel, Best Western Cromwell Hotel, atau Kensington Court Earls Court Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • hindu di inggris
  • hindu di eropa
  • pura hindu di belanda
  • hindu eropa
  • pura di belanda
  • hindu di belanda
  • pura hindu di Inggris
  • agama hindu di eropa
  • the neasdon temple
  • pura di inggris

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , ,