Manchester Cathedral englishcathedrals

Manchester Cathedral englishcathedrals

Di pusat kota Manchester terdapat sebuah katedral megah yang menjadi permata bagi kota ini. Manchester Cathedral, atau nama lengkapnya Cathedral and Collegiate Church of St. Mary, St. Denys and St. George in Manchester. Berlokasi di Victoria Street yang ramai, gereja ini terlihat mencolok karena gaya gothic nya yang kental seperti pada menara lonceng maupun lengkungan-lengkungan tajam yang menghias sekeliling bangunan.

Sejak era Anglo Saxon atau Norman pada akhir abad ke-9. Pada masa itu Manchester Cathedral belum berupa gereja yang besar seperti sekarang. Orang-orang Viking yang menyerbu kemudian menghancurkannya sampai hampir tak bersisa, kecuali sebuah batu berukirkan gambar malaikat yang sering disebut sebagai “The Angel Stone” (Batu Malaikat).

Di atas batu terukir kalimat dalam bahasa Inggris kuno yang bisa diartikan “into thy hands, O Lord, I commend my spirit”. Batu inilah bagian tertua dari sejarah permulaan Manchester Cathedral yang masih tersisa.

Manchester Cathedral photo4me

Manchester Cathedral photo4me

Manchester Cathedral ini memiliki suasana gothic yang cukup dominan, dan secara spesifik gayanya dikategorikan sebagai “perpendicular gothic” yang melibatkan menara, bentuk persegi panjang yang memanjang secara vertikal dan banyak jendela kaca patri. Bagian interiornya pun unik, dengan ruang jemaat paling lebar di antara gereja-gereja di seluruh Kerajaan Inggris dan patung berukiran malaikat menghias bagian atapnya. Tak hanya gaya perpendicular gothic sebenarnya, gaya Victorian pun menjadikan Manchester Cathedral ini semakin mempesona.

Selain “The Angel Stone”, masih ada beberapa hal menarik di Manchester Cathedral yang bisa menarik perhatian Anda. Yang paling terkenal adalah misericords, sebuah papan kayu kecil yang diukir sebagai hiasan. Manchester Cathedral memiliki 30 buah misericords yang terbaik di Eropa.

Di gereja ini ada 10 buah lonceng, ditempa pada tahun 1925 oleh Gillett & Johnson. Yang terbesar beratnya sekitar 1.3 ton. Seperti gereja abad pertengahan pada umumnya, Manchester Cathedral memiliki jendela kaca patri berwarna di sepanjang dinding bangunan dan di ujung altar. Di teras bagian selatan gereja terdapat Manchester Cathedral Visitor Centre yang belum lama dibangun. Di sini Anda dapat melihat dengan lebih detail sejarah Manchester Cathedral. Di Visitor Centre ini juga dipamerkan Hanging Bridge, sebuah jembatan dari abad ke-15 yang menjadi akses utama kota Manchester dari kota-kota di sekitarnya sekaligus sebagai benteng pertahanan pada abad pertengahan.

music performance in Manchester Cathedral

music performance in Manchester Cathedral

Hal lain yang juga unik dari Manchester Cathedral adalah bahwa ia tak hanya digunakan untuk ibadah mingguan, harian ataupun acara keagamaan lainnya, namun juga untuk konser-konser musik populer. Ruangan yang luas serta interior yang cantik menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para musisi. Band pop sampai rock pernah tampil di katedral terbesar di Manchester ini.

Tiket masuk: gratis. Jam Operasional (boleh dikunjungi oleh umum): Senin – Jumat: 08.30 – 18.30. Sabtu: 08.30 – 17.00. Minggu: 08.30 – 19.00. Transportasi umum: Stasiun kereta dan metrolink terdekat: Victoria.

Anda juga bisa mengunjungi 4 Museum di Manchester, Victoria Bath dan Stadion-Stadion di Manchester. Anda bisa menginap di Victoria Park Hotel, Arora Hotel Manchester, atau Novotel Manchester Centre Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 27 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • bahasa inggris jendela katedral
  • gereja di manchester
  • Katedral Manchester
  • katedral manchester inggris
  • keunikan manchester
  • misericords adalah

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,