Bristol's Floating Harbour

Dapatkah Anda bayangkan sebuah pelabuhan yang berada di atas permukaan air? Bristol’s Floating Harbour merupakan sebuah pelabuhan yang selalu ramai oleh kapal – kapal yang membawa barang. Selain itu di sana juga sering diadakan festival yang menarik.

Bristol’s Floating Harbour adalah sebuah pelabuhan yang ada di kota Bristol, Inggris. Pelabuhan ini sudah ada sejak abad ke 13 dan total luas area sekitar 70 hektar. Dahulu pelabuhan tersebut sangat sederhana dan jarang dilalui oleh kapal karena sungainya sangat dangkal. Pada abad ke 19 pelabuhan tersebut direnovasi dengan membangun pintu air yang mengatur pasang surut Sungai Avon sehingga ketinggian air yang melewati pusat kota dapat diatur melalui jalur by-pass sungai. Hal tersebut membuat tinggi air selalu konstan karena tidak dipengaruhi oleh keadaan pasang surut air sungai.

Bristol's Floating Harbour 4

Pasang surut permukaan air sungai Avon diatur oleh dua buah pintu air yaitu Netham Lock dan New Cut. Netham Lock yang berada di hulu tepatnya di Bristol Timur mengatur aliran Sungai Avon menuju Bath. Aliran sungai ini dipisahkan oleh sebuah kanal buatan yang disebut Canal Feeder yang memiliki panjang 1,6 km. Kanal tersebut membentang antara Bristol Temple Meads dan Stasiun Kereta Api Hotwells.

Pintu air lainnya yaitu New Cut yang berada di hilir dan panjangnya tidak lebih dari 1km. Kanal ini mengalir melalui pusat kota Bristol, Canon Marsh dan Hotwell. Selain berfungsi sebagai pengatur pasang surut air sungai, kanal tersebut juga mengurangi arus, mencegah banjir dan pendangkalan Sungai Avon. Di Hotwells aliran Sungai Avon dialirkan kembali menuju Avon Gorge.

Bristol's Floating Harbour 6Selain pemandangannya yang indah, Bristol Floating Harbour menjadi tempat penyelenggaraan beberapa festival. Salah satunya adalah Harbour Festival Bristol yang diadakan setiap bulan Juli. Di sana pengunjung dapat melihat kapal – kapal klasik dengan layar yang tinggi, ratusan kapal berwarna-warni dan beragam perahu yang unik. Event ini mampu menarik minat 200 ribu pengunjung setiap hari. Di sana Anda juga dapat menikmati berbagai macam hiburan seperti acara live music, pertunjukkan jalanan dan lainnya.

Bristol's Floating Harbour 3Pada perayaan festival tersebut dihadiri oleh banyak kapal klasik berukuran besar Pada tahun 1996, Bristol’s Floating Harbour menjadi tuan rumah International Festival. Pada gelaran yang diselenggarakan untuk mengenang perintis pelabuhan, John Cabot itu pengunjung bisa menyaksikan kapal klasik berukuran besar. Seperti Eye of the Wind, Pride of Baltimore, Rose, Kaskelot dan Earl of Pembroke.

Untuk mencapai Bristol Floating Harbour kita dapat melalui dua jalur yang berbeda yaitu darat dan laut. Anda dapat melalui jalur darat dengan menggunakan bus atau tram melalui rute A370, A4 dan A38. Nah, jika ingin menikmati sensasi berlayar bisa menggunakan perahu atau water bus yang berada di sepanjang aliran Sungai Avon hingga Avon Gorge.

Saat Anda berlibur ke Inggris sempatkan juga untuk mengunjungi destinasi wisata menarik lainnya seperti Portsmouth Historical Dockyard, Little Venice London dan Clifton Bridge. Nah, jika ingin beristirahat setelah seharian beraktifitas menginaplah di Arnos Manor Hotel, Brook Redwood Hotel And Country Club dan Hilton Bristol Hotel.

Peta lokasi Bristol’s Floating Harbour.

View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 10 Desember 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pelabuhan terapung
  • fungsi pelabuhan terapung
  • Pelabuhan terapung korea
  • pelabuhan terapung terbesar

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,