Frauenkirche Dresden

www.panoramio.com

Hampir setengah abad gereja kebanggaan warga Dresden, Frauenkirche, tertidur panjang. Tetapi kini kubahnya sudah kembali mempercantik langit ibukota Sachsen dan menjadi destinasi favorit jutaan wisatawan.

Frauenkirche Dresden

www.urlaubsfotoalbum.de

Sepanjang tahun 1945 hingga 1993 Frauenkirche hanya berupa puing-puing yang mengingatkan peristiwa Perang Dunia II. Gereja megah tersebut dibangun oleh George Bähr pada tahun 1726 hingga 1743 dengan arsitektur barok berketinggian 95 meter. Kubahnya yang berdiameter 23,5 meter tersusun dari bebatuan. Kubah cantik itu kemudian terkenal dengan sebutan ‘stone bell’ dan merupakan yang terbesar di utara utara Alpen. Gereja ini sebetulnya merupakan pembesaran dari Gereja Zu unser lieben Frauen yang berasal dari abad 11 dan sudah tak dapat lagi menampung jemaat Dresden. Pada puncak Perang Dunia II, Frauenkirche selamat dari pemboman tentara sekutu dan kebakaran pada 13 Februari 1945. Dua hari kemudian setelah batuan pasirnya dingin, gereja tersebut justru runtuh. Sempat digalang donasi untuk rekontruksi ulang namun terhenti akibat Perang Dingin di Jerman. Baru pada tahun 1993 pembangunan ulang itu akhirnya terlaksana setelah dana sumbangan terhimpun dari berbagai yayasan di seluruh dunia. Sejak itu Frauenkirche dijadikan simbol rekonsiliasi internasional pasca Perang Dunia II. Pembangunan ulang ini selesai sepenuhnya pada tahun 2005.

Frauenkirche Dresden

www.dresdenandmore.ch

Reruntuhan batu yang masih utuh kemudian digunakan kembali, warnanya yang kehitaman menjadi pembeda dari susunan batu yang baru. Ruang tengahnya berbentuk melingkar dikelilingi galeri setinggi empat lantai dengan inner dome cantik yang penuh lukisan. Sedangkan altarnya didominasi warna putih bersih dan baru direkontruksi pada tahun 2000. Di atas altar terdapat organ gereja yang cukup impresif dengan ornamen khas barok. Dekorasi barok yang menghiasi altar semakin mempertegas nuansa sakral dalam bangunan bersejarah tersebut. Pengunjung tak hanya dapat menikmati interior saja, tetapi juga dapat naik ke atas kubah dan melihat pemandangan memesona akan kota Dresden serta Sungai Elbe.

Kunjungan ke atas kubah dapat dilakukan setiap hari Senin hingga Sabtu pukul 10.00 – 18.00 dan Minggu pada pukul 12.30 – 18.00. Tetapi di musim dingin pemandangan dari kubah hanya dapat dinikmati hingga pukul 16.00. Untuk kunjungan ke Frauenkirche Anda diharapkan memberikan sumbangan seikhlasnya untuk pihak gereja. Tempat ini mudah dijangkau menggunakan trem 3 atau 7 tujuan halte Synagoge.

Selama di Dresden Anda dapat menginap di Alte Remise Hotel, Hotel Smetana, atau Altes Dresden Aparthotel. Destinasi menarik lainnya adalah Semperoper, Frauenkirche München, dan Berliner Dom.

Peta Lokasi

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • gereja frauenkirche
  • simbol pertubuhan dunia
  • frauenkirche dresden innen
  • sejarah Frauenkirche
  • simbol terbaik untuk wisata alam
  • simbol persatuan swiss
  • sejarah gereja frauenkirche
  • sejarah bangunan frauenkirche
  • penjelasan singkat frauenkirche jerman
  • buah lambang persatuan di eropa

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,