www.oldskoolman.de

www.oldskoolman.de

Meski bukan tujuan utama wisata ibu kota Jerman, Berliner Dom tetap salah satu ikon kota dengan kubahnya yang menawan. Tempat ini merupakan gereja Protestan terpenting dan terbesar di Jerman. Bangunan yang mengalami bongkar pasang sebanyak 3 kali di tiga abad berbeda ini juga berfungsi sebagai peristirahatan terakhir Dinasti Hohenzollern.

www.pompei-hotels.com

www.pompei-hotels.com

Keluarga Hohenzollern merupakan penguasa Prussia, Jerman, Brandenburg, dan Rumania selama berabad-abad. Dinasti ini terbagi dua, yaitu kelompok Katolik Swabia yang berkuasa hingga tahun 1849 dan Protestan Franconia yang melahirkan Kerajaan Prussia dan Kekaisaran Jerman. Lebih dari sembilan puluh sarkofagus dan makam mereka, dipamerkan di dalam katedral terbesar Berlin itu. Termasuk makam berukiran emas dan timah dari Raja Prussia Frederick I serta Sophie Charlotte.

Bangunan Berliner Dom yang kini berdiri berasal dari tahun 1894 dan pembangunannya baru selesai tahun 1905. Awalnya gereja dibangun tahun 1465 yang kemudian direkontruksi menjadi katedral barok tahun 1745 – 1747. Dibawah kepemimpinan Wilhelm II, katedral tersebut dihancurkan dan diganti dengan bangunan Berliner Dom yang hingga saat ini berdiri anggun di Museuminsel. Bangunan suci tersebut memiliki panjang 114 meter dengan lebar 73 meter, jauh lebih besar ketimbang konstruksi gereja sebelumnya. Dengan sentuhan arsitektur barok dan renaissance khas Italia, Berliner Dom merupakan versi Protestan dari Basilica St. Peter di Roma. Bangunan megahnya rusak berat akibat pemboman pada Perang Dunia II dan baru dibuka kembali ke muka publik di tahun 1993.

www.panoramio.com

www.panoramio.com

Salah satu fitur menarik dari Berliner Dom adalah ornamen pipa organ yang dirancang oleh Wilhelm Sauer. Organ tersebut memiliki 7000 pipa dan termasuk salah satu yang terbesar di Jerman. Mahakarya seni lainnya berupa kolam air mancur yang digunakan untuk pembaptisan dan mosaik gambar St. Petrus. Pengunjung yang ingin naik ke atas kubah harus melewai 270 anak tangga. Kubah setinggi 114 meter tersebut dikelilingi 4 menara dan interiornya dihiasi elemen New Testament atau Kitab Perjanjian Baru dan ilustrasi reformasi gereja.

Berliner Dom dapat dikunjungi setiap hari Senin – Sabtu, pukul 09.00 – 20.00. Sedangkan selama musim dingin katedral terbesar Berlin ini hanya beropersi hingga pukul 19.00. Untuk memasukinya pengunjung perlu merogoh kocek sedalam €7. Tempat ini dapat dicapai menggunakan bus 100, 200, atau N2 menuju Lustgarten atau kereta S5, S7, S75 hingga Hackescher Markt. Alternatif lain adalah dengan naik trem 12 atau M1 dan turun di pemberhentian Am Kupfergraben.

Selama di Berlin Anda dapat menginap di Hotel Adlon Kempinski, Excelsior Berlin Hotel, atau Bleibtreu Berlin Hotel. Destinasi menarik lainnya adalah Volkspark Humboldthain, Hafen City, Pulau Rügen, dan München.

Peta Berliner Dom

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 24 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • berlin dom
  • sejarah berliner dom in berlin
  • dinasti hohenzollern
  • gereja katedral berlin
  • makam raja do jerman
  • dinasti hohenzorlen
  • berliner Dom
  • sejarah berlin dome
  • makam raja di jerman
  • pengertian berliner dom

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,