t-rex-and-plesiosaur

t-rex-and-plesiosaur

Museum ini adalah milik dari University of Manchester yang dipergunakan sebagai pusat penelitian dan pengajaran, namun juga dibuka untuk masyarakat umum. Museum ini berada di kompleks University of Manchester yang terletak di Oxford Road, Manchester. Berdirinya museum ini diawali dengan dikumpulkannya koleksi benda-benda sejarah alam milik John Leigh Philips (1761-1814), ia adalah seorang pengusaha di bidang tekstil sekaligus seorang kolektor benda-benda antik. Setelah ia wafat, benda-benda koleksinya tersebut kemudian disumbangkan dan ditampilkan dalam sebuah museum yang mulai dibuka pada tahun 1821 dengan nama Manchester Natural History Society.

Museum tersebut menempati sebuah bangunan di Peter Street dan menjadi daya tarik bagi masyarakat. Semakin lama, koleksi museum ini menjadi semakin banyak dengan datangnya sumbangan benda-benda antik dari seluruh dunia. Pada tahun 1850, koleksi museum semakin bertambah besar setelah mengakuisisi koleksi milik Manchester Geological Society.

Manchester Museum wheretogomanchester

Manchester Museum wheretogomanchester

Manchester Museum kini memiliki koleksi yang mencapai lebih dari 6juta item dan terbagi menjadi beberapa kategori seperti benda-benda arkeologi, botani, egyptologi, entomologi, etnografi, minerologi, palaentologi dan zoologi, serta koleksi spesimen yang masih hidup dalam akuarium atau vivarium.

Salah satu koleksi yang menjadi pusat perhatian utama dari museum ini adalah fosil dari Tyrannosaurus Rex, jenis dinosaurus yang paling berbahaya dan paling terkenal. Fosil ini dikenal dengan sebutan “Stan”, diambil dari nama orang yang berhasil menemukan dan menggali fosil tersebut yaitu Stan Sacrison. T-Rex dengan postur dalam posisi berlari ini mulai ditampilkan di museum sejak tahun 2004. Selain fosil dari Stan, museum ini juga memiliki fosil dari Percy the Plesiosaur dan masih banyak lagi fosil lainnya yang terdapat di Fossil Gallery.

Museum ini juga memiliki koleksi bebatuan dan mineral yang paling baik di Inggris. Terdapat lebih dari 22.000 benda mineral dan 15.000 bebatuan. Dengan mengunjungi galeri ini maka akan dapat dilihat bagaimana susunan dari bumi ini dari sejak berabad-abad lalu. Namun tidak hanya tentang bebatuan saja, museum ini juga memiliki koleksi yang berhubungan dengan makhluk hidup serta hubungannya dengan alam. Galeri Living World menampilkan koleksi yang menampilkan figur binatang baik berwujud patung ataupun kerangka. Koleksi lainnya yang berupa koin, pakaian dan senjata perang, benda seni kerajinan, keramik dan koleksi lainnya dapat dilihat dalam galeri-galeri museum.

Skeleton of elephant in Manchester Museum bbc

Skeleton of elephant in Manchester Museum bbc

Di museum ini, pengunjung akan dapat melakukan rekreasi sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan tentang alam. Terlebih lagi tidak dikenakan biaya untuk memasuki museum. Manchester Museum adalah salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi di kota Manchester.

Tiket Masuk : Gratis. Jam Operasional : Selasa – Sabtu : 10.00 – 17.00. Minggu, Senin, Hari libur bank : 11.00 – 16.00. Hari Libur : 24-26 Desember, 1 Januari

Transportasi Umum : Stasiun kereta api terdekat : Oxford Road station. Bus : rute 41, 42, 43, 48, 111, 85, 86, 147, 250

Anda juga bisa mengunjungi 4 Museum di Manchester, Victoria Bath dan Stadion-Stadion di Manchester. Anda bisa menginap di Victoria Park Hotel, Arora Hotel Manchester, atau Novotel Manchester Centre Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 7 Maret 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • fosil museum jalan pajajaran
  • fosil t rex
  • fosil tyrannosaurus rex
  • pengusaha sekaligus kolektor benda antik

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,