FK-1

Apakah bir, Bayern München, atau pertunjukan Glockenspiel yang menjadi simbol kota Munich? Ketiganya hanya tourist FK-2attraction yang menjadi ciri khas kota yang dijuluki the world village ini. Simbol München tidak lain adalah Frauenkirche (baca: fra-weun-kir-khieu), sebuah gereja roman katolik menjulang tinggi di kota tua Munich.

Gereja yang memiliki nama lengkap Dom zu unserer Lieben Frau (Church of Our Dear Lady) mudah terlihat dari segala penjuru kota. Bagaimana tidak, gereja ini merupakan bangunan tertinggi di pusat kota. Kedua menara kembar dengan kubah berbentuk bawang menjulang tinggi menjadi ciri khas dari Frauenkirche. Warga München menentang pembangunan gedung-gedung di pusat kota yang tingginya melebihi Frauenkirche. Peraturan tersebut akhirnya dibuat untuk melindungi keaslian pemandangan kota yang dipenuhi bangunan tua bersejarah. Frauenkirche pun menjadi landmark Munich.

Dulu Frauenkirche hanya sebuah gereja kecil bernama Marienkirche, hingga pada tahun 1468 gubernur setempat memerintahkan Jörg von Halsbach untuk membangun gereja baru. Butuh waktu 20 tahun untuk menyelesaikan gereja baru tersebut diakibatkan krisis keuangan. Kedua menaranya baru selesai dibangun tahun 1488, sedangkan kubahnya ditambahkan pada tahun 1524.

Frauenkirche memiliki tinggi 109 meter, puncak menara setinggi kurang lebih 99 meter, dan lebar bangunan 40 meter.FK-3 Tidak banyak yang mengetahui jika menara bagian selatan terbuka untuk umum. Menara tersebut bisa dinaiki siapapun yang ingin menikmati panorama Munich juga pegunungan Alpen. Ruangan gereja bergaya gotik ini mampu menampung 20.000 orang, menjadikannya sebagai gereja terbesar di Jerman bagian selatan. Meskipun arsitekturnya bergaya gotik, namun gereja kebanggan Münchner ini justru minim ornamen gotik. Saat memasuki gereja, pengunjung akan terpesona oleh teknik pencahayaan di dalam gereja. Karena pada saat memasuki gereja tidak terlihat adanya jendela, namun cahaya dari luar masuk menerangi gereja. Alkisah sang arsitek Jörg von Halsbach meminta bantuan iblis untuk membangun gereja dan berjanji bahwa tidak akan membuat jendela, namun ternyata Jörg menyembunyikan jendela dibalik pilar-pilar gereja. Sang iblis pun marah setelah tahu ditipu, tapi ia tidak bisa memasuki bangunan suci gereja sehingga meninggalkan jejak kaki di depan pintu masuk. Jejak kaki tersebut masih bisa dilihat hingga kini dan terkenal dengan nama Teufelstritt (jejak kaki iblis). Selain itu di dalam gereja ini juga terdapat makam atau batu nisan dari Raja Ludwig IV, pemimpin kekaisaran suci romawi.

Untuk memasuki gereja ini tidak dipungut biaya, namun setiap pengunjung diharapkan mendonasikan dana yang tidak ditentukan jumlahnya. Tapi apabila ingin menaiki menara, harus membayar sebesar € 3. Berjalan kaki sepanjang 450 meter dari neues Rathaus, Anda sudah bisa sampai di landmark kota München. Anda bisa memilih Das Asam Hotel, Hotel Falkenturm, atau Hotel am Markt sebagi tempat beristirahat.

Selama berwisata di Munich jangan lupa untuk mengunjungi Marienplatz, Bier Garten, dan Oktoberfest.

Peta Lokasi
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 19 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • kota munich
  • keunikan kota munchen
  • pemandangan kota munchen
  • Landmark kota munchen
  • gereja fraunkirche munich
  • oleh oleh khas munich
  • simbol munchen
  • KOTA MUNICH JERMAN
  • sejarah kota munich
  • pemandangan kota munich

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,