Crystal-Palace-Park-London-dilwichonview.jpg

Crystal-Palace-Park-London-dilwichonview.jpg

Nama Crystal Palace pertama kali dikenal sebagai sebuah bangunan tempat diadakannya Great Exhibition 1851. Area terbuka di sekitar bangunan Crystal Palace tersebut kini dikenal sebagai taman dengan nama Crystal Palace Park. Di taman tersebut terdapat sebuah tempat yang berisi beberapa buah patung dinosaurus dan hewan mamalia dan menjadi daya tarik taman, dikenal dengan nama Dinosaur Court atau Crystal Palace Dinosaur. Taman ini terletak di area Crystal Palace distrik London Borough of Bromley, London selatan.

Crystal Palace adalah bangunan dengan struktur besi dan kaca yang dibangun sebagai tempat untuk mengadakan Great Exhibition 1851. Pameran tersebut menampilkan berbagai benda-benda yang mencerminkan kemajuan teknologi dan industri di Inggris. Gedung kaca ini merupakan rancangan dari Joseph Paxton, pertama kali dibangun di area Hyde Park.

Setelah selesainya acara Great Exhibiton, masyarakat kota London tidak menghendaki adanya bangunan tersebut di Hyde Park. Maka gedung Crystal Palace ini dibongkar dan kemudian dibangun lagi di tempat lain di Sydenham Hill pada tahun 1854. Sydenham Hill adalah salah satu lokasi tertinggi di kota London dengan ketinggian mencapai 109 meter diatas permukaan laut.

Crystal Palace Park London standard.co.uk

Crystal Palace Park London standard.co.uk

Sejak itu area disekitar bangunan tersebut semakin berkembang menjadi pemukiman dan lebih dikenal dengan nama Crystal Palace daripada nama Sydenham Hill. Bangunan Crystal Palace sendiri menjadi landmark penting di daerah tersebut sekaligus digunakan sebagai pusat berbagai macam hiburan seperti pameran, konser dan pertunjukan lainnya. Selain itu, tempat tersebut juga dipergunakan oleh Crystal Palace School, yaitu sekolah seni, sains dan literatur. Kemegahan bangunan Crystal Palace ini hanya bisa berdiri sampai tahun 1936, ketika kebakaran menghancurkan sebagian besar bangunan.

Kebakaran tersebut hanya menyisakan 2 buah menara sebagai bangunan yang masih berdiri, namun itu juga kemudian turut dihancurkan. Area tempat berdirinya Crystal Palace kini masih tetap dibiarkan sebagai tempat terbuka dan dibangun menjadi sebuah taman dengan nama Crystal Palace Park. Kisah tentang kemegahan bangunan Crystal Palace tersebut kini dapat dilihat melalui sebuah galeri museum yang terdapat di area taman, yaitu Crystal Palace Museum. Museum ini berisi tentang foto-foto, gambar, dokumen dan arsip yang akan menceritakan tentang Crystal Palace sejak berdirinya di Hyde Park sampai saat berpindah ke Sydenham Hill.

Salah satu tempat yang paling menarik yang terdapat di Crystal Palace Park adalah Crystal Palace Dinosaur atau Dinosaur Court, yaitu sebuah taman yang diisi oleh beberapa buah patung dinosaururs dan hewan mamalia yang telah punah. Orang yang memahat patung-patung tersebut adalah Benjamin Waterhouse Walkin, seorang pemahat sekaligus pengajar yang menguasai ilmu hewan. Dalam membuat patung-patung tersebut ia dibantu oleh Sir Richard Owen, ia adalah seorang ilmuwan yang turut membantu dalam merancang desain dari dinosaurus termasuk ukuran dan bentuk hewan. Patung-patung tersebut mulai ditampilkan pada tahun 1854 dan merupakan patung dinosaurus pertama di dunia.

 Crystal Palace Park London media-cdn.tripadvisor.jpg


Crystal Palace Park London media-cdn.tripadvisor.jpg

Sebuah taman kecil yang dihiasi dengan kolam buatan menjadi tempat untuk meletakkan patung-patung hewan tersebut. Terdapat 15 buah jenis hewan yang telah dipahat menjadi patung, diantaranya adalah Anoplotherium, yaitu hewan mamalia berbentuk mirip unta yang telah punah. Terdapat 3 buah patung hewan jenis ini yang diletakkan di pinggir kolam. Kemudian juga terdapat sebuah patung Ichthyosaurus, yaitu sebuah dinosaurus yang dapat hidup di darat dan air, dengan bentuk yang hampir mirip dengan anjing laut atau walrus dalam ukuran besar. Terletak di atas permukaan air adalah 2 buah patung dengan jenis Teleosaurus, yaitu buaya dengan rahang panjang dan mata kecil.

Patung yang paling banyak dikenal adalah patung yang berjenis Iguanodon dan Megalosaurus, hewan semacam reptil dalam ukuran raksasa. Selain itu masih terdapat jenis hewan lain seperti Megaloceros, Megatherium, Mosasaurus, Palaeotherium, Labyrinthodon, Pterodactyl, Plesiosaurus dan Labyrinthodon. Selain kolam yang terdapat di Dinosaur Court, di area Crystal Palace Park masih terdapat dua buah danau buatan yang menarik. Danau buatan yang paling besar dikenal dengan nama Tidal Lake, artinya danau yang pasang surut. Saat air sedang naik, ketinggian air akan mampu mencapai 5 meter. Danau ini sering dipergunakan sebagai sarana untuk berperahu. Danau yang lainnya berukuran lebih kecil dan lebih tenang, danau tersebut kerap dipergunakan sebagai sarana untuk memancing.

Crystal Palace masih memiliki daya tarik lain dalam wujud sebuah maze atau labirin, sebuah jalan berliku-liku yang misterius. Labirin ini dibangun pada tahun 1879 dan direkonstruksi oleh Bromley Council pada tahun 1987. Labirin ini tidak hanya merupakan yang terbesar di London, namun juga merupakan salah satu yang terbesar di Inggris. Pada masa-masa awal, labirin ini populer sebagai tempat untuk berjalan-jalan setelah menikmati teh sehingga labirin ini dikenal dengan nama Tea Maze. Olahraga juga merupakan salah satu hal yang melekat pada Crystal Palace Park. Taman ini memiliki rute yang menarik untuk berbagai macam olahraga seperti lari, bersepeda, atau sekadar jalan-jalan. Rute tersebut dulunya pernah digunakan sebagai sirkuit untuk balap motor, terkenal dengan nama Crystal Palace Circuit.

Tiket Masuk : gratis, Jam operasional: 7.30 – 18.00. Anda bisa naik trasnportasi umum :
Stasiun kereta bawah tanah terdekat: Victoria tube station, London Bridge tube station
Stasiun kereta api terdekat : Crysal Palace station, Bus : rute 3, 122, 157, 202, 227, 249, 322, 363, 358, 410, 417, 432, 450

Pengunjung bisa melihat legenda vampire di pemakaman highgate London, berbelanja topi di bernstock speirs London,  dan berburu oleh-oleh murah di-queensway London. Jika Anda ingin menginap, ada beberapa hotel di kawasan ini, Anda bisa menginap di Barry House Hotel, Best Western Cromwell Hotel, atau Kensington Court Earls Court Hotel.

Peta Lokasi View Large Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 29 Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • gedung crystal Palace
  • bangunan crystal palace
  • sejarah bangunan crystal palace
  • gedung Crystal di Inggris
  • legenda kota cristal palace
  • palace park
  • rekonstruksi salah patung iguanodon dan megalosaurus
  • sejarah bangunan crystal palace adalah
  • sejarah museum crystal palace
  • kota crystal palace

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,