Wallace Collection London panoramic

Wallace Collection London panoramic

Museum Wallace Collection didirikan pada tahun 1897 dengan sebagian besar koleksinya merupakan hasil dari kerja keras dari Richard Seymour-Conway, 4th Marquess of Hetford (1800-1870). Ia adalah seorang kolektor benda seni yang tinggal di Paris. Namun ia mempunyai sebuah rumah di Inggris, tempat dimana ia menyimpan koleksinya. Rumah tersebut adalah Manchester House atau yang lebih sering dikenal sebagai Hertford House, terletak di area Manchester Square, London. Ia meninggal pada usia 70 tahun tanpa pernah menikah, rumahnya di Inggris kemudian diwariskan kepada anaknya di luar nikah yaitu Sir Richard Wallace, 1st Baronet.

Sir Richard Wallace bersama istrinya Amélie-Julie-Charlotte Castelnau, atau yang biasa disebut sebagai Lady Wallace, kemudian banyak menambah koleksi benda seni di rumah tersebut. Setelah Sir Richard Wallace wafat pada tahun 1890 disusul oleh wafatnya Lady Wallace pada tahun 1897, Hertford House beserta koleksi benda-benda seninya tersebut kemudian disumbangkan kepada negara. Ia meminta kepada pemerintahan Inggris untuk menjadikan Hertford House sebagai museum dan tetap menjaga koleksi benda seni tersebut apa adanya tanpa ada penambahan, pengurangan, atau dicampur dengan koleksi dari tempat lain.

Wallace Collection London wikimedia

Wallace Collection London wikimedia

Sejak saat itu museum mulai didirikan dengan dipimpin oleh Sir John Murray-Scott, ia adalah sekretaris sekaligus teman dekat dari Richard Wallace dan Lady Wallace. Ia kemudian juga mengumpulkan koleksi Wallace yang masih tersebar di beberapa tempat lain. Museum Wallace Collection secara resmi dibuka pada tanggal 22 Juni 1900.

Museum Wallace Collection memiliki koleksi sejumlah kurang lebih 5500 item dengan koleksi yang paling terkenal adalah lukisan-lukisan abad 18 dari Perancis. Koleksi museum ini terdiri dari 775 lukisan, 528 furniture, 510 keramik, 2370 baju baja dan peralatan perang, 466 patung, 334 miniatur, 363 karya seni jaman pertengahan dan Renaissance serta 120 karya seni dari bahan emas. Ribuan karya seni tersebut kemudian ditampilkan di galeri dalam 6 kategori departemen yaitu “Pictures and Miniatures”, “Ceramics and Glass”, “Sculpture and Works of Art”, “Arms and Armour”, “Sèvres porcelain” dan “Gold Boxes and Furniture”.

Koleksi lukisan yang terdapat di museum Wallace Collection merupakan salah satu yang terhebat di Inggris. Terdapat lukisan dari periode abad ke 14 sampai pertengahan abad 18 dengan hasil karya pelukis hebat pada jaman tersebut.

Wallace Collection London visitlondon

Wallace Collection London visitlondon

Sebagian besar koleksinya merupakan lukisan dari pelukis asal Belanda, Jerman, Inggris, Italia, Spanyol dan yang paling terkenal adalah karya dari pelukis Perancis. Beberapa lukisan koleksi museum ini yang terkenal adalah “The Laughing Cavalier” karya dari Frans Hals tahun 1624, “Perseus and Andromeda” karya dari Titian tahun 1554, lukisan “Lady with a Fan” hasil karya dari Diego Velazques, “The Artist’s Son Titus” lukisan karya Rembrandt, “The Rainbow Landscape” karya dari Peter Paul Rubens dan masih banyak lukisan lain yang tidak kalah indah.

Selain lukisan, koleksi benda lain dari Perancis yang dimiliki oleh museum ini adalah keramik. Museum ini memiliki banyak koleksi keramik, terutama buatan dari daerah Sevres, daerah yang terkenal sebagai penghasil benda porselen di Perancis. Benda-benda seperti vas bunga, teko, gelas, wadah roti dan benda-benda keramik lain membuat museum ini menjadi salah satu tempat yang paling baik untuk melihat benda-benda keramik dari Perancis. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi keramik yang berasal dari jaman Renaissance Italia, China serta dari Spanyol.

Di ruangan-ruangan yang dijadikan sebagai galeri pameran juga turut dihiasi oleh perabotan dan furniture seperti lemari, cermin, kursi, meja, jam, lampu dan perabotan lain yang menjadikan ruangan-ruangan galeri semakin indah. Koleksi terbanyak museum Wallace Collection adalah dari departemen “Arms and Armour” dengan jumlah lebih dari 2500 item atau setengah dari total keseluruhan koleksi museum. Benda-benda di bagian ini sangatlah menarik seperti pakaian perang dari baja, baik pakaian untuk ksatria dan untuk kuda perang, pedang, tombak, tameng dan peralatan perang lainnya.

Wallace Collection London theguardian

Wallace Collection London theguardian

Sebagian besar senjata tersebut berasal dari daerah India, Persia dan Turki dari abad 15 sampai ke 19. Sekitar 466 buah patung juga turut ditampilkan dan menghiasi museum ini. Patung-patung tersebut terbuat dari berbagai bahan seperti dari perunggu, batu, gading, kayu atau bahkan dari lilin. Beberapa patung yang terkenal di museum ini adalah patung “Seated Venus” karya Giovanni Fonduli da Crema dan patung karya Filippo della Valle’s yaitu “Cupid and Psyche” yang dibuat sekitar tahun 1732 di Florence.

Wallace Collection memiliki galeri yang tidak hanya menampilkan koleksi lukisan dan patung, namun juga furniture dan perabotan rumah tangga serta keramik yang menawan. Mengunjungi museum ini akan lebih terasa seperti mengunjungi rumah yang indah daripada mengunjungi museum, hal inilah yang akan membuat pengunjung merasa betah untuk berlama-lama menikmati keindahan benda-benda koleksi yang ditampilkan.

Tiket Masuk : Gratis. Jam Operasional : 10.00 – 17.00. Hari Libur : 24-26 Desember. Transportasi Umum: Stasiun kereta bawah tanah terdekat : Bond Street (Central & Jubilee Lines) and Baker Street (Circle, District, Hammersmith & City, Jubilee and Metropolitan Lines), Oxford Circus (Bakerloo, Central, Victoria Lines). Stasiun kereta api terdekat : Marylebone BR Station. Bus : rute 2, 10, 12, 13, 30, 74, 82, 94, 113, 137, 274.

Pengunjung bisa melihat legenda vampire di pemakaman highgate London, berbelanja topi di bernstock speirs London,  dan berburu oleh-oleh murah di-queensway London. Jika Anda ingin menginap, ada beberapa hotel di kawasan ini, Anda bisa menginap di Barry House Hotel, Best Western Cromwell Hotel, atau Kensington Court Earls Court Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 17 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • benda yang terdapat di dalam Galeri Wallace Collection
  • bunga mawar 5500
  • karya seni dari benda terdekat
  • Kolektor baju perang patung baja
  • Kolektor Seni
  • kumpulan foto patung poslein buatan eropa
  • lowong buat pelukis furniture
  • lukisan The Laughing Cavalier dibuat tahun

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,