London Coliseum whitelight

London Coliseum whitelight

Para penggemar seni pertunjukan panggung di kota London sangat dimanjakan dengan banyaknya gedung pertunjukan di kota mereka. Selain Royal Opera House dan Royal Albert Hall, London masih memiliki gedung yang tidak kalah hebat dan megah yaitu London Coliseum.

Gedung yang juga pernah dikenal dengan nama Coliseum Theatre ini adalah salah satu gedung pertunjukan terbesar dan memiliki peralatan pendukung pertunjukan yang paling baik di kota London. Saat ini, London Coliseum adalah rumah bagi English National Opera (ENO), salah satu dari dua perusahaan opera besar di London selain The Royal Opera yang menempati Royal Opera House.

Gedung London Coliseum mulai dibangun pada tahun 1902 untuk memenuhi ambisi dari Oswald Stoll, seorang manajer teater dan sekaligus pendiri perusahaan teater Stoll Moss Group. Oswald Stoll menginginkan untuk mempunyai sebuah tempat untuk panggung pertunjukan yang terbesar dan termegah di London, ia menyebutnya sebagai “People’s palace of entertainment” atau “istana hiburan masyarakat”.

Ia kemudian membeli beberapa petak tanah yang terletak di ujung selatan dari jalan St. Martin’s Lane sehingga cukup luas untuk mendirikan gedung yang megah. Arsitek yang ia tunjuk untuk merancang bangunannya adalah Frank Matcham, orang yang juga menjadi arsitek untuk London Palladium. Pembangunan ini selesai 2 tahun kemudian, dan dibuka secara resmi pada tahun 1904 sebagai London Coliseum.Oswald Stoll tidak hanya menginginkan London Coliseum untuk digunakan sebagai panggung pertunjukan musik saja, namun dapat pula dipergunakan untuk berbagai pertunjukan seperti opera, teater atau jenis pertunjukan lain. Slogan resmi dari panggung teater ini adalah “Pro Bono Publico” yang berarti “for the public good”.

London Coliseum telegraph

London Coliseum telegraph

Pembukaan resmi teater ini ditandai dengan penampilan pertunjukan “The Hooligan” karya W.S. Gilbert pada tanggal 24 Desember 1904. Sejak saat itu, gedung ini dipakai sebagai tempat untuk berbagai macam jenis pertunjukan dari banyak seniman. Namun hal tersebut berubah pada tahun 1931 saat gedung ini menjadi rumah bagi White Horse Inn, sebuah perusahaan seni pertunjukan yang menampilkan komedi musikal. Sejak saat itu, London Coliseum secara resmi berganti nama menjadi Coliseum Theatre.

Dengan nama baru Coliseum Theatre, panggung pertunjukan ini telah menampilkan 651 kali pertunjukan komedi musikal sejak tahun 1931 sampai 1968. Setelah itu kepemilikan panggung pertunjukan ini menjadi milik perusahaan Sadler’s Wells Opera.

Bagian depan dari bangunan London Coliseum memiliki lebar sekitar 30 meter dengan gaya arsitektur mengadopsi gaya Renaissance Italia. Terdapat beberapa pintu masuk di bagian depan dengan di pintu masuk utama dipayungi oleh sebuah atap kaca. Bagian muka dari gedung ini juga dihiasi oleh beberapa buah jendela dan balkon dari ruangan yang dipergunakan sebagai kantor. Di bagian atas dari pintu masuk menjulang sebuah menara tinggi yang menjadi ciri khas dari bangunan ini. Menara artistik ini dihiasi oleh beberapa buah pilar yang menopang sebuah pilaster dengan terdapat 4 buah patung di masing-masing sudutnya. Empat patung tersebut melambangkan Arsitektur, Musik, Seni dan Sains.

Di atas deretan pilar terdapat sebuah balkon dengan dihiasi oleh empat buah patung singa di tiap sudutnya. Puncak dari menara ini adalah sebuah bola atau globe yang terbuat dari struktur besi. Bola tersebut ditopang oleh beberapa buah patung yang seakan-akan menyangga dengan menggunakan punggungnya. Di badan bola ini terpampang tulisan “coliseum” yang berperan sebagai pengenal gedung. Bola dan tulisan tersebut diberikan efek cahaya pada malam hari dan akan membuatnya nampak semakin indah.

London Coliseum wikipedia

London Coliseum wikipedia

Pihak pengelola menyediakan tour yang akan membawa para pengunjung untuk menikmati arsitektur dan keindahan bangunan, mengetahui tentang kisah dan sejarah pertunjukan di panggung tersebut serta hal-hal yang terjadi dibalik layar. Tour eksplorasi London Coliseum ini akan menjadi kegiatan yang menarik untuk mengisi waktu sambil menunggu dimulainya pertunjukan di panggung utama. Bagi penggemar seni pertunjukan seperti opera, teater ataupun musik tentunya jangan sampai melewatkan pengalaman menikmati pertunjukan di panggung megah ini.

Transportasi umum: Stasiun kereta bawah tanah terdekat : Charing Cross (Northern Line; Bakerloo Line), Leicester Square (Piccadilly Line; Northern Line), Embankment (Northern Line; Bakerloo Line; Circle Line; District Line), Stasiun kereta api terdekat : Charing Cross, Bus : rute 3, 6, 9, 11, 12, 13, 15, 23, 24, 29, 53, 77a, 88, 91, 139, 159, 176.

Pengunjung bisa melihat legenda vampire di pemakaman highgate London, berbelanja topi di bernstock speirs London,  dan berburu oleh-oleh murah di-queensway London. Jika Anda ingin menginap, ada beberapa hotel di kawasan ini, Anda bisa menginap di Barry House Hotel, Best Western Cromwell Hotel, atau Kensington Court Earls Court Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 8 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • keunikan london
  • apa keunikan dari london
  • 7 keunikan london
  • apa keunikan london?
  • apa keunikan orang london
  • keunikan dan kota london
  • keunikan di london
  • keunikan teater eropa
  • London Coliseum

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,