Leicester Square London skyscrapercity

Leicester Square London skyscrapercity

Dengan banyaknya jumlah gedung bioskop besar di areanya, Leicester Square seringkali dikenal sebagai Theatreland yang disebut sebagai salah satu surganya para pecinta film. Leicester Square adalah alun-alun terbuka khusus bagi pejalan kaki di kota London.

Area ini dibatasi oleh Lisle Street di bagian utara, Charing Cross road di sebelah timur, Orange Street di bagian selatan dan Whitcomb Street di bagian timur. Nama Leicester Square diambil dari nama Robert Sydney, 2nd Earl of Leicester dan kini merupakan pusat keramaian dan hiburan di City of Westminster, London.

Area seluas 1,6 hektar ini pada awalnya merupakan tanah milik negara yang dipergunakan oleh masyarakat umum, khususnya oleh para jamaah gereja St Martin’s-in-the-Fields. Tanah ini kemudian menjadi milik dari Robert Sidney, 2nd Earl of Leicester setelah ia membelinya pada tahun 1630. Robert Sidney adalah seorang diplomat dan politisi yang juga merupakan anggota House of Commons di Parlemen. Robert Sidney membangun sebuah rumah besar dikenal dengan nama Leicester House di ujung utara dari tanah ini sebagai tempat tinggalnya pada tahun 1635. Selain itu ia juga menutup area sekitarnya dan melarang masyarakat untuk menggunakannya.

Leicester Square London worldlandscapearchitect

Leicester Square London worldlandscapearchitect

Rumah megah tersebut kemudian dipergunakan untuk berbagai sarana hiburan dan pernah juga difungsikan sebagai museum yaitu Holophusikon atau Museum of Natural Curiosities. Pada tahun 1791, Leicester House dirubuhkan sedangkan Leicester Square terus berkembang menjadi pusat keramaian dan hiburan dengan beberapa fasilitas yang menarik seperti Wyld’s Great Globe, bola dunia berukuran raksasa yang dibuat untuk dipamerkan pada Great Exhibtion 1851.

Selain itu juga terdapat sarana hiburan pendukung lain seperti hotel dan gedung pertunjukan yang menjadi daya tarik bagi para turis. Fasilitas yang terkenal pada masa itu adalah Alhambra Theatre dan Empire Theatre of Varieties yang biasa dipergunakan untuk mengadakan pertunjukan musik. Fasilitas-fasilitas tersebut mendukung Leicester Square sebagai pusat hiburan di kawasan West End, London sampai sekarang.

Leicester Square London travelstay

Leicester Square London travelstay

Leicester Square adalah kawasan ramai yang dikhususkan bagi pejalan kaki yang tetap ramai khususnya pada akhir pekan. Salah satu hiburan yang terkenal dari alun-alun ini adalah banyaknya gedung pertunjukan dan bioskop. Dengan kurang lebih 40 buah gedung bioskop, Leicester Square seringkali disebut sebagai “Theatreland”.

Sebagian besar gedung bioskop di area ini dibangun pada akhir masa Victorian atau pada masa Edwardian dengan berbagai arsitektur seperi neo-classical, romanesque atau Victorian dengan desain-desain yang menarik. Gedung-gedung bioskop tersebut di antaranya adalah Odeon Leicester Square, Odeon West End dan Empire Leicester Square. Selain bioskop, kawasan Leicester Square juga diramaikan oleh beberapa bar, pub, kafe dan restoran. Salah satu pub dan restoran yang terkenal adalah London Hippodrome. Gedung ini dulunya pernah difungsikan untuk berbagai macam tujuan seperti menggelar pertunjukan musik, balet, opera bahkan bioskop.

Di tengah Leicester Square terdapat sebuah taman kecil dengan air mancur dan kolam yang dihiasi oleh patung William Shakespeare. Air mancur ini dikenal dengan nama Shakespeare Memorial Fountain dan merupakan karya dari Giovanni Fontana, seorang pemahat dari Italia pada tahun 1874.

Pada tiap sudut dari taman berbentuk persegi ini dihiasi oleh patung dari tokoh-tokoh terkenal yang dulu pernah tinggal di area Leicester Square. Empat patung tersebut adalah patung dari Sir Issac Newton (ilmuwan), Sir Joshua Reynolds (presiden pertama Royal Academy), John Hunter (dokter bedah) dan William Hogarth (pelukis). Patung terakhir yang terakhir kali diletakkan di area taman ini adalah patung dari pemain film terkenal Inggris, Charlie Chaplin.

Leicester Square London urban

Leicester Square London urban

Leicester Square adalah alun-alun terbuka yang memiliki banyak gedung bioskop yang wajib dikunjungi oleh para pecinta film yang berada di kota London. Terlebih lagi didukung dengan fasilitas layar bioskop yang paling lebar dan mutakhir, tentunya akan memberikan kepuasan yang lebih saat menonton film favorit.

Transportasi Umum: Stasiun kereta bawah tanah terdekat : Leicester Square tube station (Piccadilly dan Northern Line), Bus : rute 14, 38, 24, 19, 29, 176.

Pengunjung bisa melihat legenda vampire di pemakaman highgate London, berbelanja topi di bernstock speirs London,  dan berburu oleh-oleh murah di-queensway London. Jika Anda ingin menginap, ada beberapa hotel di kawasan ini, Anda bisa menginap di Barry House Hotel, Best Western Cromwell Hotel, atau Kensington Court Earls Court Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 8 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • berjalan jalan di kota london
  • apa yang menarik di liscester square
  • tempat wisata leicester
  • tempat wisata di leicester
  • skyscrapercity leicester square
  • saran nama buat sq
  • pusat keramaian kota london
  • nama jalan terkenal di leicester
  • nama jalan di london
  • leicester square london

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,