Chelsea Flower Show London eastvillagelondon

Chelsea Flower Show London eastvillagelondon

Setiap tahunnya, taman yang terletak di area Royal Hospital Chelsea akan berubah menjadi pameran pertunjukan berbagai jenis bunga yang menawan selama 5 hari di bulan Mei. Pameran tersebut terkenal dengan nama Chelsea Flower Show, sebuah pameran bunga yang diadakan oleh Royal Holticultural Society.

Chelsea Flower Show atau yang dulu biasa dikenal sebagai Great Spring Show merupakan pameran bunga paling besar dan terkenal di United Kingdom, atau bahkan mungkin di dunia. Royal Holticultural Society (RHS) adalah sebuah organisasi terkemuka di dunia yang bergerak di bidang hortikultura yang didedikasikan untuk memajukan kegiatan berkebun. Kegiatan-kegiatan amal yang dilakukan oleh RHS sangat penting dalam rangka melindungi dan melestarikan jenis-jenis tanaman, taman dan ruang hijau khususnya di Inggris untuk generasi berikutnya.

Pendirian organisasi RHS ini merupakan ide dari John Wedgwood pada tahun 1800. Ide awalnya sederhana, ia hanya ingin mengadakan sebuah pertemuan rutin bagi komunitas ataupun orang-orang yang melakukan kegiatan hortikultural untuk berdiskusi dan saling berbagi ilmu. Pertemuan pertama dari perkumpulan ini baru terjadi pada tahun 1804 dengan Wedgwood sebagai ketua, sedangkan anggota yang hadir adalah William Aiton (pengurus Kew Gardens), Joseph Banks (presiden Royal Society), William Forsyth (pengurus taman di Kensington Palace dan St James’s Palace) dan lain-lain. Pertemuan pertama inilah yang melahirkan organisasi Royal Horticultural Society.

Chelsea Flower Show London postgazette

Chelsea Flower Show London postgazette

Kebun atau taman pertama yang dimiliki secara resmi oleh RHS terletak di Kensington pada tahun 1818, kebun tersebut dipergunakan untuk berbagai penelitian dan eksperimen. Pada tahun 1821, RHS menyewa sebidang lahan di Chiswick, daerah London barat untuk kebun percobaan mereka. Di kebun Chiswick inilah pertama kali RHS mengadakan festival berkebun pada tahun 1833.

Berbagai komunitas berkebun turut berpartisipasi dalam festival ini dan mempertunjukkan model-model kebun mereka dengan beraneka macam tanaman dan bunga. Kendala yang terjadi adalah bahwa daerah Chiswick kurang banyak dikunjungi karena letaknya yang sulit untuk dijangkau dan tidak adanya fasilitas transportasi yang mendukung.

Maka pada tahun 1862, festival berkebun ini dipindah dan dilaksanakan di kebun RHS yang terletak di Kensington. Festival dan pameran berkebun tersebut dilaksanakan pada musim semi dan diberi nama sebagai RHS Great Spring Show. RHS Great Spring Show yang diadakan di Kensington Garden berlangsung selama 26 tahun sampai akhirnya pada tahun 1888 RHS memutuskan untuk memindahkan pameran ke pusat kota London. Tempat yang dipilih adalah Temple Gardens, terletak diantara Embankment dan Fleet Street.

Chelsea Flower Show London zimbio

Chelsea Flower Show London zimbio

Pameran di pusat kota London ini semakin terkenal dan makin banyak didatangi pengunjung. Pada tahun 1912, Temple Gardens tidak dapat dipergunakan untuk mengadakan pameran karena dipergunakan untuk keperluan lain. Pengurus RHS segera mencari alternatif tempat lain dan mendapatkan lahan di area Royal Hospital Chelsea, yaitu Ranealagh Garden. Pameran di Ranealagh Garden yang sedianya hanya diadakan pada tahun tersebut saja ternyata memberikan kepuasan bagi RHS, maka mereka memutuskan untuk menjadikan tempat tersebut sebagai tempat pameran untuk seterusnya. Sejak itu, RHS Great Spring Show mulai dikenal sebagai Chelsea Flower Show.

Kini semakin banyak komunitas dan orang-orang dari berbagai negara yang turut berpartisipasi untuk mempertunjukkan hasil karya kebun dan tanaman mereka. Untuk semakin meningkatkan daya tarik pameran, RHS mengadakan semacam kompetisi dan penghargaan dalam beberapa kategori, yaitu Flora (pameran kebun), Hogg (pameran pohon), Knightian (pameran tanaman sayur), Lindley (pameran ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan berkebun) dan Grenfell (pameran fotografi). Selain itu juga masih ada beberapa buah penghargaan spesial lainnya seperti penghargaan kebun terbaik, penghargaan untuk perancang kebun muda dan masih banyak penghargaan lainnya. Pameran kebun dan tanaman di Chelsea Flower Show semakin lama semakin terkenal dan makin banyak dikunjungi. Hal ini didukung oleh area pameran yang luas dan fasilitas transportasi yang mudah.

Chelsea Flower Show London baltiomoresun.jpg

Chelsea Flower Show London baltiomoresun.jpg

Pameran ini paling banyak dikunjungi pada waktu pagi hari dan menjelang sore. Pengelola menerapkan strategi dengan membedakan harga tiket masuk dimana tiket pagi hari akan lebih mahal daripada tiket sore (15.30) dan petang (17.30). Selain itu, untuk menambah kenyamanan bagi para anggota member RHS, maka 2 hari pertama pameran tidak dibuka untuk umum melainkan khusus untuk anggota. Selain itu, tiket untuk anggota juga ditetapkan lebih murah daripada tiket non member.  Waktu operasional : 5 hari di bulan Mei tiap tahunnya. (22-26 Mei 2012; 21-25 Mei 2013), Selasa – Jumat : 8.00 – 20.00 dan Sabtu : 8.00 – 17.30. Tanggal acara berubah-ubah setiap tahunnya. Tiket masuk member : £42, £30 (15.30), £22 (17.30), Umum : £55, £34 (15.30), £28 (17.30).  Anda bisa naik transportasi umum di stasiun kereta bawah tanah terdekat : Sloane Square tube station (District dan Circle lines), stasiun kereta api terdekat : London Victoria station dan Bus rute 11, 137, 211, 360, 452, 19, 22, 319, C1.

Pengunjung bisa melihat legenda vampire di pemakaman highgate London, berbelanja topi di bernstock speirs London,  dan berburu oleh-oleh murah di-queensway London. Jika Anda ingin menginap, ada beberapa hotel di kawasan ini, Anda bisa menginap di Barry House Hotel, Best Western Cromwell Hotel, atau Kensington Court Earls Court Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 29 Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • bunga khas london
  • chelsea flower show london
  • flower show
  • pertunjukan bunga di london
  • Pertunjukan chelsea flower show
  • tiket pertunjukan sepak bola chelsea london
  • wisata bunga di london

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,