Camera Obscura & World of Illusions paperblog

Camera Obscura & World of Illusions paperblog

Bangunan tertua di kota Edinburgh yang dibangun khusus dengan tujuan untuk menjadi atraksi hiburan adalah gedung Outlook Tower yang kini dikenal sebagai Camera Obscura & World of Illusions. Atraksi yang ditawarkan tempat ini adalah sebuah pemandangan kota Edinburgh dari berbagai sisi melalui Camera Obscura. Kini di tempat tersebut juga terdapat atraksi-atraksi yang menghadirkan ilusi, trik atau efek-efek visual yang menakjubkan. Bangunan ini memiliki salah satu menara tertinggi yang terdapat di sekitar area Castlehill yang merupakan bagian dari rute Royal Mile, Edinburgh.

Sejarah berdirinya atraksi Camera Obscura & World of Illusions bermula pada awal abad 18. Thomas Short adalah seorang pembuat peralatan yang berhubungan dengan sains dan ilmu pengetahuan. Ia membeli sebidang tanah di area Calton Hill dan membuat rumah untuk menyimpan peralatan sains miliknya, termasuk diantaranya adalah sebuah teleskop yang termasuk canggih pada masa itu.

Ia wafat pada tahun 1788 dan meninggalkan rumah serta isinya tersebut. Setelah kematiannya, banyak pihak datang berebut untuk mendapatkan harta warisannya. Salah satunya adalah Maria Theresa Short yang mengaku sebagai putri dari Thomas Short. Maria Short berhasil mendapatkan alat-alat sains itu dan kemudian membangun sebuah tempat pameran yang dikenal sebagai Popular Observatory pada tahun 1835.

Camera Obscura & World of Illusions spotcoolstuff

Camera Obscura & World of Illusions spotcoolstuff

Salah satu pertunjukan yang ditawarkan olehnya adalah peralatan optik, teleskop dan mikroskop. Pada tahun 1855 ia kemudian memutuskan untuk memindahkan pamerannya tersebut ke tempat yang lebih ramai di Royal Mile. Rumah yang ia beli adalah milik dari Laird of Cockpen di daerah Castlehill. Selain sebagai museum, ia juga membangun instalasi Camera Obscura di puncak menara rumah. Tempat tersebut kemudian dikenal sebagai Short Observatory, Museum of Science and Art.

Setelah wafatnya Maria Short, rumah beserta isinya dibeli oleh Patrick Geddes pada tahun 1892. Ia adalah seorang sosiologis dan perencana tata kota. Selain melakukan beberapa renovasi dan perbaikan, ia juga mengubah nama tempat tersebut menjadi Outlook Tower, tempat dimana ia dapat mengubah cara pandang masyarakat tentang kota Edinburgh melalui Camera Obscura.

Geddes yang memiliki kepedulian tinggi terhadap dunia pendidikan kemudian menyerahkan kepemilikan Outlook Tower beserta seluruh isinya termasuk Camera Obscura untuk dikelola oleh Edinburgh University. Pada tahun 1982, kepemilikan atas Outlook Tower dibeli oleh perusahaan turisme yaitu Visitor Centres.

Camera Obscura & World of Illusions welcometoscotland

Camera Obscura & World of Illusions welcometoscotland

Di bagian atas menara terdapat sebuah ruang gelap yang dilengkapi dengan cermin yang akan menangkap bayangan dari pemandangan kota Edinburgh di sekitarnya. Bayangan yang ditangkap oleh cermin tersebut akan dikirimkan ke bawah melalui tiga buah lensa yang memiliki fungsi masing-masing, kemudian pemandangan panorama kota tersebut akan diproyeksikan dalam sebuah meja putih besar yang terdapat di tengah ruangan.

Cermin yang terdapat di atas menara tersebut akan dapat digerakkan sedemikian rupa sehingga akan didapatkan pemandangan 360° dari kota Edinburgh. Selain melalui Camera Obscura, tempat ini juga menawarkan panorama yang lebih asli melalui pemandangan kota yang dapat dilihat dari atap menara. Di atas menara tersedia sebuah teleskop yang dapat dipergunakan untuk melihat pemandangan yang lebih jauh dan luas.

Selain Camera Obscura, daya tarik lain yang dimiliki oleh tempat ini tentunya adalah World of Illlusions, sebuah fasilitas yang akan menghadirkan ilusi visual. Beberapa pameran yang terdapat di dalamnya adalah Bewilderworld, sebuah tempat berbentuk labirin dengan dinding berbentuk cermin.

Menemukan jalan keluar dari labirin tersebut akan menjadi lebih sulit dengan adanya refleksi cermin yang terpantul. Fasilitas lain yang tidak kalah menarik adalah Magic Gallery yang berisi ruangan yang menampilkan ilusi berupa permainan warna, lensa dan bayangan. Selain itu juga masih terdapat galeri Light Fantastic, Edinburgh Vision, The Puzzling Zone serta galeri lain yang akan menampilkan berbagai ilusi yang interaktif dan menyenangkan.

Camera Obscura and World of Illusions adalah tempat yang menampilkan bagaimana prinsip kamera ditemukan melalui Camera Obscura, dan menghadirkan pemandangan kota Edinburgh yang indah.

Camera Obscura & World of Illusions forgetsomeday

Camera Obscura & World of Illusions forgetsomeday

Selain itu, di bangunan tua ini juga terdapat pameran teknologi dan efek-efek canggih yang menghadirkan ilusi menakjubkan. Tidak hanya bagi anak-anak, orang dewasa pun akan menikmati dan merasakan kesenangan dengan mengunjungi tempat ini.

Tiket Masuk: Dewasa : £11.95. Usia diatas 60 tahun dan pelajar : £9.95, Usia dibawah 15 tahun : £8.75, Usia dibawah 5 tahun : Gratis.

Jam Operasional: April – Juni : 9.30 – 19.00,  Juli – Agustus : 9.30 – 21.00, September – Oktober : 9.30 – 19.00, November – Maret : 10.00 – 18.00. Hari Libur : 25 Desember. Anda bisa naik transportasi umum stasiun kereta api terdekat : Waverley Station, Bus : rute 23, 27, 41, 42, 45, 67

Pengunjung bisa melihat legenda vampire di pemakaman highgate London, berbelanja topi di bernstock speirs London,  dan berburu oleh-oleh murah di-queensway London. Jika Anda ingin menginap, ada beberapa hotel di kawasan ini, Anda bisa menginap di Barry House Hotel, Best Western Cromwell Hotel, atau Kensington Court Earls Court Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada5 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • wisata edinburgh
  • camera obscura dikenal pada tahun
  • cara membuat kamera obscura
  • camera obscura jepang
  • membuat kamera obscura
  • nama camera diatas menara
  • outlook tower edinburgh

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,