Church of St. Bartholomew the Great docbrown

Church of St. Bartholomew the Great docbrown

Gereja St. Bartholomew the Great adalah satu dari dua buah gereja yang terdapat di lingkungan Rumah Sakit Henry VIII di area Smithfield. Kedua buah gereja ini dulunya terletak berdampingan, sebelum sebuah rumah sakit dibangun di antaranya. Gereja yang satu lagi, dinamai Church of St. Bartholomew the Less (karena ukurannya yang lebih kecil), menjadi gereja rumah sakit sedangkan St. Bartholomew the Great terletak sedikit di luar area rumah sakit.

Gereja yang seringkali dijuluki Great St. Bart’s ini memiliki interior bergaya Norman (daerah di sebelah utara Perancis) dan menjadi salah satu bangunan Normandic yang terbaik di kota London. Awalnya Great St. Barts bukanlah sebuah gereja melainkan biara. Rahere, seorang pengurus Katedral St. Paul dan juga seorang biarawan ordo Augustinian lah yang membangunnya pada sekitar tahun 1123.

Great St. Bart’s awalnya menjadi bagian dari rumah sakit, namun ketika terjadi tragedi Dissolution of the Monasteries (pada abad ke-16, Raja memerintahkan agar semua biara Katolik yang ada di Inggris dihancurkan) tahun 1543 sebagian besar dari bangunan gereja rata dengan tanah, kecuali sebagian altarnya.

Church of St. Bartholomew the Great tripadvisor

Church of St. Bartholomew the Great tripadvisor

Kekhasan arsitektur Norman di Great St. Bart’s ini terlihat dari lengkungan-lengkungan di sepanjang koridor, mulai dari pintu masuk gereja hingga ke altar. Di sisi utara sanctuary terdapat makam Rahere, penemu gereja Great St. Bart’s.  Patung yang ada di atasnya tertanggal dari abad ke-12 sedangkan kanopi dan dinding yang mengelilinginya baru dibuat pada abad ke-15. Di kaki patung Rahere yang sedang tidur terdapat sebuah malaikat bermahkota, sedang memegang perisai “coat of arms” pemberian oleh Raja Henry I pada biarawan Augustinian yang dipimpin oleh Rahere.

Sanctuary dan Lady Chapel of Bartholomew the Great dengan lukisan yang menyerupai Madonna and the Child dirancang dan dilukis sendiri oleh seniman Spanyol yang bernama Alfredo Roldan dengan tahun pembuatan yang relatif baru, yaitu tahun 1998. Di sisi atas, seberang sarkofagus Rahere adalah Jendela Prior Bolton. Bolton adalah biarawan yang menjabat sebagai kepala biara dari tahun 1506 – 1532. Ia membangun jendela ini agar melihat para biarawan yang sedang beribadah tanpa terlihat dari bawah. Jendela Prior Bolton selesai dibangun pada tahun 1517 dan terdiri dari lima buah panel kaca.

Sejak tahun 1997, gereja Great St. Bart’s menjadi gereja pertama di London yang menarik biaya masuk untuk para pengunjungnya. Menurut pihak gereja, tiket masuk yang dibayar oleh para turis digunakan untuk pemeliharaan gereja agar dapat dinikmati dalam waktu yang lebih lama.

Church of St. Bartholomew the Great telegraph

Church of St. Bartholomew the Great telegraph

Berikut adalah informasi tentang tiket masuk ke Great St. Bart’s: Dewasa: ₤4.00, Anak-anak/pelajar: ₤3.50, Family ticket: ₤10.00 (dua orang dewasa dan 1-3 orang anak), Season ticket: ₤30 (berlaku untuk satu tahun), Fotografi: ₤1.00. Jam berkunjung Gereja St. Bart’s: Senin – Jumat: 08.30 – 17.00 (16.00 dari 11 November – 14 Februari), Sabtu: 10.30 – 16.00, Minggu: 08.30 – 20.00.

Perlu diperhatikan bahwa beberapa hari setelah Natal gereja ini ditutup untuk pengunjung, demikian juga saat sedang ada ibadah kecuali Anda berniat untuk mengikuti ibadah. Nah, jika Anda ingin mengikuti misa di Great St. Bart’s, datanglah pada hari Minggu dalam misa yang diadakan pukul 09.00, 11.00 dan 18.30 petang. Great St. Bart’s cukup sering muncul sebagai setting di film layar lebar Hollywood seperti Four Weddings and a Funeral, Elizabeth: The Golden Age atau The Other Boleyn Girl. Anda bisa naik stasiun kereta bawah tanah terdekat dari Great St. Bart’s adalah stasiun Barbican. Anda juga dapat menggunakan mobil dan parkir di parkiran bawah tanah tak jauh dari gereja.

Pengunjung bisa melihat legenda vampire di pemakaman highgate London, berbelanja topi di bernstock speirs London,  dan berburu oleh-oleh murah di-queensway London. Jika Anda ingin menginap, ada beberapa hotel di kawasan ini, Anda bisa menginap di Barry House Hotel, Best Western Cromwell Hotel, atau Kensington Court Earls Court Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 5 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • pertanyaan tentang katedral st bartholomew
  • sejarah gereja st paul lobdon
  • gereja thailand interior
  • interior chapel eropa
  • Interior gedung roma klasik
  • rumah sakit st bartholomeus di london
  • st bartholomew church london
  • tiket ke st barts
  • wisata Cathedral of St Bartholomew

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,