Setelah Anda melihat Stonehenge, Anda bisa mengunjungi Old Sarum. Letak Old Sarum tidak jauh dari Stonehenge, yakni pada bukit yang terletak sekitar 3 km sebelah utara kota Salisbury, sejalan dengan situs Stonehenge yang jaraknya sekitar 10 km lebih jauh. Kisah tentang Old Sarum sangat menarik seperti berikut ini:

Sejarah Old Sarum

old sarum wordpress

old sarum wordpress

Old Sarum merupakan jejak peninggalan bangsa Romawi, Normandia dan Saxon. Old Sarum yang berasal dari bahasa Latin, Sorviodunum, merupakan tempat permukiman awal nenek moyang masyarakat Salisbury sejak Tahun 3000 SM.  Old Sarum awalnya adalah sebuah benteng dari jaman besi yang mempunyai posisi strategis di antara 2 rute perdagangan dan Sungai Avon. Benteng yang berupa bukit ini berbentuk oval dengan panjang 400 meter dan lebar 360 meter, terdiri atas tanggul ganda dan parit di antaranya, dengan pintu masuk di sisi timur.

Tempat ini dulunya oleh orang Romawi disebut kota Sorviodunum. Selama pendudukan Romawi di Inggris antara Tahun 43 dan 410, tempat ini menjadi stasiun militer, sedangkan orang-orang Saxon menggunakan tempat ini sebagai benteng melawan perampok Viking. Sekitar tahun 1069, orang-orang Normandia membangun dinding batu dan sebuah kastil yang ditempatkan sebagai pusatnya, dan dilindungi oleh parit kering yang dalam. Tempat ini pun berganti nama menjadi Sarisburia, yang menjadi asal-usul nama Sarum dan Salisbury. Sebuah istana kerajaan dibangun dalam kastil untuk Raja Henry I. Sebuah katedral dan kediaman uskup dibangun di ujung barat kota antara tahun 1075 dan 1092. Namun, pada tahun 1219 katedral dihancurkan dan dibangun yang baru di dekat sungai yang menyebabkan penduduk kota pun pindah ke kota baru, yang kemudian disebut New Salisbury atau New Sarum. Akhirnya, pada abad ke-19, permukiman Old Sarum ini secara resmi tidak berpenghuni, dan kehidupan pun berpindah ke Salisbury sampai sekarang.

Tips mengunjungi Old Sarum

old-sarum wordpress

old-sarum wordpress

Hal yang perlu diingat adalah di lokasi ini yaitu tidak terdapat rumah makan yang menyediakan makanan berat yang dapat mengenyangkan perut. Hanya ada kedai minuman di Stonehenge. Sedangkan tidak ada rumah makan di Old Sarum. Jadi tips untuk mengunjungi Old Sarum maupun Stonehenge adalah Anda harus membawa bekal makanan dari hotel atau penginapan. Bawalah bekal seperti kentang rebus, roti dan minuman. Makanan tersebut tidak berat untuk dibawa dan bisa menjadi pengganjal perut Anda. Setelah mengunjungi Old Sarum dan Stonehenge, Anda bisa menuju ke Salisbury untuk menikmati wisata kuliner, cukup banyak restoran di Salisbury. Dengan mengeluarkan uang antara 5-10 pounds, sudah cukup membuat perut kenyang. Makanan yang khas dari Salisbury adalah daging yang dimasak ala Spanyol.

Transportasi menuju Salisbury

old sarum transportation londontoolkit

old sarum transportation londontoolkit

Salisbury adalah kota terdekat dari Stonehenge dan Old Sarum. Anda bisa berangkat dari stasiun Bristol Temple Meads dengan kereta api menuju stasiun Salisbury, pukul 10 waktu setempat. Perjalanan dengan kereta api ini membutuhkan waktu  sekitar 1 jam 15 menit. Sebenarnya harga tiket kereta api ini 19,40 pounds, tetapi dengan membeli paket untuk lebih dari dua orang harganya bisa lebih murah, sekitar 17 pounds per orang.

Jika naik kereta api dari London, lebih mudah berangkat dari Stasiun Waterloo dengan harga tiket 34,70 pounds dan hampir setiap jam ada kereta api yang berangkat dari Stasiun Waterloo menuju Stasiun Salisbury. Atau bisa juga mengambil paket perjalanan London-Stonehenge dengan shuttle bus seharga 35 pounds. Jarak tempuh London – Salisbury dengan kereta api sekitar 1,5 jam, tetapi jika ditempuh dengan bis memakan waktu lebih lama, yakni 2 jam.

Transportasi menuju Stonehenge dan Old Sarum

old sarum transportation vtourist

old sarum transportation vtourist

Sampai di Stasiun Salisbury, Anda bisa memilih paket wisata bersama bis wisata yang khusus melayani rute wisata ke Stonehenge dan Old Sarum dengan harga 18 pounds, jika Anda adalah seorang mahasiswa, maka akan mendapatkan  harga khusus siswa yakni 15 pounds tentunya dengan menujukkan kartu mahasiswa. Harga paket tersebut sudah termasuk tiket masuk ke Stonehenge. Bisa juga memilih paket khusus Stonehenge dengan harga 11 pounds atau paket Stonehenge, Old Sarum dan Katederal dengan harga 22 pounds.

Bis wisata ini berangkat dari Stasiun Salisbury setiap satu jam sekali, dan memulai pelayanan dari pukul 10 pagi sampai Stonehenge tutup di sore hari. Jam buka Stonehenge pada bulan November (musim dingin) adalah dari pukul 09.30 – 16.00 waktu setempat. Setelah 30 menit naik bis, Anda akan sampai di Stonehenge. Anda akan ditinggalkan di tempat ini untuk menikmati Stonehenge sepuasnya. Setelah puas, barulah Anda menunggu bis jemputan yang datang setiap satu jam sekali menuju  Old Sarum.  Setelah puas di Old Sarum, Anda pun kembali menunggu bis jemputan untuk kembali ke Stasiun Salisbury dan berakhirlah paket wisata ini.

Akomodasi di Salisbury

salisbury inn woodhouse

salisbury inn woodhouse

Untuk akomodasi, jika Anda menginap di Bristol, maka Anda tidak perlu pusing memikirkan penginapan. Tetapi jika Anda ingin menginap, cukup banyak hotel dan penginapan di Salisbury. Booking hotel biasa dilakukan melalui internet, dan seringkali hotel menyediakan diskon khusus untuk hari-hari tertentu. Untuk hotel berbintang, tarif per malam sudah termasuk sarapan pagi, di atas 120 pounds, tetapi cukup banyak pula hotel dengan tarif  yang jauh lebih murah, yakni antara 30 – 50 pounds per malam. Kebanyakan wisatawan yang datang dari London tidak menginap, karena bisa menikmati destinasi wisata ini dalam satu hari.

Saat Anda berlibur di Inggris sempatkan juga untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata menarik lainnya seperti Bristol Floating Harbor, museum tematik @Bristol dan The Angel of The North. Anda bisa menginap di Ramada Bristol City Hotel, Bristol Marriott City Centre Hotel atau Hilton Bristol Hotel

View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 15 Juli 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • perbedaan wisata sejarah dengan wisata budaya
  • tarif menginap satu hari di salis hotel
  • bhai ke Salisbury odaniwala
  • waktu buka stonehenge dan harga masuk
  • waktu buka stonehenge
  • tiket masuk stonehange inggris
  • tempat wisata di salisbury
  • kota salisbury
  • dari bristol ke hay on wye naik apa
  • woodhouse unik

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,